Menangi Story Telling di Momen Peringatan Hari Pers Nasional 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
198
Presiden Direktur Solopos Media Group (SMG) Arif Budi Susilo memberikan piala penghargaan kepada Aji Muhammad Raihan siswa SMP Muhammadiyah PK Solo (29/2).

Presiden Direktur Solopos Media Group (SMG) Arif Budi Susilo memberikan piala penghargaan kepada Aji Muhammad Raihan siswa SMP Muhammadiyah PK Solo (29/2).

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Siswa SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Solo Aji Muhammad Raihan berhasil keluar sebagai juara pertama dalam lomba story telling pada acara penutupan Festival Pers 2024. Penghargaan diserahkan langsung oleh Presiden Direktur Solopos Media Group (SMG) Arif Budi Susilo. Acara berlangsung di Monumen Pers Nasional pada Kamis, 29 Februari 2024.

Sebelumnya, Aji Muhammad Raihan berhasil menyisihkan 30 peserta dalam kompetisi story telling yang digelar di Monumen Pers Nasional (Monpers), Kamis (22/2). Saat itu, Aji membawakan story telling berjudul Jalan-jalan Solo Menyambangi Monumen Pers Nasional. Berdasarkan hasil penilaian dewan juri, Aji berhasil mengumpulkan poin tertinggi dari peserta lain yakni 1.070. Kriteria penilaian lomba story telling meliputi performance atau penampilan, pelafalan, cerita, tata bahasa, dan pemanfaatan waktu. 

Putra dari pasangan Bayu Winahyu Aji dan Retno Sari itu sebelumnya tak pernah menduga akan hasil yang diperolehnya tersebut. Hal itu dikarenakan penampilan dari peserta lomba yang lain bagus-bagus. 

“Alhamdulillah lelah dan perjuangan terbayar lunas dan saya kembali dapat mengharumkan nama sekolah. Prestasi ini memacu semangat saya untuk terus mencoba tantangan yang lebih berat lagi,” ungkapnya. 

Selain prestasi di atas, remaja kelahiran Surakarta, 26 november 2008 tersebut pernah meraih juara 2 lomba story telling bahasa Jawa di Museum Radya Pustaka. Aji bercerita sejarah Kyai Rajamala yang menjadi patung kepala kapal K.G.P.A. Anom dan sebagai ikonik kota Surakarta. Saat itu, Aji tampil bercerita dan nembang dengan properti topeng berlatar belakang musik. 

Remaja yang hobi bermain musik dan nembang Jawa tersebut banyak meraih prestasi-prestasi saat duduk di bangku SMP. Prestasi tersebut antara lain juara 1 kompetisi pencak silat nasional, juara olimpiade bahasa Inggris, bahasa Indonesia, IPA, dan IPS, juara menulis dan membaca puisi, juara cerita bahasa Jawa, juara nembang, dan lain-lain. 

Kepala SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Solo, Muhdiyatmoko mengapresiasi atas prestasi yang diraih oleh siswanya, Aji Muhammad Raihan. Menurutnya, sekolah memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada semua siswa untuk berkembang dan berprestasi. Penghargaan akan didapatkan setelah siswa tersebut berprestasi. 

“Selamat atas prestasi Mas Aji. Semoga prestasi ini mampu mendorong kepada siswa lain untuk semangat belajar, mengembangkan diri, dan mencoba tantangan-tantangan dengan mengikuti beragam perlombaan,” ungkapnya. (aryanto/diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pelaksanaan Liga 3 Nasional 2023/2024 hari ke dua resmi berjalan de....

Suara Muhammadiyah

3 May 2024

Berita

PADANGSIDIMPUAN, Suara Muhammadiyah -  PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BNI) Kantor Ca....

Suara Muhammadiyah

22 July 2023

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Program Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah (SBMPTMu....

Suara Muhammadiyah

24 January 2024

Berita

JEPARA, Suara Muhammadiyah - Pengajian ahad pagi yang biasa dikenal oleh jamaahnya dengah istil....

Suara Muhammadiyah

14 January 2024

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Prof. Dr. Nazaruddin Malik, M.Si. terpilih secara aklamasi dalam piliha....

Suara Muhammadiyah

21 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah