Soroti Perkembangan Mutakhir Israel-Palestina, MUI Menyeru PBB Bertindak Tegas

Publish

16 October 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
302
Foto Istimewa

Foto Istimewa

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam sebuah pernyataan yang mengguncang dunia internasional, Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional, Sudarnoto Abdul Hakim, dengan tegas mengutuk kebrutalan Israel dalam konflik terbaru di Palestina. Dalam siaran pers yangdiungkapkan Senin, 16 Oktober 2023, ia menegaskan kekejaman yang dilakukan Israel terhadap rakyat Palestina serta memanggil PBB dan OKI untuk segera bertindak.

"Sudah saatnya dunia mengenali Israel sebagai kekuatan teror yang sistemik," ujar Ketua MUI, menyoroti serangan massif Israel yang telah mengakibatkan ribuan korban jiwa dan kerusakan yang luas di wilayah Palestina. "Israel telah melanggar prinsip kemanusiaan dan hukum internasional. Tindakannya semakin mengukuhkan keyakinan bahwa Israel adalah negara teroris."

Beliau juga menyerukan Amerika dan NATO untuk mengambil sikap yang lebih berwibawa dan bertanggung jawab, bukannya memicu eskalasi kekerasan. Khususnya, pernyataan Lloyd J. Austin, Sekretaris Pertahanan Pentagon, tentang pengiriman pasukan untuk membantu menghancurkan Hamas dinilai sebagai langkah yang kontraproduktif dan dapat mengancam kemanusiaan di Palestina.

"Seharusnya, Amerika mengambil peran diplomatik yang lebih aktif dengan mendorong kasus ini dibawa ke Dewan Keamanan PBB, bukan justru memperpanjang konflik," tambah Sudarnoto.

Lebih lanjut, Ketua MUI juga mengecam tindakan McDonald yang diduga memberikan sumbangan makanan kepada pasukan pertahanan Israel. "Jika benar adanya, masyarakat Indonesia harus tegas dalam menunjukkan solidaritas dengan Palestina dengan memboikot McDonald," tandasnya.

Dalam penutup pernyataannya, Sudarnoto menegaskan perlunya pertemuan darurat DK PBB dan OKI untuk mencari langkah strategis penyelesaian menyeluruh demi perdamaian, termasuk penghentian perang serta penghentian penjajahan dan pengembalian hak serta kedaulatan rakyat Palestina yang telah dirampas oleh Israel.

Perkembangan situasi di Palestina terus diawasi dengan seksama oleh komunitas internasional, sementara upaya untuk mendorong perdamaian dan keadilan terus berlanjut.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

TUBAN, Suara Muhammadiyah - SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban kembali menggelar asesmen program magan....

Suara Muhammadiyah

27 April 2024

Berita

KUPANG, Suara Muhammadiyah - Mutu dan kualitas Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) sa....

Suara Muhammadiyah

4 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Piala turnamen sepakbola Piala Milad Universitas Muhammadiyah ....

Suara Muhammadiyah

27 February 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Selama periode 2015-2021, Komnas Perempuan menerima 67 laporan kasus ....

Suara Muhammadiyah

25 March 2024

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Lebih dari dua ribu warga Muhammadiyah hadir dalam acara tabligh akb....

Suara Muhammadiyah

5 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah