Majelis Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah Siapkan Trainer Handal Literasi Numerasi Nasional

Publish

28 October 2023
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
497
Foto Istimewa

Foto Istimewa

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Majelis Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah berkolaborasi dengan Program INOVASI (Inovasi untuk anak Indonesia) kemitraan dengan Australia menyelenggarakan pelatihan untuk mempersiapkan calon-calon pelatih handal di tingkat nasional untuk melakukan diseminasi literasi dan numerasi ke seluruh Sekolah/Madarasah Muhammadiyah.

Kegiatan Training of Trainer (ToT): Tingkatkan Literasi Numerasi kelas awal Sekolah/Madarasah Muhammadiyah dalam pelaksanaannya terbagi pada tiga zona, yaitu zona barat, zona tengah dan zona timur.  Kegiatan ToT ini selain berkolaborasi dengan INOVASI di dukung oleh Perguruan Tinggi Muhamadiyah di antaranya Universitas Prof Dr. Hamka (UHAMKA) Jakarta , Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS), dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Kegiatan ToT Zona barat terdiri dari Wilayah Banten, DKI Jakarta dan Lampung yang  dilaksanakan di UHAMKA selama 3 (tiga hari) pada 11 sd 12 Oktober 2023. Sebanyak 32 orang peserta yang hadir perwakilan dari majelis Dikdasmen dan PNF Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Majelis Dikdasmen dan PNF Muhammadyah wilayah dan daerah, perwakilan Forum Guru Muhammadiyah (FGM) dan guru-guru kelas awal perwakilan masing-masing daerah.
Prof. Dr. H. Gunawan Suryoputro, M.Hum selaku Rektor UHAMKA , mengatakan “ Mengapresiasi program peningkatan literasi dan Numerasi untuk jenjang Sekolah / Madrasah jenjang Sekolah Dasar yang berkolaborasi dengan Inovasi Australia “ Ujarnya 
Lebih lanjut , dengan menerapkan langkah-langkah ini, sekolah/madarasah Muhammadiyah diharapkan dapat meningkatkan literasi dan numerasi   memberikan landasan yang kuat untuk perkembangan pendidikan  dan membantu para guru muhammadiyah agar terus berinovasi serta kuasai media digital sebagai upaya pendukung pembelajaran. 

Senada dengan Ketua Majelis Dikdasmen dan PNF PP Muhammadiyah Didik Suhardi, Ph.D dalam  menyampaikan berharap  melalui kegiatan ToT Peningkatan Literasi dan Numerasi kelas awal Sekolah/Madrasah Muhammadiyah, menghasilkan trainer-trainer hansal di Jenjang nasional yang dapat melakukan desiminasi ke seluruh Sekolah/Madrasah Muhammadiyah sehingga dapat dapat meningkatkan dan mengembangkan kemampuan literasi anak-anak di sekolah/ madarasah Muhammadiyah . 

Saya mengucapkan terimakasih kepada Rektor UHAMKA,  UNIMUS , UMM yang telah mendukung penuh program Majelis Dikdasmen  dan PNF PP Muhammadiyah yang bermitra dengan Inovasi Australia , “ ungkapnya. 

Zona Tengah yang terdiri dari wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, dan Forum Guru Muhammadiyah dilaksanakan di UNIMUS yang diikuti oleh dengan jumlah 39 peserta perwakilan dari Majelis Dikdasmen PNF Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Majelis Dikdasmen dan PNF PWM dan PDM yang dilaksanakan pada tanggal 16-18 Oktober 2023.

Sedangkan kegiatan pelatihan atau TOT Zona Timur di ikuti oleh 56 peserta dari perwakilan Majelis Dikdasmen dan PNF PP, Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan, Perwakilan Provinsi Banten (Universitas Muhammadiyah Tangerang), Majelis Dikdasmen PWM Jawa Timur, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, FGM Jawa Timur, Forkam SD/MI Jawa Timur. Dilaksanakan di Hotel Kapal Garden UMM pada tanggal 24-26 Oktober 2023.

Melalui kegiatan pelatihan ini dimasing-masing zona berjalan berjalan selama tiga (3) hari, peserta diberikan pelatihan untuk mampu mengaplikasikan tujuh unit materi tentang literasi, media Big book, media Zig Zag, meningkatkan kemammpuan dan ketrampilan membaca, dan meningkatkan kemammpuan dan ketrampilan menulis. 

Peserta sangat antusias mengikuti pelatihan diantaranya bagaimana aktivitas peserta dapat menyusun media Big Book, Media Zig Zag, selanjutnya peserta di arahkan untuk dapat menerapkan di kelas (Hendra Apriyadi / E.S)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MUI Mengajak Solidaritas dan Dukungan YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Krisis kemanusiaan yang luar....

Suara Muhammadiyah

15 September 2023

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Dari data riset agen komunikasi di Asia Tenggara yang bekerjasama denga....

Suara Muhammadiyah

15 February 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PW IPM) DIY periode 2....

Suara Muhammadiyah

24 November 2023

Berita

ASAHAN, Suara Muhammadiyah – PDM Asahan menjelang libur Ramadhan menyambut Idul Fitri 1445 H M....

Suara Muhammadiyah

9 April 2024

Berita

MALAYSIA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) melaksanakan pe....

Suara Muhammadiyah

26 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah