Ramadhan Camp di Sekolah, Upaya Wujudkan Generasi Berdaya dan Berkarya

Publish

27 March 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
163
Beberapa siswa menunjukkan hasil buah karyanya dalam program Ramadhan Camp SMP Muhammadiyah PK Surakarta (15/3)

Beberapa siswa menunjukkan hasil buah karyanya dalam program Ramadhan Camp SMP Muhammadiyah PK Surakarta (15/3)

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam mewujudkan generasi robbani yang berdaya dan berkarya, SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta menggelar kegiatan Ramadan Camp di sekolah. Kegiatan yang digelar selama dua hari sejak Jumat (15/3) tersebut diikuti 126 siswa kelas 7. 

Wakil Kepala Sekolah bidang Al Islam dan Kemuhammadiyahan, Rubiatun Nurush Sholihati mengatakan bahwa kegiatan Ramadan Camp digelar untuk lebih mendekatkan para siswa kepada Allah SWT dalam beribadah terutama di bulan Ramadhan. Apalagi bulan Ramadan adalah bulan penuh ampunan dan pahala yang berlipat ganda. 

“Generasi yang berdaya itu semangat dalam mencari ilmu dan memberikan pengajaran atau nasihat kepada orang lain. Sedangkan berkarya Islami artinya mengisi Ramadan dengan karya yang produktif,” ungkapnya. 

Terlihat para siswa mengikuti setiap kegiatan dengan senang dan penuh antusias. Seperti kegiatan membuat bouquet snack, para siswa tampak asyik menyusun makanan dan minuman kemasan menjadi bouquet kreatif. Selain itu, terdapat kegiatan fun game yang menantang jiwa kompetitif para siswa. Fun Game tersebut berupa lomba rangking 1, kaligrafi, sambung ayat, tartil, adzan dan story telling. 

Sore hari menjelang berbuka, para siswa mengikuti kegiatan kajian bersama Ustaz Nur Alam Windu Kuncoro. Malamnya setelah sholat tarawih, terdapat dongeng Islami bersama Kak Nasir. Dongeng Kak Nasir bercerita tentang Muhammad bin Idris atau Imam Asy-Syafi’I ingin bertemu ulama terkenal di Makkah pada masanya. Dongeng ini, para siswa-siswi bisa belajar tentang kejujuran dan berbakti kepada orang tua. 

Kepala SMP Muhammadiyah PK Muhdiyatmoko mengapresiasi digelarnya kegiatan Ramadan Camp kelas 7. Ia pun berpesan kepada para siswa meskipun dalam kondisi berpuasa bukan berarti tidak bisa melakukan sesuatu hal yang baik di bulan Ramadan. “Kita terus beribadah, belajar, dan berkarya agar sukses dunia dan akhirat,” jelasnya. 

Sementara itu, Queenanda Yasmin Shafira mengaku senang mengikuti kegiatan Ramadan Camp. Remaja yang kerap dipanggil Yasmin mendapatkan pengalaman baru bisa berbuka, belajar, dan beribadah bersama dengan teman-teman di sekolah. “Senang banget karena memiliki pengalaman yang baru, bisa berbuka bersama teman teman dan shalat tarawih bareng,” ujarnya. 

Fadhila Arsyat salah satu guru pembimbing berharap kegiatan Ramadan Camp mampu menambah semangat para siswa dalam beribadah di bulan Ramadhan. Selain itu, para siswa diharapkan mampu mengisi kegiatan Ramadhan dengan kegiatan yang produktif dan bermanfaat. (HAS/diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

TUBAN, Suara Muhammadiyah - Gedung Dakwah PCM Palang, Kabupaten Tuban menjadi saksi sejarah pengukuh....

Suara Muhammadiyah

10 September 2023

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Lembaga Pengembangan Olahraga (LPO) memiliki potensi yang besar untuk me....

Suara Muhammadiyah

7 January 2024

Berita

SAMARINDA, Suara Muhammadiyah - Masjid Ad Dakwah, Kompleks Muhammadiyah Center di Jalan Siradj Salma....

Suara Muhammadiyah

11 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Dalam rangka memperingati Hari Difabel Internasional (HDI), M....

Suara Muhammadiyah

23 December 2023

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Pada Selasa (17/10/2023) di Hospitarium RSU PKU Bantul telah melaksanak....

Suara Muhammadiyah

20 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah