Memahami Dakwah Kultural dalam Syair dan Lagu

Publish

22 March 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
150
pixabay

pixabay

Oleh: Drh H Baskoro Tri Caroko

LPCRPM PP Muhammadiyah, Pemberdayaan Ekonomi Seni Dan Budaya

Memenuhi tugas dari LPCRPM PP Muhammadiyah hadir dalam acara Pengkajian Ramadhan 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah dengan tema “DAKWAH KULTURAL” Perluasan Basis Komunitas Dan Akar Rumput, pada 18-20 Maret 2024 di Universitas Muhammadiyah Jakarta. Seperti dihadapkan pada pertanyaan di juz 28 dalam surat Ar-Rahman, "fabiayyi ala irobbikuma tukadziban". Karena dimanjakan dengan kelezatan sajian Ilmu melimpah dari para master chief yang kompeten meracik konsep dakwah di Persyarikatan. 

Sebelumnya seperti yang termaktub di dalam abstrak dalam journal, atau ringkasan cerita dalam novel, atau synopsis dalam film tersebut sudah diajarkan H Jamaludin Ahmad, S,Psi Ketua LPCRPM PP Muhammadiyah. Dalam syair lagu LPCRPM yang berjudul Ranting Itu Penting, sebagai salah satu katalisator pendekatan dakwah akar rumput jamaah dan generasi muda. 

Syair lagu tersebut adalah hasil squenzing DNA dari kegiatan dakwah sehari hari kawan kawan pejuang cabang ranting sebagai materi genetik yang spesifik singkat, padat dan informatif, dan atas hidayah Allah SWT berhasil saya pahami untuk mendapat karakterisasi yang spesifik agar harmonis dengan syairnya, sehingga isi pesan didalam lagu tersebut Insya Allah bisa ternikmati oleh siapapun yang mendengarnya.

Dicabang Ranting, Muhammadiyah Ber Islam Dengan Gembira

Dalam menjalankan misi dakwah GJDJ (Gerakan Jamaah Dakwah Jamaah) bukan dengan cara keras, mengancam, menakuti atau menyudutkan, tetapi dengan cara yang lembut, merangkul, menhargai dan menggembirakan sehingga diterima dan menarik minat ber Muhammadiyah.

Beramaliah, Bermuamalah, Berdakwah, Penuh Ukhuwah

Dakwah tidak terbatas pada ritual keagamaan saja tetapi diperluas pada berbagai amaliah dan kegiatan muamalah yang dibutuhkan masyarakat dalam suasana penuh kekeluargaan.

Di Cabang ranting, Kita Wujudkan Islam Yang Berkemajuan

Berbagai kegiatan yang dilakukan di  cabang ranting sesuai dengan pandangan persyarikatan Muhammadiyah sebagaimana tertuang dalam risalah Islam Yang Berkemajuan

Sebagai Rahmat, Solusi Umat Menjalani Kehidupan

Muhammadiyah harus bisa hadir ditengah umat sebagai solusi mengatasi berbagai macam persoalan (issue global) yang dihadapi dalam kehidupan bermasyarakat di  Indonesia.

Di Cabang Ranting Kita Rawat Jamaah

Kegiatan cabang ranting dilakukan intensif, dengan kebersamaan yang menggembirakan, agar para jamaah betah ber Muhammadiyah, sehingga jumlahnya pun semakin bertambah.

Makmurkan Masjid, Suburkan Pengajian

Menyerukan program revitalisasi masjid, memperkaya dengan berbagai macam program kegiatan yang menggembirakan dan merangkul jamaah dari berbagai kalangan, maka materi pengajian disajikan dengan topik beragam, dengan cara menarik dan mengasyikan, 

Cerahkan Umat, Berdayakan Masyarakat

Muhammadiyah dengan SDM berkemajuan memiliki Ilmu amaliah dan amal ilmiah, dengan semangat QS Al Maun hadir di tengah masyarakat untuk mencerahkan dan memberdayakan

Jadikan NKRI Negeri Yang Di Berkahi

Jika Allah izinkan Muhammadiyah berhasil mewujudkan 60% PCM di kecamatan se Indonesia dan 40% PRM di kelurahan se Indonesia, Insya Allah akan menjadi people power yang dahsyat  untuk membangun Indonesia menjadi negara “Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur,” 

Ranting Itu Penting, Cabang Harus Berkembang

Ruh pergerakan persyarikatan sebenarnya ada di Ranting. Apabila ada ranting tidak aktif atau mati, maka Muhammadiyah sebagai gerakan Islam sebenarnya juga sudah mati. Apabila kegiatan Muhammadiyah di setiap kelurahan terlaksana dengan baik menjadi energi besar bagi cabang untuk terus berkembang. 

Masjid Makmur Memakmurkan Kita Semua, Adil Sejahtera Selamat Dan Bahagia

Revitalisasi masjid agar menjadi sentra berbagai kegiatan bagi umat Islam dan masyarakat sekitar menjadi penting dan strategis, sebagai tempat dimana umat dan masyarakat mudah mendapat solusi, dengan selalu melibatkan Allah SWT pada setiap urusan dengan perluasan orientasi lingkup pembahasan yang meliputi ekonomi, pangan, kesehatan, hukum, sosial, seni, budaya, lingkungan, bisnis, pendidikan, anak, jodoh, dan keluarga, mencapai kebahagiaan yang berkeadilan sosial, menyelamatkan dan mensejahterakan.

Ranting Itu Penting, Cabang Harus Berkembang

Revitalisasi masjid sebagai sentra berbagai kegiatan bagi pimpinan dan warga persyarikatan Muhammadiyah sebagai tempat konsolidasi internal organisasi, koordinasi diantara majelis, lembaga dan pemerintah untuk peningkatan pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi disetiap kelurahan dan kecamatan, mendorong percepatan pembangunan daerah perintis. 

Masjid Makmur Memakmurkan, Muhammadiyah Sukses Di Dunia Ini Dan Akhirat Nanti

Tercapainya target jumlah PCM mencapai 60% di seluruh kecamatan di Indonesia, dan PRM mencapai 40% di seluruh kelurahan di Indonesia, didukung program revitalisasi masjid sebagai sentra kegiatan persyarikatan, maka dengan rahmat Allah SWT, Muhammadiyah sebagai gerakan Islam menjadi terbesar, paling berpengaruh, dan berhasil mewujudkan peradaban Islam Yang berkemajuan, sukses di dunia ini untuk keselamatan hidup di akhirat nanti.

Dengan pertimbangan keterbatasan waktu berinteraksi secara langsung, perbedaan cara pandang dan pola pikir lintas generasi, polarisasi jamaah ke berbagai jenis komunitas yang ada, pola aksi dan reaksi yang berbeda, dengan perbedaan persepsi yang sangat bervariasi terhadap sebuah aktifitas dakwah.

Maka dengan memviralkan lagu Ranting itu Penting tersebut, diharapkan sehingga dengan cepat dan mudah mampu membangun mindset yang benar, menghasilkan persepsi yang sama dan opini yang selaras dengan isi pesan yang terkandung di dalamnya, menyelinap ke hati pimpinan dan warga Muhammadiyah, sehingga tujuan gerakan islam untuk pengembangan cabang ranting dengan mudah bisa dipahami pemerintah, dikenal baik oleh calon jamaah dan masyarakat luas.

Dengan semangat QS Al Maun dan implementasi Al Ashr, berkat rahmat Allah SWT, Dakwah Kultural Perluasan Basis Komunitas Dan Akar Rumput untuk Pengembangan Cabang Ranting Muhammadiyah mencapai 60% PCM diseluruh kecamatan dan 40% PRM dari seluruh kelurahan, berhasil dan sukses dimasa mendatang, Aamiin ya robbal alamin.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Wawasan

 Kaum Alit Terjepit Kaum Elit Oleh: Rumini Zulfikar Pada hari senin, 11 September 2023 kita ....

Suara Muhammadiyah

14 September 2023

Wawasan

Jelang Munas Satu Abad: Menyongsong Transformasi Kedua Majelis Tarjih (5) Oleh: Mu’arif Jika....

Suara Muhammadiyah

30 January 2024

Wawasan

  Ikhtiar Awal Menuju Keluarga Sakinah (5)  Oleh: Mohammad Fakhrudin dan Iyus Herdiana S....

Suara Muhammadiyah

5 October 2023

Wawasan

Kurikulum Merdeka: Antara Harapan dan Tantangan Oleh: Rizki P. Dewantoro Kurikulum merupakan keran....

Suara Muhammadiyah

29 April 2024

Wawasan

Oleh: Donny Syofyan, Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas Imam Syafi'i memberi banyak pen....

Suara Muhammadiyah

13 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah