Bakti Sosial IPM SMA Muhi Peduli Warga Senior

Publish

16 October 2023
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
185
Foto Istimewa

Foto Istimewa

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Ikatan Pelajar Muhammadiyah SMA Muhi Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Buntara Asmaraloka. Kegiatan ini dilaksanakan pada Ahad, 15 Oktober 2023 di Balai Pelayanan Sosial Tresna Werda (panti jompo) Pakem, Sleman. Kegiatan diikuti oleh sekitar 40 lansia penghuni panti jompo. Hadir dalam acara ini 15 pengurus IPM SMA Muhi dan 3 orang guru pembimbing. 

Buntara Asmaraloka merupakan program kerja bakti sosial kemanusiaan IPM SMA Muhi. Buntara Asmaraloka memiliki arti berbagi kasih sayang kepada sesama. Menurut guru pembimbing IPM Syadah Khusniawati, S.Kom.I., M.S.I. bakti sosial antar warga yang dilakukan oleh siswa sekolah adalah untuk mewujudkan rasa cinta kasih, rasa saling menolong, rasa saling peduli siswa kepada masyarakat luas yang sedang membutuhkan uluran tangan mereka. 

“Kegiatan ini mendidik peserta didik mempunyai nilai saling peduli, mewujudkan rasa bersama, dan saling menolong bagi mereka yang membutuhkan. Peserta bakti sosial akan mendapatkan banyak ilmu pelajaran, terutama pada lingkungan masyarakat. Sebagai manusia memiliki kewajiban untuk membantu orang-orang yang membutuhkan,” pungkasnya.

Kegiatan bakti sosial ini di fokuskan untuk menghibur penghuni panti jompo Tresna Werda Pakem. Para lansia dihibur dengan membuat sapu tangan batik jenis shibori. Shibori adalah sebuah teknik pewarnaan kain yang memanfaatkan ikatan dan celupan untuk menentukan motif pada kain yang populer di Jepang. Proses pembuatannya sama dengan pewarnaan tie dye dengan teknik ikat dan celup. 

Para lansia dengan sabar dibimbing untuk mengikat kain menggunakan karet, mencelupkan kain ke dalam beberapa warna, dan menjemur kain setelah pewarnaan. Ada beberapa motif shibori yang diaplikasikan dalam kegiatan ini. Di antaranya teknik kanoko atau motif lingkaran, itajime atau motif kotak-kotak, dan kumo atau menyerupai jaring laba-laba.

Setelah kain batik shibori selesai dijemur, para peserta kemudian diajak foto bersama dengan karya batik yang sudah dibuatnya. Para lansia juga diajak untuk bernyanyi bersama dan menikmati hidangan snack pagi. Sebelum kegiatan selesai, IPM SMA Muhi menyempatkan diri untuk mengunjungi kamar-kamar tempat para lansia menginap. Beberapa lansia menangis karena dijenguk oleh IPM SMA Muhi. Mereka juga berharap kegiatan ini diadakan kembali pada waktu mendatang. (Yusron)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka ikut serta merayakan Milad Muhammadiyah ke-111, P....

Suara Muhammadiyah

26 November 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 60 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Un....

Suara Muhammadiyah

20 April 2024

Berita

SUKABUMI, Suara Muhammadiyah - Sabtu, 27 April 2024 telah dilaksanakan Webinar Series ke-7 LLHPB PWA....

Suara Muhammadiyah

1 May 2024

Berita

BOGOR, Suara Muhammadiyah - Mendapat undangan by WA oleh pimpinan ranting desa Cibadak atas rekomend....

Suara Muhammadiyah

9 October 2023

Berita

MAGETAN, Suara Muhammadiyah – Majelis Pendidikan Dasar Menangah dan Pendidikan Nonformal (Dikd....

Suara Muhammadiyah

4 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah