Rakerpim PC IMM AR Fakhruddin, Sampaikan Maklumat Ikatan

Publish

26 February 2024
imm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
344
Foto Istimewa

Foto Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ahad, 25 Februari 2024, Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah AR Fakhruddin Kota Yogyakarta periode 2023-2024 menyelenggarakan Rapat Kerja Pimpinan (RAKERPIM) bertempat di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. RAKERPIM diselenggarakan dalam rangka konsolidasi, dan sinkronasi orientasi program kerja pimpinan. Selain itu pada RAKERPIM kali ini, pimpinan juga coba menetapkan isu strategis yang akan menjadi garapan pimpinan periode ini.

Pembahasan isu strategis dilakukan setelah pembahasan program kerja pimpinan. Pada pembahasan isu strategis ini bertujuan untuk memasang sebuah rel gerakan sosial PC IMM AR Fakhruddin. Hal tersebut berangkat dari kesadaran bahwa perlunya sebuah gerakan yang memiliki kecakapan penyusunan isu berbasis Spesific, Measurable, Achievable, Relevant, Time Bound (SMART). Setelah melalui diskusi yang panjang, pada akhirnya isu strategis yang akhirnya ditetapkan oleh pimpinan periode ini adalah isu terkait sampah. Kemudian, setelah pembahasan isu pimpinan periode ini, pimpinan membahas bagaimana sikap PC AR Fakhruddin dalam menyabut momentum Muktamar ke-20. 

Pada RAKERPIM kali ini IMMawan Muhammad Hakam Biqy selaku Ketua Umum PC IMM AR Fakhruddin Kota Yogyakarta menegaskan beberapa hal, pertama Spirit perjuangan IMM senantiasa digelorakan disetiap kader untuk melakukan perubahan ke arah yang jauh lebih baik, kedua dalam Rapat Kerja Pimpinan (RAKERPIM) tentu selain sebagai penyampaian rancangan gagasan program kerja selama satu periode kedepan, konsolidasi dan sinkronasi orientasi program kerja sebagai penyelarasan ikatan, Ketiga  Menelisik kondisi bangsa saat ini yang jauh dari idealisme kebangsaan tentu menimbulkan berbagai pandangan perihal pelanggaran etika, akhlak, moral, dan norma-norma luhur bangsa yang telah kita rawat hingga saat ini. 

Dalam kesempatan RAKERPIM ini juga PC IMM AR Fakhruddin mengeluarkan  “Maklumat Ikatan” dalam menyambut momentum Muktamar ke-20. Ialah sebuah  seruan ikhtiar dalam rangka menjaga keutuhan persyarikatan dan bangsa, bahwa :

1.    Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah sebagai organisasi pergerakan harus menjaga independensi dalam menjalankan tugasnya untuk menjadi agen pengontrol kekuasaan sesuai prinsip – prinsip yang telah ditegaskan oleh ikatan dan persyarikatan.

2.    Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah harus mampu merawat tradisi, nilai, dan etos organisasai serta membuka peluang inovasi gerakan dalam rangka menjawab tantangan zaman yang semakin dinamis untuk memastikan keberlangsungan hidup ikatan di masa depan.

3.    Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah sudah seharusnya dapat menjadi pelopor dalam Gerakan Jihad Ekologis sebagai bentuk ikhtiar menjaga keseimbangan antara Tuhan, Manusia, dan Alam Semesta demi peradaban yang lebih gemilang di masa depan.

4.    Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah perlu untuk merumuskan strategi pendiasporakan para kader – kadernya dalam ranah keummatan, kebangsaan, kemanusiaan, dan peryarikatan sesuai dengan landasan dan tuntunan organisasi.

5.    Dalam agenda Muktamar XX, setidaknya ada tiga kepentingan yang harus dibawa oleh setiap delegasi; a) Kepentingan Moral untuk menjaga marwah organisasi dan menjalin silaturahmi sesame kader, b) Kepentingan Intelektual untuk melahirkan gagasan untuk ikatan dan berkontribusi untuk menyelesaikan permasalahan dalam setiap lini kehidupan, dan c) Kepentingan Politik setiap delegasi yang harus dijalankan dengan berkeadaban, ber-  fastabiqul khairat, dan penuh keteladanan.  

Berikutnya, setelah agenda Rapat Kerja Pimpinan (RAKERPIM) PC IMM AR Fakhruddin Kota Yogyakarta berencana akan menyelenggarakan Rapat Koordinasi Cabang (RAKORCAB) dengan pimpinan komisariat guna mensosialisasikan orientasi program kebijakan dan program kerja yang sudah diputuskan dalam RAKERPIM kali ini. (Sutopo Ibnoris)

 

 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PASURUAN, Suara Muhammadiyah - Majelis Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (MLHPB) Pimipinan....

Suara Muhammadiyah

8 October 2023

Berita

BLORA, Suara Muhamamdiyah - Muhammadiyah Disaster Management Center - Lembaga Resiliensi Bencan....

Suara Muhammadiyah

25 May 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Kegiatan kuliah di luar kampus dinilai dapat memberikan wawasan dan pe....

Suara Muhammadiyah

9 July 2024

Berita

SEMARANG, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil memperoleh 5 Anuger....

Suara Muhammadiyah

21 December 2023

Berita

PONOROGO, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah 'Aisyiyah (PDA) Ponorogo menggelar donor darah dalam ....

Suara Muhammadiyah

19 May 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah