Tahniah 66 Tahun Haedar Nashir, Mengukuhkan Moderasi Beragama

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
182
Peluncuran Buku 66 Tahun Haedar Nashir

Peluncuran Buku 66 Tahun Haedar Nashir

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Lembaga Kajian Kemitraan Strategis (LKKS) Pimpinan Pusat Muhammadiyah meluncurkan buku Jalan Baru Moderasi Beragama di Auditorium Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, Senin malam. Ketua Lembaga Kajian Kemitraan Strategis (LKKS) PP Muhammadiyah Fajar Riza Ul Haq dalam keterangan resmi menjelaskan, buku setebal 528 halaman yang diterbitkan oleh Penerbit Buku Kompas ini merupakan kumpulan tulisan dari beberapa rekan, pemikir keislaman dan keindonesiaan. 

"Sebagai salah satu hasil dari interaksi dengan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir baik secara fisik maupun pemikiran," katanya. 

Buku ini selain membedah pemikiran Haedar Nashir tentang moderasi beragama, juga membahas tentang kebangsaan dan lain sebagainya. "Peluncuran buku ini tidak semata-mata merayakan 66 tahun Pak Haedar. Tapi bagaimana kita mencoba merawat pemikiran moderat untuk bangsa ini," ujarnya. 

Jokowi memberikan pernyataan melalui rekaman video. Ia menyanjung Haedar bersama tim yang telah meluncurkan buku 'Jalan Baru Moderasi Beragama 66 Tahun Haedar Nashir'.

"Pertama-tama saya menyampaikan selamat atas peluncuran buku 'Jalan Baru Moderasi Beragama' yang didedikasikan cendekiawan dan agamawan untuk mensyukuri 66 tahun usia Bapak Prof Dr Haedar Nashir," kata Jokowi. 

Eks Wali Kota Solo ini mengatakan, dirinya sudah sejak lama mengikuti Haedar Nashir. Ia memuji pemikiran Haedar yang mampu merangkul seluruh kelompok masyarakat di Indonesia.

"Saya mengikuti pemikiran dan pandangan beliau yang teduh, yang mengayomi, juga sikap kritis beliau dalam sikapi persoalan kebangsaan yang selalu kedepankan semangat merangkul dan semangat mengayomi," ucap Jokowi.

Eks Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan, Haedar memiliki semangat moderasi yang berpijak pada filosofi siger tengah dan mampu mencari titik keseimbangan termasuk mencari solusi jalan tengah. 

Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla (JK) mengungkapkan rasa bangganya terhadap sosok Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nashir. Hal ini disampaikannya dalam acara peluncuran buku yang berlangsung di Perpusnas, Jakarta Pusat, Senin (4/3). 

Pada kesempatan itu, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti turut menyampaikan sambutannya. Dia mengaku tak menyangka bisa berteman dengan Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nashir. 

"Satu kehormatan setiap ada acara besar Muhammadiyah, Pak Haedar selalu ingat sama saya. Saya juga kadang-kadang, mungkin banyak yang bertanya-tanya, kok bisa orang seperti Susi bersahabat dengan seseorang dengan Pak Haedar," kata Susi.

 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Akhmad Abu Bakar selaku Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DKI ....

Suara Muhammadiyah

23 September 2023

Berita

MALAYSIA, Suara Muhammadiyah - Keberadaan media sosial yang ada di mana-mana menawarkan saluran....

Suara Muhammadiyah

15 November 2023

Berita

MAGELANG, Suara Muhammadiyah - SMP Muhammadiyah Plus (M Plus) Gunungpring, Muntilan kembali berparti....

Suara Muhammadiyah

15 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pusat Data Penelitian Pengembangan dan Jurnal Suara Muhammadiyah me....

Suara Muhammadiyah

21 October 2023

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Yuharni dan Nuriaty Pimpin Aisyiyah Cabang Medan Tembung periode 2....

Suara Muhammadiyah

11 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah