Ujian Kenaikan Tingkat Tapak Suci Jetis Diikuti 110 Peserta

Publish

6 February 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
204
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Tapak Suci Cabang Jetis Bantul Yogyakarta, Ahad (28/1/24) melaksanakan ujian kenaikan tingkat siswa (UKTS). Kegiatan berlangsung di Kompleks SD Muhammadiyah 1 Blawong, dan diikuti 110 peserta dari tingkat siswa dasar hingga siswa III. 

Kegiatan dibuka oleh Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Jetis Hendro Suwarno, SE. “Ujian ini tidak sekedar tahap penting dalam evaluasi capaian keterampilan beladiri, namun  juga menjadi bagian integral memelihara nafas perkaderan untuk memperkukuh gerakan Muhammadiyah,” ungkap Hendro dalam sambutannya.

Hendro optimis, 110 peserta ujian yang berasal dari berbagai kelompok tingkatan ini menunjukkan dedikasi dan semangat yang tinggi calon-calon pewaris gerakan Muhammadiyah yang siap menghadapi dinamika tantangan sesuai zamannya. 

Pendekar Arif Satria Budiman, Ketua Tapak Suci Cabang Jetis menjelaskan kegiatannya  yang melibatkan para pendekar dan kader yang kompeten sebagai penguji. “Para penguji menilai peserta berdasarkan kriteria-kriteria yang ketat, termasuk teknik dasar, kelincahan, kekuatan fisik, dan pemahaman terhadap Al Islam dan Kemuhammadiyahan,” ujar Arif.

Arif menambahkan, selain berkegiatan di Kompleks SD Muhammadiyah 1 Blawong, ujian juga berlangsung di kawasan Bukit Permoni dengan kegiatan susur lembah dan pegunungan. “Sebagai kompetensi penunjang, kegiatan UKTS ini juga diwarnai dengan materi ketrampilan lempar pisau dan sumpit,” ungkap Arif.

Arif mengapresiasi semangat dan komitmen peserta selama proses ujian. Pihaknya optimis, di antara mereka yang naik ke tingkat siswa IV pada akhir tahun 2024 nanti dapat mengikuti Latihan Kader Pimpinan Tapak Suci (LKPTS) Pimda 02 Bantul. “Tentu kami bangga dan bersyukur bila Cabang Jetis dapat berkontribusi melahirkan kader muda baru lulusan LKPTS sebagai penyambung estafet perguruan dan Muhammadiyah,” tandas Arif. 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

  YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - SMA Muhammadiyah 1 (SMA Muhi) Yogyakarta menggelar Seminar ....

Suara Muhammadiyah

14 September 2023

Berita

BREBES, Suara Muhammadiyah - Dewan Asatidz Pesantren MBS Bumiayu memenuhi undangan untuk melakukan P....

Suara Muhammadiyah

5 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Dalam respesi Milad Muhammadiyah ke-111, Sabtu malam (18/11) ....

Suara Muhammadiyah

19 November 2023

Berita

TEGAL, Suara Muhammadiyah - Tim Tapak Suci Putera SMK Muhammadiyah Lebaksiu (FAMUBA) berhasil raih g....

Suara Muhammadiyah

19 December 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pada tanggal 08 Maret 2024 di PPM MBS Pleret  Kampus Dahromo B....

Suara Muhammadiyah

9 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah