Luncurkan 24 Kelas Inspirasi, Pacu Siswa Merdeka Belajar

Publish

6 September 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
281
Luncurkan 24 Kelas Inspirasi, Pacu Siswa Merdeka Belajar

Luncurkan 24 Kelas Inspirasi, Pacu Siswa Merdeka Belajar

SOLO, Suara Muhammadiyah – Sekolah Penggerak Berkemajuan (SPB) SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakjarta atau dikenal dengan nama SD Muh1 - meluncurkan 24 kelas inspirasi, Selasa (5/9/2023). Kepala Sekolah Penggerak Sri Sayekti MPd mengatakan, kelas inspirasi bertujuan untuk membuka wawasan dan menumbuhkan semangat belajar anak didik melalui kunjungan para profesional dari berbagai bidang.

“Sebanyak 24 kelas inspirasi menghadirkan narasumber-narasumber hebat perwakilan dari orang tua wali murid. Anak hebat, orang tua terlibat,” ujar Sayekti, panggilan akrabnya. Menurut dia, kegiatan kelas inspirasi ini memberikan wawasan tentang pekerjaan orang tua, tantangan yang mereka hadapi, dan bagaimana mereka mencapai kesuksesan dalam karir mereka. 

Para siswa sangat antusias mengajukan pertanyaan dan mendengarkan cerita inspiratif dari para narasumber, siswa-siswi sekolah penggerak ini mampu melejitkan potensi di bidang non akademik, kecerdasan kinestetik, dan performance melalui kelas inspirasi. Senada, Wakil Staf Kurikulum Sri Martono Lanjarsari MPd menjelaskan, yang unik dari kelas insprasi ini adalah tidak adanya pemetaan khusus dalam pemilihan narasumber. 

“Peserta didik mengikuti sesuai tema di kelas masing-masing,” terang dia. Hal itu bisa dilihat dari tema kelas 1A Mengenal profesi Bidan dan praktek cara menggosok gigi, 1B :  Belajar Bersama Polisi dan Guru Renang, 1C : Mengenal uang rupiah, 1D : Belajar menjadi dokter. Kelas 2A :  Pengenalan tentang rutan , 2B : Mengenal profesi dokter dan menjaga kesehatan badan, 2C : belajar menggambar batik kreasi, 2D : Mengrnal Masakan Jepang.

“Kelas 3A : Mengenal Keanekaragaman Biota Laut melalui Origami. 3B : Pengenalan Profesi Dokter dan Cara Menjaga Kesehatan. 3C : Pengenalan macam macam Profesi. 3D : bullying dan mengenal profesi jaksa,” bebernya. Merdeka belajar, dapat dilihat dari tema kelas 4A : Melatih Kemandirian dan mengenal profesi. 4B : Mengenal kesehatan gigi dan cara menyikat gigi dengan baik benar. 4C : sehat bersama dengan olahraga dan pembiasaan makanan sehat. 4D : Kemandirian anak dalam praktik baik di kehidupan sehari-hari. Sementara itu, kelas 5A : Belajar posisi duduk yang benar, menjaga kesehatan dan bijak penggunaan sosmed. 5B : Belajar Aikido (self defence). 5C : Belajar kedisiplinan dengan tentara dan adab sehari-hari. 5D : Belajar teknik Ecoprint.

“Tidak kalah keren kelas inspirasi kelas 6A : Belajar mengenal dunia farmasi. 6B : Motivasi menjadi atlet sukses. 6C : Bullying dan kekerasan terhadap anak. Dan kelas 6D : Belajar Berwirausaha Membuat Kue Putu Ayu,” pungkasnya. (Jatmiko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pengurus Forum Guru Muhammadiyah (FGM) Solo periode 2023-2027 telah....

Suara Muhammadiyah

16 May 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Komitmen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dalam menye....

Suara Muhammadiyah

6 January 2024

Berita

GORONTALO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) telah memperkuat lang....

Suara Muhammadiyah

12 September 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta menggelar acara silatu....

Suara Muhammadiyah

16 September 2023

Berita

SAMPANG, Suara Muhammadiyah - Warga Muhammadiyah perlu membangun kesadaran bersama dalam menyikapi P....

Suara Muhammadiyah

30 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah