Perbanyak Empat Hal Ini di Bulan Ramadhan

Publish

20 March 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
154
Doc. Masjid Islamic Center UAD Yogyakarta

Doc. Masjid Islamic Center UAD Yogyakarta

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - “Ketika mengakhiri bulan sya'ban Rasulullah SAW menyampaikan pesan kepada para sahabat pesan cukup panjang yang saya ambilkan potongan dari pesan dari sahabat Hamam agar kita jadikan sebuah  pembelajaran, Rasulullah menyampaikan hendaklah kalian perbanyak 4 hal di dalam bulan Ramadhan, dua hal akan menjadikan Allah ridho kepada kalian dan dua hal berikutnya harus kalian dapatkan jangan sampai tidak karena itu amat sangat kalian butuhkan,” Buka Dr. H. Nur Kholis, S.Ag., M.Ag. dalam ceramah tarawih kedelapan di Masjid Islamic Center UAD Yogyakarta, Senin (18/03).

Adapun dua hal yang bila dilakukan akan mendatangkan keridhoan Allah kepada orang-orang adalah “Hendaklah kalian terus menerus menyaksikan atau bersaksi atas lailahaillallah yang sering banyak orang terjemahkan dengan tidak ada Tuhan selain Allah walaupun dalam banyak kesempatan Prof Quraish Shihab mengatakan mungkin itu bukan terjemahan yang tepat karena begitu banyak Tuhan sebenarnya bahkan ayat Al-Quran pun juga menyampaikan bahwa begitu banyak orang yang mempertuhankan hawa nafsunya maka kalimat lailahaillallah itu terjemahan yang tepat adalah tidak ada Tuhan yang benar untuk diibadahi kecuali Allah Subhanahu Wa Ta'ala.” Jelasnya.

Ada banyak sekali Tuhan, tetapi tuhan yang ada bukan Tuhan yang tepat untuk diibadahi, dan umat Islam harus mohon ampun kepada Allah. Karena dalam penelusuran Nur Kholis ada beberapa hadis Rasulullah memang terus memerintahkan agar umat Islam memperbaharui terus persaksiannya akan Ke-Esaan Allah SWT karena di dalam kehidupan sehari-hari, mungkin begitu banyak yang dipertuhankan di samping mempertuhankan Allah SWT. Fokus dalam kehidupan kadang-kadang bergeser dari mengibadahi Allah menjadi fokus pada hal-hal yang lain di luar bahkan pengertian umat Islam kepada Allah SWT.

“Keridhoan Allah adalah hal yang paling besar artinya dalam kehidupan kita maka mari bersama-sama fokus konsentrasi terus agar kita tetap bisa mengibadahi Allah dengan sesungguhnya dan supaya kita mendapatkan keridhoan Allah adalah dengan cara memohon ampunan kepada Allah SWT dan lakukan perbuatan apapun yang perbuatan itu bisa mendatangkan pengampunan Allah SWT” Terangnya.

Dua perkara lainnya yang di bulan Ramadhan ini jangan sampai umat Islam tidak mendapatkannya karena dua hal itu amat sangat dibutuhkan di dalam kehidupan dunia akhirat umat Islam yaitu Jannah. Maka Nur Kholis mengingatkan untuk selalu meminta surga kepada Allah SWT dan memohon perlindungan kepada Allah dari api neraka.

Begitu banyak kesempatan di bulan Ramadhan ini yang bisa dilakukan sehingga dengan melakukannya umat Islam akan mendapatkan surga Allah dan bila dilakukan maka akan terhindar dari neraka Jahanam seperti membaca Qur’an, berbuat baik, bekerja keras dalam rangka beribadah kepada Allah, dan bersedekah jangan dilewatkan barang sedikit pun.

Oleh karenanya kemudian umat Islam membiasakan 4 hal itu di penghujung-penghujung tarawih misalkan saja di penghujung-penghujung Shalat bahkan beberapa kesempatan lain, Nur Kholis mengajak para jamaah untuk selalu ucapkan ashadualla ilaha illallah astaghfirullah asalukal Jannah wa 'audzubika minan naar. 

“Dari situlah rumusan kalimat itu berdasarkan pesan Rasulullah SAW ketika di akhir bulan sya'ban menjelang di bulan Ramadan tetapi sekali lagi bukan hanya doa yang kita lantunkan tetapi bukti Amaliah kita itulah yang harus kita perjuangkan di bulan Ramadhan ini mentauhidkan Allah dan memohon ampunan Allah atau melakukan apa saja yang mendatangkan pengampunan Allah melakukan apa saja yang bisa mendatangkan surga Allah dan melakukan apa saja yang bisa menghindarkan diri kita dari neraka Allah, lalu semoga kita bisa memanfaatkan kesempatan itu dan betul-betul Ramadhan tahun ini kita bisa mendapatkan keridhaan Allah mendapatkan surga dan terhindar dari neraka Allah” Tutupnya. (Badru/Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Para Pengurus Cabang Muhammadiyah (PCM) Manggala Kota Makassar mengge....

Suara Muhammadiyah

1 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Departemen Dakwah Pimpinan Wilayah Nasyiatul 'Aisyiyah (PWNA) ....

Suara Muhammadiyah

24 December 2023

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Muhammadiyah dan Aisyiyah Cabang Medan Denai menggelar kegiatan....

Suara Muhammadiyah

2 April 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Guna meningkatkan kemampuan dalam berdakwah, SMA Muhammadiyah 3 Yog....

Suara Muhammadiyah

6 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta berhasil meraih prestasi membang....

Suara Muhammadiyah

10 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah