Tapak Suci Tampil Memukau dalam Bakdan Ing AWALI

Publish

8 April 2024
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
285
Foto Istimewa

Foto Istimewa

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sejumlah 10 anggota tim Pencak Silat Tapak Suci Putra Muhammadiyah (TSPM) SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Solo tampil memukau memeriahkan kegiatan "Bakdan Ing AWALI" yang diselenggarakan di Plaza Taman Sriwedari, Jl. Slamet Riyadi No.275, Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Kota Solo, Ahad (7/4/2024).

"Bakdan Ing AWALI" ini merupakan gambaran budaya Jawa dalam merayakan suasana Idulfitri khususnya di Kota Solo. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Jumat-Ahad (5-7/4/2024) dan digagas oleh Yayasan Astrid Widayani Peduli (AWALI) yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan dan menjadi wadah unjuk gigi potensi-potensi lokal di Kota Solo.

Penanggung jawab tampilan TSPM, Yuli Ekowati, menyampaikan bahwa membutuhkan waktu sekira satu pekan untuk berlatih membawakan performance ini. Koordinasi dan kolaborasi dengan orang tua murid penting dilakukan mengingat kegiatan ini diselenggarakan H-3 sebelum hari lebaran.

"Pengalaman yang berharga dan menyenangkan, terima kasih Ibu Astrid Widayani selaku founder AWALI telah memberikan kesempatan tim TSPM SD Muhammadiyah PK Kottabarat untuk tampil dalam kegiatan ini," imbuhnya.

Tepat pukul 15.30 WIB, tim TSPM SD Muhammadiyah PK Kottabarat bersiap di lokasi acara untuk persiapan dan pemakaian kostum serta merias diri. Didampingi 2 pelatih TSPM dan 3 guru pendamping, semua bahu-membahu mempersiapkan tampilan hiburan yang memesona di hadapan penonton.

Waktu yang dinanti pun tiba, tepat pukul 17.00 WIB tim TSPM SD Muhammadiyah PK Kottabarat tampil secara apik dan luwes dengan menunjukkan atraksi serta jurus-jurus yang dimiliki seni bela diri TSPM. Sorak-sorai dan tepuk tangan penonton menghiasi keramaian selama tampilan berlangsung. 

Salah satu pelatih TSPM, Riska Indrias Wuri, mengaku tidak ada kendala dalam menyiapkan tampilan dengan tim karena pihak sekolah selalu kooperatif untuk memberikan fasilitas ruang dan waktu.
"Alhamdulillah, mereka tampil sangat mengesankan di hadapan penonton, hari libur yang produktif. Proudly to tim TSPM SD Muhammadiyah PK Kottabarat," ungkapnya dengan bangga.

Founder AWALI, Astrid Widayani, mengucapkan terima kasih kepada tim TSPM dan para orang tua yang sudah turut menyukseskan acara "Bakdan Ing AWALI".

"Semoga semakin sukses Tapak Suci SD Muhammadiyah PK Kottabarat dan sehat-sehat semuanya," ujarnya.

Tak hanya menampilkan pertunjukan seni dan budaya, kegiatan ini juga menggandeng UMKM, kreator lokal, musisi, dan tokoh agama untuk turut serta bersinergi dalam mewadahi potensi Kota Solo. Masyarakat yang hadir, sekalian bisa ngabuburit mendengarkan tausiah dari kiai atau ustaz serta mencicipi berbagi macam kuliner yang tersaji untuk menu berbuka puasa.

Salah satu anggota TSPM, Rizky Rajendra Aji, merasa senang dan antusias berkesempatan mengikuti event kali ini.
"Turunnya hujan sore ini tak menghalangi kami untuk tampil maksimal. Kebetulan aku juga diajak mama menghadiri pre event "Bakdan ing AWALI" yang dilangsungkan di Solo Safari, Rabu (3/4/2024)," ucap murid kelas 3 yang juga putra dari founder AWALI, Astrid Widayani. (Nikmah)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

KBIHU  ‘Aisyiyah Kota Yogyakarta Gelar Manasik Jemaah Haji 2025 YOGYAKARTA, Suara Muhamm....

Suara Muhammadiyah

29 September 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Selama periode 2015-2021, Komnas Perempuan menerima 67 laporan kasus ....

Suara Muhammadiyah

25 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Gelaran wisuda Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) periode II....

Suara Muhammadiyah

7 December 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Tim nasional (Timnas) Indonesia mengalami kekalahan dengan skor 2-0 da....

Suara Muhammadiyah

30 April 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Abdul M....

Suara Muhammadiyah

13 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah