Mencintai Lingkungan, Dasar Pandangan Hidup Seorang Muslim

Publish

12 January 2024
MPI

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
178
Dialog Lingkungan MPI Jawa Tengah

Dialog Lingkungan MPI Jawa Tengah

SEMARANG, Suara Muhammadiyah – Dalam sebuah acara bedah buku yang berlangsung Rabu, 10 Januari 2024, anggota Majelis Lingkungan Hidup PWM Jateng dan sekaligus dosen UNIMMA Imron Rosyidi menekankan pentingnya bagi setiap aktivis Muhammadiyah memiliki konsen terhadap persoalan lingkungan. Konsen tersebut perlu diperkuat dengan penguasaan sains dan teknologi ramah lingkungan. 

Alvin Qodri Lazuardy selaku penulis buku dan Kepala SMP Berbasis Pesantren At-Tin UMP, menyampaikan pesan inti bukunya, "Pandangan Hidup Islam Sebagai Dasar Mencintai Lingkungan." Ia menyoroti daya pandu yang sistematis dalam bukunya, mengajak para pembaca untuk bersama-sama merayakan pentingnya pembelaan atas lingkungan sebagai misi Qurani dan visi profetik. Menurutnya, buku ini menunjukkan derajat kompatibilitas dan autentisitas ajaran Islam terhadap kewajiban ekologis. 

Hening Parlan, Wakil Ketua Majelis Lingkungan Hidup PP Muhammadiyah, menambahkan perspektifnya sebagai koordinator Greenfaith di Indonesia. Ia menyambut positif upaya Alvin Qodri Lazuardy dalam menghubungkan pandangan hidup Islam dengan kepedulian terhadap lingkungan. Parlan juga menekankan pentingnya kolaborasi lintas sektor dalam mewujudkan visi ekologis yang terwujud dalam buku tersebut. 

Acara bedah buku tersebut diharapkan dapat menciptakan ruang inspiratif dan edukatif bagi para peserta, merangsang pemikiran tentang pentingnya harmoni antara ajaran agama dan keberlanjutan lingkungan. Hadir dalam dialog penuh inspirasi tersebut Dr. M. Imron Rosyidi, anggota Majelis Lingkungan Hidup PWM Jateng dan dosen UNIMMA, Hening Parlan, Wakil Ketua Majelis Lingkungan Hidup PP Muhammadiyah dan Greenfaith Coord. Indonesia. (at-tin/diko)

 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Kementrian Kesehatan RI menggelar even tahunan Hari Kesehatan Nasional....

Suara Muhammadiyah

13 November 2023

Berita

PULANG PISAU, Suara Muhammadiyah -  Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah (BBKT) berkunjung k....

Suara Muhammadiyah

20 September 2023

Berita

SUKOHARJO, Suara Muhammadiyah – Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Puteri Aisyiyah Grogo....

Suara Muhammadiyah

20 December 2023

Berita

SRAGEN, Suara Muhammadiyah - DIMSA Fair ke-7 kembali di gelar di Ponpes Darul Ihsan Muhamamdiyah Sra....

Suara Muhammadiyah

25 September 2023

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah – Sebanyak 454 siswa mengikuti Salat Asar yang dilaksanakan di halama....

Suara Muhammadiyah

18 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah