UMMAD Tembus Pendanaan PKM Ditjen Diktiristek

Publish

6 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
87
Halimah (kiri) dan Kiki Andriani (kanan). Foto Istimewa

Halimah (kiri) dan Kiki Andriani (kanan). Foto Istimewa

MADIUN, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) berhasil memperoleh pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2024.

Pendanaan PKM Tahun 2024 diperoleh tim PKM UMMAD usai proposal mereka yang berjudul Menelusuri Praktik Perceraian dan Dampaknya; Mengupas Isu dari Kabupaten Ponorogo berhasil lolos penilaian dari Ditbelmawa Ditjen Dikti Ristek Kemendikbud Ristek RI.

Proposal tim PKM UMMAD tersebut berhasil menjadi salah satu proposal yang lolos pendanaan untuk PKM Bidang Riset Sosial Humaniora (RSH).

Proposal PKM UMMAD tersebut disusun oleh 3 mahasiswa dengan dibimbing 1 dosen pembimbing.

Mereka adalah Halimah sebagai ketua, Kiki Andriani serta Afnan Habri Ramadhani sebagai anggota. Sementara dosen pembimbingnya adalah Malik Ibrahim, M.Sos.

Halimah dan Kiki Andriani saat ini merupakan mahasiswa semester 2 dan 8 Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UMMAD. Sedang Afnan Hari Ramadhani adalah mahasiswa semester 2 Prodi Ilmu Aktuaria FIFIT UMMAD.

Halimah mengaku tidak menyangka jika proposal PKM yang ia buat bersamaan dua rekannya dan dilakukan dalam bimbingan dosen Prodi Ilkom UMMAD tersebut bisa memperoleh pendanaan dari Ditjen Dikti Ristek Kemendikbud Ristek RI.

"Tidak menyangka sih akhirnya bisa mendapatkan pendanaan dari kementerian. Kita buat proposalnya juga hampir mendekati deadline pengiriman," kata Halimah, Selasa, 30 April 2024.

Sementara itu dosen pembimbing tim PKM UMMAD, Malik Ibrahim, M.Sos menjelaskan pembuatan proposal PKM yang dilakukan mahasiswa Prodi Ilkom dan ilmu Aktuaria tersebut dilakukan tidak sampai satu pekan.

"Proses bimbingan dilakukan mulai dari judul, latar belakang, literasi, data, urgensi, novelty sampai proposal jadi," jelas Malik Ibrahim.

Sedangkan, Direktur Kemahasiswaan UMMAD,Prof. Ihwan Susila, S.E., M.Si., Ph.D. menjelaskan, keberhasilan tim PKM UMMAD mendapatkan pendanaan dari Ditjen Dikti Ristek tersebut merupakan prestasi yang membanggakan yang diperoleh melalui kerja keras dan bersama-sama oleh tim penyusun proposal. 

“Ini merupakan pendanaan kali pertama diperoleh. Kami berharap ini jadi momentum besar perubahan di bidang kemahasiswaan UMMAD," ujar Ihwan Susila. 

Kompetisi Program Kreatifitas Mahasiswa Tahun 8 Bidang Tahun 2024 dilaksanakan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi, Kemendikbud Ristek RI.

Selain bidang Riset Sosial Humaniora (RSH), juga ada kompetisi PKM bidang bidang Riset Eksakta (RE), Karsa Cipta (KC), Karya Inovatif (KI), Pengabdian kepada Masyarakat (PM), Penerapan IPTEK (PI), Kewirausahaan (K), dan Video Gagasan Konstruktif (VGK). (***)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sekolah adalah lingkungan pendidikan baik pendidikan formal maupu....

Suara Muhammadiyah

5 November 2023

Berita

BANJARBARU, Suara Muhammadiyah -- Di penghujung Ramadan 1445 Hijiriah, Lazismu Banjarbaru bekerjasam....

Suara Muhammadiyah

14 May 2024

Berita

PERAWANG, Suara Muhammadiyah – Mahasiswa Program Studi Teknik Kimia Universitas Muhammadiyah R....

Suara Muhammadiyah

13 February 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Telah resmi terbentuknya Muhammadiyah Disaster Management Cen....

Suara Muhammadiyah

25 October 2023

Berita

BALI, Suara Muhammadiyah - Muhammadiyah, dalam surat keputusan hasil hisab awal Ramadhan Nomor 159/I....

Suara Muhammadiyah

2 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah