PP ‘Aisyiyah Konsolidasikan Capaian dan Rencana Program LLHPB

Publish

4 February 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
131
Foto Istimewa

Foto Istimewa

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Konsolidasikan capaian program tahun 2023 dan rencana program tahun 2024, Pimpinan Harian PP ‘Aisyiyah Kantor Jakarta dan Anggota Pimpinan Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) PP ‘Aisyiyah laksanakan rapat koordinasi di Kantor PP ‘Aisyiyah Jl. Gandaria 1 No. 1 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 

Ketua PP ‘Aisyiyah yang membidangi LLHPB, Masyitoh Chusnan, dalam sambutannya menyebutkan bawa di pertemuan itu LLHPB diminta memaparkan program umum selama 5 tahun, apa saja yang menjadi program unggulan, dan bagaimana capaian program berjalan.  “Dari hasil yang sudah dipaparkan nanti, kita akan ada masukan dan evaluasi, serta memetakan agar pada tahun 2024 mana kegiatan yang bisa bersinergi yang lintas majelis dan lembaga,” ujarnya.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis 1 Februari 2024 ini, dihadiri sebanyak 18 orang, yang terdiri dari 4 orang Pimpinan Harian PP ‘Aisyiyah Kantor Jakarta yaitu Ketua yang membidangi, Sekretaris, dan Bendahara, serta 14 orang pimpinan LLHPB PP ’Aisyiyah.

Ketua LLHPB PP ‘Aisyiyah, Rahmawati Husein, menjelaskan program masing-masing divisi baik divisi lingkungan dan divisi penanggulangan bencana, serta program unggulan dan program sinergi, sebagaimana tertera di dalam Tanfidz Keputusan Hasil Rakernas LLHPB tahun 2023. 

"Di tahun 2024 ini kami merencanakan 2 program sinergi. Yang pertama, Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) PAUD-TK yang nanti akan bersinergi dengan Majelis PAUDASMEN PP ‘Aisyiyah,” katanya. “Dan yang kedua, Qaryah Thayyibah ‘Aisyiyah Tangguh Bencana (Qitana) dan Perubahan Iklim, dengan membangun 2 model di tingkat desa, yang akan disinergikan dengan Majelis Tabligh, Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan (MEK) PP ‘Aisyiyah,” jelasnya lagi. 

Pada kesempatan ini, Rohimi Zamzam, Ketua PP ‘Aisyiyah yang membidangi Majelis PAUDASMEN, memberikan masukan agar di program sinergi SPAB nanti perlu didorong agar unsur ketahanan terhadap bencana dimasukkan baik dalam proses formal dan non formalnya.  

"Kita pernah susun kategori sekolah PAUD yang berkemajuan salah satu indikatornya dia harus ramah lingkungan, dan masuk ke dalam kurikulum. Sehingga ketika diimplementasikan di daerah, jika sudah jadi kurikulum, maka afektif, kognitif, dan psikomotoriknya jadi satu kesatuan,” ungkapnya. 

Sedangkan Atiyatul Ulya, Sekretaris PP ‘Aisyiyah, memberikan saran agar program yang sudah dirancang perlu dipikirkan agar gerakannya tidak hanya sampai di tataran konsep saja. “Gerakan pengurangan plastik sekali pakai dan pengelolaan sampah ini penting untuk bisa digerakkan sampai ke cabang dan ranting ‘Aisyiyah, karena hal ini menjadi problem semua umat di bumi,” tegasnya. 

Lebih lanjut, Bendahara PP ‘Aisyiyah, Rita Pranawati, menyarankan pentingnya mempublikasikan kegiatan ‘Aisyiyah melalui narasi pemberitaan, membuat video pendek, flyer, dan sebagainya. “Isu krisis iklim dan pengurangan risiko bencana sangat bagus dan penting ada kampanye dari ‘Aisyiyah di media, sekecil apapun gerakan yang dilakukan oleh wilayah dan daerah bisa kita kampanyekan. Sehingga ke depan ‘Aisyiyah bisa punya media branding, bahwa kita sudah melakukan banyak hal yang luar biasa,” jelasnya. (Dzikrina Farah Adiba)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah sekaligus anggota Badan Pembina....

Suara Muhammadiyah

22 March 2024

Berita

GORONTALO, Suara Muhammadiyah - Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO)....

Suara Muhammadiyah

18 December 2023

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Leadership Camp Program Internasional SMA Muhammadiyah Gombong 2023 suk....

Suara Muhammadiyah

23 September 2023

Berita

SEMARANG, Suara Muhammadiyah – Bertempat di Gedung Kuliah Bersama (GKB) 2 Universitas Muhammad....

Suara Muhammadiyah

3 December 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Piala turnamen sepakbola Piala Milad Universitas Muhammadiyah ....

Suara Muhammadiyah

27 February 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah