Muhammadiyah Ground Breaking Gedung Pusat Filantropi

Publish

26 February 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
250
Doc. Istimewa

Doc. Istimewa

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr H Anwar Abbas, MM., MAg meresmikan ground breaking Pusat Filantropi Persyarikatan Muhammadiyah, Senin (26/2). Nantinya dengan ada bangunan tersebut, akan menjadi pusat pembiayaan tanah wakaf Muhammadiyah seluruh Indonesia. Ia juga mengapresiasi setinggi-tingginya dengan adanya program tersebut. 

“Saya sangat bangga dan memberikan apresiasi adanya program tersebut agar tanah wakaf di lingkungan Muhammadiyah bisa produktif,” ujarnya.

Di sisi lain, Bendara Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof H Hilman Latief, MA., PhD menegaskan bahwa pembangunan pusat Filantropi ini akan menjadi sumber pembiayaan untuk meningkatkan produktifitas zakat, infaq dan wakaf (Ziswaf) di masa yang akan datang. "Tentunya dengan skema pembiayaan yang sesuatu tata kelola keuangan di lingkungan Persyarikatan Muhammadiyah," katanya. 

Sementara, Ketua Majelis Pendayagunaan Wakaf Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr H Amirsyah Tambunan, MA mengatakan bahwa tahapan pertama pembangunannya dimulai di Jakarta. Menurutnya pemilihan Jakarta sebagai pilot project untuk menjadi contoh bagi tempat-tempat yang lain di seluruh Indonesia.

“Kami memilih Jakarta. Karena kami melihat potensi kota ini sangat besar. Dan selain itu, kami memang akan menjadikan kota ini sebagai pilot project untuk tempat-tempat lain di Indonesia,” sebutnya.

Amirsyah menyebut bahwa sumber pembiayaannya bekerja sama dengan PT Dana Syariah Indonesia dengan akad MMQ (Musyawarah Mutanaqisah). Yakni bentuk kerja sama dua pihak untuk kepemilikan aset (barang) di mana kerja sama ini akan mengurangi hak kepemilikan salah satu pihak yang disebabkan oleh pembelian atau pengalihan komersial secara bertahap pembiayaan kepada Persyarikatan Muhammadiyah sebagai Nazir.

Lebih dari itu, pada saat bersamaan Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat ini menjelaskan masa pekerjaan pembangunan gedung tersebut selama tempo 2 tahun dan kerja sama selama 20 tahun dengan PT. Sinar Financial Utama (SFU) yang merupakan Badan Usaha Milik Muhammadiyah (BUMM).

Walikota Jakarta Pusat Dhany Sukma, SSos., MAP mengharapkan agar gedung ini bisa segera diselesaikan proses pembangunannya yang sampai saat ini masih terus dikerjakan. “Kami berharap gedung ini bisa segera selesai, dan bisa digunakan untuk pusat pembiayaan wakaf dilingkungan Persyarikatan Muhammadiyah.

Di sisi lain, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DKI Jakarta Akhmad H Abubakar yang hadir dalam acara tersebut juga mengapresiasi setinggi-tingginya terhadap tanah wakaf di DKI yang digunakan sebagai gedung pusat Filantropi Persyarikatan Muhammadiyah. "Saya berharap pembangunannya bisa berjalan dengan lancar," pungkasnya. (MIR/Cris) 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Dosen Komunikasi Fisip  Unismuh Makassar  Wardah, S.Sos., M....

Suara Muhammadiyah

25 September 2023

Berita

BANDA ACEH, Suara Muhammadiyah - Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIkes) Muhammadiyah Aceh menyelegga....

Suara Muhammadiyah

27 March 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Perpustakaan SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Solo mer....

Suara Muhammadiyah

4 March 2024

Berita

SM Tower, I'm Coming Oleh: Qudrotul Bahiroh Salah satu tempat yang ingin penulis datangi adalah SM....

Suara Muhammadiyah

28 January 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah -  Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Sumatera Utara melalui Majelis Ta....

Suara Muhammadiyah

15 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah