Semangat Kebhinekaan Pelantikan Patroli Keamanan Sekolah SD Muhammadiyah Condongcatur

Publish

9 September 2023
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
343
Pelantikan PKS SD Muhammadiyah Condongcatur

Pelantikan PKS SD Muhammadiyah Condongcatur

SLEMAN, Suara Muhammadiyah – SD Muhammadiyah Condongcatur kembali menggelar upacara pelantikan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) Tahun Pelajaran 2023/2024. Sebanyak 156 siswa kelas 4 SD Muhammadiyah Condongcatur dan SD Muhammadiyah Condongcatur 2 mengikuti agenda pelantikan yang sangat meriah di Lapangan Mapolda DIY, pada Sabtu, 9 September.

Acara ini dihadiri oleh Kepala SD Muhammadiyah Condongcatur Sulasmi, SPd, Pengawas Sekolah, K3S Kapanewon Depok, PCM Depok, Majelis Dikdasmen PCM Depok, Ketua Komite SD Muhammadiyah Condongcatur, guru, serta orangtua siswa yang turut mendukung kegiatan ini. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kasat Lantas Polresta Sleman Andhies Fitriya Utomo, ST, SIK.

Upacara yang penuh semangat dan khidmat ini merupakan momen penting dalam memperkuat keamanan dan keselamatan di sekolah, serta melibatkan para siswa dan guru dalam menjaga lingkungan pendidikan yang aman dan nyaman. Para siswa yang terpilih menjadi anggota Patroli Keamanan Sekolah mendapatkan pelatihan khusus untuk mempersiapkan mereka dalam menjalankan tugas mereka dengan baik.

Kasat Lantas Polresta Sleman Andhies Fitriya Utomo, ST, SIK mengapresiasi SD Muhammadiyah Condongcatur atas komitmen dalam menciptakan keamanan di lingkungan pendidikan. Dirinya juga memberikan nasihat kepada para siswa yang terpilih agar selalu menjalankan tugas mereka dengan baik dan mengutamakan keselamatan.

“Patroli Keamanan Sekolah atau PKS adalah suatu wadah dari partisipasi pelajar dalam tertib berlalu lintas, khususnya mengatur penyeberangan dalam jalan umum di lingkungan sekolah dan juga memiliki peran menanamkan kebiasaan kepada para pelajar agar sejak duduk di bangku sekolah dasar pengaturan dan peraturan lalu lintas serta cara-cara bertingkah laku yang benar,” ungkapnya.

Selain itu, Kasat Lantas Polresta Sleman juga mengucapkan selamat kepada para siswa yang baru saja dilantik. “Semoga pengetahuan dan keterampilan yang kalian dapatkan dapat digunakan dengan sebaik-baiknya,” tambahnya. Dalam menjalankan tugas mulia ini perlu ditanamkan disiplin yang tinggi dengan senantiasa mempertahankan keselamatan diri maupun orang lain. Kemudian terus berlatih serta serta selalu berkoordinasi dan bersilaturahmi dengan instruktur dari Polresta Sleman.

SD Muhammadiyah Condongcatur Kembali Lantik PKS di Mapolda DIY

Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Condongcatur Sulasmi mengungkapkan pelantikan Patroli Keamanan Sekolah kali ini mengambil tema tentang menghargai budaya dan keberagaman. Hal ini disesuaikan dengan pembelajaran siswa dan dalam rangka pengembangan karakter siswa. Diantaranya sikap menghargai, kebhinekaan, serta menanamkan kecintaan terhadap seni budaya.

“Kami memiliki harapan di masa anak-anak ini penting sekali bisa mengetahui dasar-dasar pengetahuan lalu lintas, mengatur lalu lintas di sekitar sekolah sehingga bisa menjadi pelopor keamanan di sekolah. Ini cukup membekali anak-anak secara karakter apabila kelak nanti dewasa berlalu lintas maka akan terbentuk karakternya,” ungkap Sulasmi.

Agenda pelantikan Patroli Keamanan Sekolah SD Muhammadiyah Condongcatur di Lapangan Mapolda DIY merupakan bagian dari mendekatkan siswa dengan institusi kepolisian. Termasuk membina kerja sama yang baik dengan Kepolisian dalam membina generasi muda melalui pelatihan dan pembentukan Patroli Keamanan Sekolah.

Tampak para anggota Patroli Keamanan Sekolah mengenakan seragam khusus yang mencerminkan identitas mereka dan mencerminkan sikap patriotik siswa. Mereka juga dengan cakap memeragakan 12 gerakan keselamatan lalu lintas. 

Acara dilanjutkan dengan penampilan atraksi Patroli Keamanan Sekolah yang diiringi medley lagu-lagu daerah seperti Manuk Dadali dari Jawa Barat, Sinanggar Tulo dari Sumatera Utara, dan lagu Wonderful Indonesia. Kemudian ada juga penampilan vokal grup menyanyikan lagu daerah bertajuk “The Beautiful of Indonesiaku”. Filosofi lagu ini menekankan bahwa meski berbeda-beda suku, budaya, dan bahasa, kita tetap satu dan bersaudara dalam semboyan Bhinneka Tunggal Ika. (Riz)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah (PHIWM) dikupas tuntas Drs.H.....

Suara Muhammadiyah

31 March 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Kerusakan lingkungan dan krisis iklim terus terjadi karena keserakahan....

Suara Muhammadiyah

29 March 2024

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah – Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Surakarta (U....

Suara Muhammadiyah

4 December 2023

Berita

MALAYSIA, Suara Muhammadiyah - Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Metro Fenny ....

Suara Muhammadiyah

6 May 2024

Berita

BREBES, Suara Muhammadiyah - Pada Sabtu (28/10) Kota Bumiayu dibanjiri para pelajar SMP Mts Muhammad....

Suara Muhammadiyah

31 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah