PASIMAS FETO MONE, Dakwah Pemberdayaan MPM Perkokoh Masyarakat Inklusi

Publish

23 February 2024
mpm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
173
Foto Istimewa

Foto Istimewa

TIMOR TENGAH SELATAN, Suara Muhammadiyah – Derap Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah untuk terus memberdayakan masyarakat di Desa Tliu Kecamatan Amanuban Timur Kabupaten Timor Tengah Selatan Nusa Tenggara Timur tak pernah kendur.

Terbaru pada (21/2) MPM PP Muhammadiyah peresmian pengembangan fasilitas sarana prasarana, instalasi pipanisasi, dan pembangunan bak utama penampung air, serta  dikukuhkannya Pengurus Pengelolaan Air Bersih Berbasis Masyarakat (PASIMAS) bernama FETO MONE. Kata Feto Mone diambil dari bahasa daerah NTT yang berarti "saudara laki-laki dan perempuan".

Pengukuhan pengurus Feto Mone dilakukan secara langsung oleh Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah NTT Mukhsin Masri Sedang peresmian  pengembangan sarana prasarana fasilitas, pipanisasi, dan penampungan bak air utama  dilakukan oleh Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti.

Dalam amanatnya Sekretaris Umum PP Muhammadiyah menyatakan rasa bahagia dan sangat terkesan dengan acara ini, apalagi setelah melalui perjalanan panjang, menantang dan sedikit mendebarkan, tapi mengasyikkan. Abdul Mu'ti juga mengapresiasi peran MPM yang tak kenal lelah melakukan pendampingan dan pemberdayaan masyarakat.

Selanjutnya Abdul Mu'ti mengajak masyarakat Desa Tliu untuk bersyukur dengan dikembangkannya sumber air bersih ini. Lebih lanjut dikatakan, dengan ketersediaan air yang sekarang lebih mudah harus lebih meningkatkan kebersamaan, dan kekompakan masyarakat. 

Bahkan, dengan adanya air ini bisa dikembangkan untuk kegiatan peningkatan ekonomi masyarakat baik bidang pertanian maupun perikanan maupun bidang lainnya. Jangan sampai menimbulkan konflik. Abdul Mu’ti kemudian mengingatkan karena biasanya sumber konflik itu bermula dari persoalan air, energi, lahan atau padang rumput.

Untuk itu perlu pendampingan terus menerus. Abdul Mu'ti juga mengapresiasi dikukuhkannya Pengurus PASIMAS FETO MONE, karena menurutnya di zaman nabi salah satu pekerjaan terhormat adalah pengelola air zamzam. Belajar dari sejarah Islam tersebut berharap juga kepada Pengurus FETO MONE ini untuk dapat melakukan tugasnya mengelola air dengan baik untuk melayani masyarakat.

Ditegaskan juga oleh Abdul Mu'ti ada hal lain yang menarik adalah bahwa pengurus PASIMAS FETO MONE terdiri lintas agama, ada Islam, Kristen, dan Katolik. Dengan adanya PASIMAS FETO MONE menjadikan Desa Tliu NTT semakin kokoh sebagai model masyarakat inklusi yang berkemajuan.

Selanjutnya Ketua MPM PP Muhammadiyah Dr. M. Nurul Yamin, M.Si menyampaikan ada dua fokus program yaitu pertama, pengembangan sarana prasarana instalasi berupa pipanisasi, fasilitas bak penampungan utama, dan kedua, penguatan kapasitas kelembagaan masyarakat pengelola air bersih berbasis masyarakat melalui pelatihan tata kelola air, dan pembentukan pengurus pengelola air bersih berbasis masyarakat. 

Program kali ini MPM PP Muhammadiyah  berkolaborasi dengan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PT PII) melalui program Corporate Sosial Responsibility (CSR). Dengan kerjasama  ini mampu memperluas jangkauan daerah  masyarakat penerima manfaat air bersih, juga semakin banyak masyarakat yang bisa menikmati air bersih yang sudah lama diimpikan. 

Dari catatan yang ada penerima manfaat air bersih ini 141 kepala keluarga yang bila dihitung jiwa dapat mencapai 500-600 orang. Pada kesempatan tersebut, Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Amanuban Timur Abdul Qodir Lenamah mewakili masyarakat menyampaikan terima kasih kepada MPM yang terus memperhatikan dan memberdayakan masyarakat Desa Tliu. 

“Kini masyarakat sudah terpenuhi kebutuhan air baik untuk mandi, memasak, dan keperluan ibadah lainnya, tanpa harus mengambil lagi air dari sungai yang jaraknya cukup jauh. Sekarang  "Air su dekat" air sudah dekat,” kata Abdul Qodir.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Anggota Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan P....

Suara Muhammadiyah

24 April 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Lembaga Pengembangan Cabang Ranting dan Pembinaan Masjid (LPCRPM) P....

Suara Muhammadiyah

11 December 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Irwan Akib, MPd didapuk....

Suara Muhammadiyah

25 November 2023

Berita

SOPPENG, Suara Muhammadiyah - Kondisi saat ini Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Leworeng Kecamatan....

Suara Muhammadiyah

29 April 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Mengenalkan olahraga sejak dini kepada anak-anak merupakan hal....

Suara Muhammadiyah

16 February 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah