UMBARA Menjadi Pelopor Smart and Green Energy Campus bersama PLN Icon Plus

Publish

30 April 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
169
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BOGOR, Suara Muhammadiyah - Di era tantangan global yang kian hari kian memuncak muncul berbagai masalah yang perlu diselesaikan. Diantara upaya yang perlu dilakukan untuk menuntaskan hal tersebut adalah melalui pendidikan. Tepat pada 29 April 2024, Universitas Muhammadiyah Bogor Raya menyelenggarakan agenda Halal Bihalal dan Kuliah Umum bersama Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Bogor sekaligus dengan Penandatanganan MOU Smart and Green Energy Campus bersama PLN Icon Plus. Hal tersebut menjadi program kolaborasi antara Universitas Muhammadiyah Bogor Raya dengan PLN Icon Plus untuk menjawab tantangan global masa kini.

Acara ini tentunya berlangsung dengan cukup meriah berkat kehadiran segenap sivitas akademika Umbara mulai dari Dosen, Karyawan dan Mahasiswa, begitu pula warga persyarikatan Muhammadiyah Kabupaten Bogor yang nampak hadir dalam kegiatan tersebut. Hadir pula dalam acara tersebut PJ Bupati Bogor Asmawa Tosepu, Rektor Umbara Edi Sukardi, Ketua PDM Kabupaten Bogor Ahmad Yani dan  Direktur Utama PT PLN Icon Plus R. Ari Rahmat Indra Cahyadi. Hadir pula pejabat pemerintahan tingkat Kabupaten dan Muspika Kecamatan Leuwiliang.

Syaiful Rohim selaku ketua panitia pelaksana dalam laporannya beliau menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi demi terselenggaranya acara ini. “Kegiatan ini adalah kegiatan kolaboratif antara Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Bogor Umbara, PLN Icon Plus, juga dibantu dan dibimbing oleh Pemda Kabupaten Bogor.” Ungkapnya. 

Sementara itu, Ketua PDM Kab. Bogor Ahmad Yani mengatakan, “Hari ini adalah acara halal bihalal yang merupakan momentum merajut kebersamaan. Program unggulan kita adalah terwujudnya kampus Universitas Muhammadiyah Bogor Raya yang mengedepankan konsep Smart and Green Energy Campus.”

Kemudian PJ Bupati Bogor Asmawa Tosepu menyampaikan bahwa percepatan tranformasi digital telah berpengaruh pada struktural organisasi, baik itu pendidikan, bisnis, sosial maupun budaya sehingga semua dipaksa untuk cepat mengatasi hal tersebut dengan bertransformasi masuk ke dalam dunia digital. Tidak hanya itu, beliau juga menyampaikan bahwa kampus Umbara menjadi Universitas pertama dalam menerapkan Smart and Green Campus yang kemudian dapat dinyatakan bahwa Umbara telah siap untuk bertransformasi.

Pada kesempatan kali ini kuliah umum pun diisi oleh Ari Rahmat Indra Cahyadi selaku Direktur Utama PLN Icon Plus. Beliau mengatakan, “Kami terkejut ketika kami banyak berinteraksi dengan Muhammadiyah karena terlihat sangat progresif. Ini adalah organisasi yang sangat progresif bukan hanya di dalam kerohanian namun juga betapa tinggi kepeduliannya untuk bumi tercinta ini. Kami menyampaikan kalau PLN ini menerangi pengguna dari listriknya, kalau Muhammadiyah ini menerangi dengan wawasannya. Semoga sama-sama menerangi bangsa kita yang tercinta.”

Tantangan global transisi energy disebabkan oleh suhu bumi yang semakin panas, maka untuk itu upaya ekosistem hijau perlu dirawat dan dijaga. Kerjasama antara Umbara dan PLN Icon Plus menjadi sebuah harapan besar untuk menginisiasi hal tersebut. “Kerjasama ini merupakan wujud nyata dari komitmen kami untuk mendukung ekosistem hijau, khususnya dalam bidang pendidikan. Melalui implementasi solusi smart and green energy campus, kami berharap ekosistem hijau ini tidak hanya inovatif, tetapi juga turut mengurangi emisi karbon,” tambahnya.

Dengan demikian implementasi penerapan program smart and green campus oleh UMBARA yang bekerjasama dengan PLN Icon Plus diharapakan dapat menjadi semangat dan kekuatan yang didukung melalui ekosistem hijau, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

KEDIRI, Suara Muhammadiyah - Summer Camp merupakan agenda tahunan SD Muhammadiyah 15 Surabaya (....

Suara Muhammadiyah

16 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir dikukuhkan seb....

Suara Muhammadiyah

24 April 2024

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) kembali menorehkan ....

Suara Muhammadiyah

9 October 2023

Berita

Cari Tahu Pentingnya Menggunakan Hak Suara  Oleh: Dr. Endang Sulastri, M.Si, Dosen Ilmu Politi....

Suara Muhammadiyah

13 February 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Mahasiswa Abiturien Mu’a....

Suara Muhammadiyah

23 July 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah