Rektor Umri Jadi Narasumber Seminar Jihad di Malaysia

Publish

6 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
111
Doc. UMRI

Doc. UMRI

PERLIS, Suara Muhammadiyah – Kerajaan Negeri Perlis Melalui Jabatan Mufti mengadakan Program perkampungan Sunnah yang mengusung Thema: Jihad Memartabatkan Dakwah, Mempertahankan Ummah. Acara ini diadakan di Masjid Alwi, Kangar Perlis pada Jum’at-Ahad, 3-5 Mei 2024. Acara ini diresmikan langsung oleh Raja Muda Perlis Tuanku Syed Faizuddin Putera Jamalullail.

Inti dari acara yang dihadiri oleh lebih Dari 50 ribu pengunjung ini adalah seminar JIHAD yang mendatangkan 50 pembicara dari negara-negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Indonesia, Thailand dan Singapura. Mufti Perlis Prof MAZA menyatakan bahwa tujuan seminar ini untuk meluruskan defenisi JIHAD yang selama ini selalu dirigidkan pihak tertentu dan diremehkan pihak lain. Sehingga dengan acara ini jihad itu akan dipandang sebagai ruh Dakwah Dan kemajuan Ummah.

Rektor Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) Dr. Saidul Amin yang diundang untuk menyampaikan ceramah berjudul Jihad menghadapi Perang Pemikiran menyatakan bahwa judul ini bukan sesuatu yang baru. Sebab upaya merusak mindset ummat itu sudah ada semenjak zaman awal pertumbuhan dimana kelompok elit di Mekkah berupaya memberikan gambaran yang negatif terhadap keperibadian Rasul SAW sebagai Tukang sihir bahkan orang gila.

Kemudian beliau melanjutkan bahwa Perang Pemikiran hari ini hanyalah kelanjutan dari masa lalu yang telah dimodifikasi. Secara umum, ada beberapa metode yang dilakukan untuk merusak ajaran Islam dari aspek Pemikiran, yaitu: pertama, tasykik, atau membuat umat Islam meragui ajaran agamanya. Kedua, taswiyah, yaitu menimbukkan sikap inferiority di kalangan umat Islam sehingga mereka merasa kecil dan lemah di antara penduduk alam semesta.

Kemudian yang Ketiga, Taghrib atau westernisasi yang membuat umat berfikir bahwa kebenaran dan kebaikan itu hanya ada di Barat dan akhirnya mereka mendewakan Barat. Dan terakhir adalah Hedonisme, dimana umat khususnya generasi dipandu untuk menganggap bahwa kehidupan di dunia ini hanya untuk bersenang-senang saja. Life just for fun.

“Untuk itu umat harus siap menghadapi hal tersebut dan berupaya menangkalnya, seperti yang pernah dilakukan Rasul SAW dengan memperkokoh keimanan Dan memberikan pemahaman yang utuh terhadap ajaran Islam,” tandasnya.

Sementara, dalam kesempatan itu, Sekretaris BPH UMRI Prof Dr Ir Ari Sandiavitri MSc ini dalam rangka menjajaki serta meningkatkan kerjasama antar kedua Perguruan Tinggi yang bernaung di Persyarikatan Muhammadiyah serta sekaligus menjajaki kerjasama dengan Kolej Universiti Islam Perlis (KUIPs). 

Kunjungan Silaturrahim ini selain dihadiri BPH UMRI, juga disertai Rektor Umri Dr Saidul Amin yang juga merupakan Anggota BPH UMAM, serta Wakil Rektor II Umri Dr M Rasyad Zein, dan Pj. Bupati Kampar Hambali, SH., MBA., MH yang diterima langsung Rektor UMAM Prof. Dr. Waluyo, serta Wakil Rektor UMAM Dr. Dwi Mawaddah.

Dalam kesempatan tersebut Saidul Amin menyampaikan bahwa Muhammadiyah Riau memiliki sejarah yang tidak bisa terpisahkan dari kelahiran UMAM, sebab awal penandatangan berdiri UMAM dilakukan di Riau.

“Sejarah berdiri UMAM tidak terlepas dari keberadaan Muhammadiyah Riau sebab awal penandatangan berdirinya dilakukan di Riau, untuk itu menjadi suatu kebanggaan dan keharusan bagi Muhammadiyah Riau melalui UMRI untuk ikut serta membangun kampus ini. Harapan kami tahun ini ada mahasiswa Umri yang kuliah UMAM,” ujarnya.

Saat ini, ada sekitar 32 dosen dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) yang study Ph.D (program doktoral) di UMAM, dan di bulan September nanti akan datang 100 orang yang akan mengeyam program serupa di UMAM dari berbagai Universitas di Indonesia. (Muhansir/Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PURWOREJO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Purworejo melakukan kegiatan penerjunan seb....

Suara Muhammadiyah

20 January 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - LAZISMU Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah melalui Divisi Research ....

Suara Muhammadiyah

27 February 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - SMP Muhammadiyah 11 Jakarta meraih penghargaan prestisius sebagai Seko....

Suara Muhammadiyah

30 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Menjelang pesta demokrasi (Pemilu) yang akan dilaksanakan pada....

Suara Muhammadiyah

2 January 2024

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Hari Film Nasional diperingati setiap tanggal 30 Maret. Untuk memeriahk....

Suara Muhammadiyah

30 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah