Pontren Almatera Kerjasama Dakhwah Dengan PCM Pekalongan Timur

Publish

9 January 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
145
Foto Istimewa

Foto Istimewa

TEMANGGUNG, Suara Muhammadiyah - Kegiatan Praktik Dakwah Lapangan (PDL) santri Pondok Pesantren Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak (Almatera) Temanggung dari unit Madrasah Aliyah kelas XII di Pimpinan Cabang Muhammadiyah Pekalongan Timur yang ditempatkan di tujuh ranting selama lima belas hari sejak tanggal (25/12/2023) dan berakhir pada Senin (8/1/202), para santri  mempunyai banyak pengalaman berkesan selama yang nantinya akan menjadi  tanggung jawab individu untuk berdakwah.

Amal usaha PCM Pekalongan Timur yang terbuka luas untuk digiatkan dan membutuhkan banyak generasi muda untuk aktif di dalamnya, dengan kehadiran para santri peserta PDL, menjadi tambah semarak dan aktif. Karena para santri dilibatkan langsung di berbagai amal usaha yang dimiliki yang terdiri dari, lembaga pendidikan formal dan lembaga pendidikan nonformal  yang tersebar di berbagai ranting.

Berakhirnya kegiatan PDL yang diakhiri dengan acara penutupan pada Senin (8/1/2024) di Masjid Darul Iman Noyotaan, Ahmad Nizar selaku ketua PCM Pekalongan Timur memberikan sambutan dihadapan para pembimbing PDL, para santri serta para tamu undangan. “Kami beserta seluruh pimpinan cabang, apabila kurang berkenan dalam memberikan pelayanan kepada para santri selama kegiatan PDL,  mohon untuk dimaafkan dan menjadi pengalaman berharga kami. Karena baru pertama kali berkesempatan menerima kegiatan PDL dari pondok pesantren,” ungkap Ahamad Nizar.

Kegiatan PDL yang menjadi agenda rotin tahunan dan membutuhkan kerjasama dari pihak-pihak lain di berbagai daerah guna kelancaran kegiatan tersebut, memerlukan konsep matang dan terprogram. Untuk saling menguatkan dan menjalin kesinambungan yang berkelanjutan dari kedua belah pihak, Romadhon selaku kepala Madrasah Aliyah melakukan penandatangan kerjasama dengan PCM Pekalongan Timur yang disaksikan oleh para hadirin yang ada di dalam masjid Darul Iman. 

Dalam sambutannya mengatakan, “Semoga dengan adanya kerjasama yang terjalin ini, Madrasah Aliyah Almatera yang menjadi salah unit pendidikan di Pondok Pesantren Almatera Temanggung dan PCM Pekalongan Timur bisa menjalin hubungan senergis dan saling melengkapi,” ungkap Romadhon. 

Terbatasnya para da’i di era Gen-Z yang mempunyai peran penting untuk memberikan pencerahan menjadi priotitas utama dalam hidup, Pontren Almatera Temanggung yang berdiri pada tahun 1982, terpanggil untuk menyiapkan para kader da’i melalui pendidikan pesantren dengan mendasari ilmu-ilmu diniyah yang matang dan ilmu pengetahuan umum. Dan PDL menjadi salah wahana untuk melatih para santri dalam berdakwah di tengah masyarakat.     

Selama melaksanakan PDL, para santri menyatakan kesan yang berbeda-beda. Seperti yang diungkapkan oleh salah satu satu santri.” Masyarakat sangat santun dan  luar biasa menyambut para santri selama PDL,“ ungkap Muhammad Farkhan Prayoga dan teman-teman lainnya. (A Khamid).


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - SD Muhammadiyah 24, salah satu Sekolah Dasar swasta yang berada di ....

Suara Muhammadiyah

31 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) DIY baru-baru ini menerbi....

Suara Muhammadiyah

24 February 2024

Berita

Lazismu Kudus Kerjasama Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Dan Muallaf Center Aisyiyah (MCA)&....

Suara Muhammadiyah

31 March 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Pada Jumat, 19 Januari 2024, Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiy....

Suara Muhammadiyah

25 January 2024

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Wakil Dekan IV Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universita....

Suara Muhammadiyah

7 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah