Delegasi Pemuda Australia Puji Kiprah Muhammadiyah dalam Kebencanaan dan Kemitraan Global

Publish

27 September 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
297
Dok MDMC

Dok MDMC

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Australia Indonesia Muslim Exchange Program (AIMEP) adakan kunjungan di kantor Pimpinan Pusat Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), Jakarta pada Jumat (22/9) lalu. Kunjungan tersebut diselenggarakan untuk lakukan pertukaran pandangan dan diskusi mengenai kontribusi anak muda Islam dari Austalia-Indonesia. Melalui program Urban Nexus, MDMC sampaikan peran anak muda di masyarakat untuk mengkampanyekan isu lingkungan dan sosialiasi kebencanaan. Kegiatan dihadiri oleh Ketua Pimpinan Pusat MDMC, 15 delegasi AIMEP Australia dan perwakilan dari Urban Nexus. 

Ahmad Nashrullah dari Bidang Jaringan dan Kerjasama MDMC, sampaikan bahwa program Urban Nexus dapat menjadi percontohan yang baik bagi AIMEP. Menurutnya, program Urban Nexus adalah identitas Muhammadiyah yang tidak hanya peduli terhadap isu agama saja namun juga memiliki kepedulian sosial melalui gerakan anak muda.

“Kalau yang pernah disebutkan oleh Ketua Pimpinan Muhammadiyah bahwa Muhammadiyah adalah gerakan Islam universal.” jelasnya.

Nasrullah juga menyebutkan bahwa di dalam kegiatan Urban Nexus ini, pemuda diajak untuk berdiskusi bagaimana mengentaskan persoalan lingkungan di perkotaan. Pemuda yang tergabung, diberikan pendidikan terkait mitigasi bencana, peningkatan kapasitas (self development) dan sosial media. Sehingga output dari kegiatan Urban Nexus ini adalah keberdayaan anak muda di tengah masyarakat perkotaan untuk lakukan aksi sosialisasi isu lingkungan dan mitigasi bencana.  

Ziyad Serhan, Mental Health Consultant salah satu perwakilan dari delegasi AIMEP sampaikan pujiannya karena kepekaan Muhammadiyah soal isu kebencanaan dan kemitraan secara global. Dalam hal ini, Ziyad melihat bahwa Muhammadiyah menunjukkan tingginya nilai religiusitas “Ini bukan tentang individu, ini mengenai cara terbaik apa untuk hadir disana saat orang-orang membutuhkan kita” ujarnya. Ziyad juga menambahkan jika nilai-nilai religiusitas yang dibawa MDMC dapat menjadi inspirasi bagi anak muda untuk berkontribusi di masyarakat. 

Dalam sambutannya, Ketua PP MDMC H. Budi Setiawan, S.T. sampaikan bahwa kunjungan AIMEP Australia-Indonesia ini menjadi salah satu misi MDMC di tingkat global “MDMC, salah satu Persyarikatan Muhammadiyah yang mempunyai tugas internasionalisasi program di Muhammadiyah.” ujarnya. Lebih lanjut, “Dengan adanya kunjungan AIMEP kita dapat membangun kerjasama dan memperluas koneksi. Ketika kita berkesempatan memiliki kegiatan diluar negeri, kita jadi tahu apa yang bisa kita kontibusikan disana nanti.” tutupnya. (Aulia/Riz)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Program Studi Pendidikan Olahraga (POR) Fakultas Keguruan dan Ilmu K....

Suara Muhammadiyah

9 January 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Himpunan Mahasiswa Informatika (HMIF) UM Bandung sukses menggela....

Suara Muhammadiyah

27 December 2023

Berita

BIREUEN, Suara Muhammadiyah - Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Bireuen menyerah....

Suara Muhammadiyah

14 December 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah - SMP UNISMUH Makassar, Sulawesi Selatan (SPUMA) menoreh prestasi memban....

Suara Muhammadiyah

9 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr H Ha....

Suara Muhammadiyah

17 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah