Al Maun Institute Cetak Kader Peduli Sampah

Publish

3 October 2023
imm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
224
Al Maun Institute Cetak Kader Peduli Sampah

Al Maun Institute Cetak Kader Peduli Sampah

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Majelis Lingkungan Hidup Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Yogyakarta menerima audensi dari pengurus baru Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Djazman Al Kindi. Djazman Al Kindi mengawasi 18 Komisariat IMM di Kota Yogyakarta yang memiliki ratusan kader muda. Pertemuan ini dipimpin oleh Ketua mereka, Haidar Al Banna, yang berlangsung di Aula PDM Jalan Sultan Agung, Senin (2/10).

Pertemuan tersebut dihadiri oleh beberapa tokoh penting, termasuk Ketua MLH PDM, Heri Setiawan MSi, HM Wirmon Samawi SE MIB, Zulfikar Azhar Kabid Sospem IMM Djazman Al Kindi, Hurin Nabila, dan Dinda Putri Rachmawati.

Harris Syarif Usman SH MKn menyatakan pertemuan ini bertujuan untuk mencari solusi terkait masalah sampah di Jogja Darurat Sampah. Saat ini, masih banyak warga yang membuang sampah sembarangan, termasuk di jalan, gang kampung, dan sungai, khususnya di Kali Code. Situasi ini tentu tidak bisa dibiarkan begitu saja, terutama mengingat Jogja adalah kota pariwisata yang baru-baru ini Sumbu Filosofinya diakui oleh UNESCO sebagai Warisan Dunia.

Untuk mengatasi masalah sampah ini, mereka sepakat untuk mendirikan Institut Al Maun yang akan berfokus pada persoalan sampah di Kota Yogyakarta. Kegiatan pertama dari institut ini akan dilakukan pada tanggal 30 Oktober hingga 1 November 2023 di Pondok Pemuda Ambarketawang.

Sebanyak 30 kader muda IMM akan dibekali dengan pengetahuan tentang filantropi dan teologi lingkungan, pemilahan sampah, bank sampah, pembuatan losida, komposter tumpuk, dan biopori jumbo. Tujuannya adalah untuk menyelesaikan persoalan sampah dari hulunya, yaitu dari rumah tangga dan lingkungannya masing-masing.

Dengan pembentukan Institut Al Maun dan pelatihan kader muda, diharapkan akan ada peningkatan kesadaran dan tindakan nyata dalam mengatasi masalah sampah di Kota Yogyakarta. Hal ini merupakan langkah positif dalam mendukung keberlanjutan lingkungan dan kebersihan kota.

(Hariss)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 300 siswa kelas XII SMAN Pekanbaru melakukan kunjungan studi ke....

Suara Muhammadiyah

7 November 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Provinsi DKI Jakarta melaksan....

Suara Muhammadiyah

30 March 2024

Berita

SEMARANG, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM) Kota Sem....

Suara Muhammadiyah

23 December 2023

Berita

PANDEGLANG, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah Provinsi Banten melalui Departe....

Suara Muhammadiyah

18 September 2023

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Peluang kerja alumni Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhamm....

Suara Muhammadiyah

12 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah