Tausiyah MUI untuk Perdamaian Palestina dengan Israel

Publish

13 October 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
384
Foto Istimewa

Foto Istimewa

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan tegas menyatakan belasungkawa atas korban jiwa di kalangan muslimin Palestina. Dalam serangkaian tausiyah yang disampaikan oleh Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional, Sudarnoto Abdul Hakim, MUI mengajak seluruh umat Islam di Indonesia dan seluruh dunia untuk bersatu dalam doa dan tindakan nyata demi mewujudkan perdamaian abadi antara Palestina dan Israel.

"Dengan penuh duka cita, kita mengirimkan doa terbaik untuk para syuhada yang gugur dalam perjuangan menghadapi penjajahan yang tak berperikemanusiaan. Semoga mereka diterima di sisi-Nya sebagai syuhada dan diberikan tempat terbaik di surga," ujar Sudarnoto Abdul Hakim dalam keterangannya, Jum'at, 13 Oktober 2023.

MUI juga mengimbau kepada umat Islam di seluruh Indonesia untuk melaksanakan shalat ghaib dan Qunut Nazilah sebagai bentuk dukungan dan doa bagi keselamatan Palestina. Tidak hanya itu, MUI juga menyerukan agar segala bentuk kekerasan dihentikan, dengan mengajak kedua pihak untuk melakukan gencatan senjata guna mencapai perdamaian yang abadi.

Lebih lanjut, MUI menegaskan pentingnya peran aktif pemerintah Indonesia dalam menjalankan amanat konstitusi UUD 1945 serta mengambil langkah-langkah proaktif untuk mewujudkan perdamaian abadi di Palestina. Sudarnoto Abdul Hakim menyampaikan, "Penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan prinsip kemanusiaan dan keadilan."

MUI juga mendukung upaya perdamaian berdasarkan resolusi PBB tentang solusi dua negara, dan menekankan perlunya menghentikan peperangan serta memberikan hak-hak penuh kepada bangsa Palestina sebagai bangsa yang berdaulat dan merdeka. MUI secara tegas menolak segala upaya aneksasi wilayah Palestina yang dilakukan oleh pihak Zionis.

Dalam upaya mewujudkan kemerdekaan Palestina, MUI mengajak negara-negara yang tergabung dalam Organisasi Kerjasama Islam (OKI) dan seluruh negara di dunia untuk memberikan dukungan penuh. MUI mendorong OKI untuk melakukan pertemuan darurat guna membahas langkah-langkah strategis yang dapat mendorong proses perdamaian.

Sementara itu, MUI mengajak seluruh umat Islam di Indonesia untuk memberikan bantuan kemanusiaan bagi korban dan mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina melalui masjid, lembaga pendidikan, organisasi Islam, dan lembaga filantropi yang legal.

Dengan seruan ini, MUI berharap agar semua pihak dapat berkolaborasi demi terciptanya perdamaian abadi yang akan membawa kedamaian dan keadilan bagi seluruh umat manusia.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANDAACEH, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 31 Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) Lulus d....

Suara Muhammadiyah

28 December 2023

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Air Minum Dalam Kemasan Suli - 5 dilaunching. Air minum kemasan siap dig....

Suara Muhammadiyah

9 November 2023

Berita

TEMANGGUNG, Suara Muhammadiyah - Akademi Kesehatan Muhammadiyah Temanggung (AKMT) dan Pemerintah Kab....

Suara Muhammadiyah

10 March 2024

Berita

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Himpunan Mahasiswa Akuntansi (Himaksi) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonom....

Suara Muhammadiyah

24 March 2024

Berita

Majelis Kesehatan PP Aisyiyah Gelar Seminar Perubahan Iklim YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Majeli....

Suara Muhammadiyah

11 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah