Respons Krisis Kekeringan, PDPM Kota Yogyakarta Dropping Air Bersih ke Gunungkidul

Publish

7 December 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
289
Doc. PDPM Kota Yogyakarta

Doc. PDPM Kota Yogyakarta

GUNUNGKIDUL, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kota Yogyakarta bekerjasama dengan Kokam dan LazisMu Kota Yogyakarta melaksanakan pendistribusian air bersih sebanyak 20 tangki dengan kapasitas 6000 liter pertangki. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Ahad (3/12) di Padukuhan Pakel Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul, DIY.

Menurut Komandan Kokam Kota Yogyakarta Eka Krisna Jaya dipilihnya lokasi tersebut karena ada 107.853 jiwa berpotensi terdampak krisis air di musim kemarau. Seperti di Padukuhan Pakel Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul, menjadi salah satu desa dengan krisis air terparah. Kendati dibulan ini sudah memasuki musim penghujan, namun wilayah tersebut masih tergolong sulit untuk mendapatkan air.

“Menjadi kewajiban bagi kami kader Muhammadiyah untuk senantiasa membantu saudara – saudara kita yang tengah mengalami cobaan krisis air ini, semoga dengan bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat Tepus dalam mendapatkan air,” tuturnya.

Sementara, Syamsudin selaku perwakilan dari PCM Tepus menjelaskan Dengan luasan wilayah dan kondisi geografis, belum sepenuhnya Gunungkidul berkecukupan untuk memenuhi kebutuhan air bersih terlebih di Kecamatan Tepus, jarak dan lokasi yang susah dijangkau menjadi salah satu penyebab mahalnya harga air bersih.

“Sumber air di daerah ini memang agak susah, untuk sumber air adanya di dekat laut yang bersumber dari air pegunungan. Jadi untuk memenuhi kebutuhan warga, kita harus mengambil air dengan tangka,” ungkapnya.

Selain sumber air yang berasal dari dekat laut, tambah Syamsudin, warga terkadang juga mengambil air dari daerah Wonosari dekat dengan kota Yogyakarta. Akan tetapi harga air tersebut justru ralatif mahal dibandingkan dengan air yang dekat dengan laut.

Selain mengadalkan air dari tangka, warga juga membuat bak penampungan air untuk menyimpan air hujan. Masing – masing warga memiliki bak penampungan di setiap rumah, selain berfungsi sebagai tadah hujan bak tersebut juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan air dari tanki yang digunakan warga untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari.

Di sisi lain, warga menyambut baik di mana ada 60 warga hadir mengikuti kegiatan tersebut. Karena itu Dukuh setempat menyampaikan terima kasih yang setinggi-setingginya. Ia mengharapkan air tersebut dapat memberikan manfaat bagi warga setempat. “Alhamdulillah banyak warga sangat terbantukan dengan adanya bantuan pendistribusian air bersih ini. Hal ini sangat membatu warga dalam memenuhi kebutuhan sehari – hari,“ ungkapnya.

Lebih lanjut, perwakilan dari LazisMu kota Yogyakarta Nugroho mengatakan Selain pendistribusian air kedepan kami juga akan memberikan bantuan dalam bentuk barang yaitu berupa pipa air untuk menyambungkan ke PDAM terdekat. (Wicak/Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Di tengah perang Hamas dan Israel, Samar T. M. Alhaj, seorang ....

Suara Muhammadiyah

8 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bidang Pendidikan, Seni, Budaya d....

Suara Muhammadiyah

19 December 2023

Berita

PALANGKARAYA, Suara Muhammadiyah - SD Muhammadiyah Pahandut (SDMP) adalah salah satu amal usaha muha....

Suara Muhammadiyah

19 November 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Prestasi gemilang kembali diraih oleh Kontingen SD Muhammadiyah 24 Jak....

Suara Muhammadiyah

15 March 2024

Berita

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Generasi angkatan Muda Muhammadiyah harus punya jiwa tajdid yang besar....

Suara Muhammadiyah

27 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah