Dorong Inovasi, Aisyiyah DKI Jakarta Gelar Diskusi Risalah Perempuan Berkemajuan

Publish

30 September 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
269
Aisyiyah DKI Jakarta Gelar Diskusi Risalah Perempuan Berkemajuan

Aisyiyah DKI Jakarta Gelar Diskusi Risalah Perempuan Berkemajuan

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta megelar diskusi risalah perempuan berkemajuan dalam meningkatkan keilmuan keagamaan dengan tema Jakarta Berinovasi dengan Teknologi Berkelanjutan bagi perempuan Berkemajuan, di Alia Hotel, Jakarta Pusat, 28 dan 29 September 2023. Acara ini merupakan rangkaian kegiatan Aisyiyah DKI Jakarta Periode 2022-2027.

Diskusi risalah menghadirkan narasumber Dewi Aprillovi, dengan materi peran medsos dalam menyampaikan informasi dan promosi, Nova Rini dengan presentasi peran perempuan berkemajuan di era society 5.0, Dr. Lela yang menyampaikan Jakarta berinovasi dengan teknologi berkelanjutan dan Imam Santoso dengan materi peran teknologi dalam menciptakan lingkungan keluarga yang sehat.

Wakil ketua PWA Aisyiyah DKI Jakarta, Hj. Syamsidar Siregar, mengatakan bahwa sebagai ortom khusus yang memiliki program dari pemerintah melalui dana hibah, Aisyiyah DKI Jakarta ingin melibatkan program perempuan berkemajuan dengan pengurus ranting hingga wilayah, serta PKK dan BKOW dengan harapan memberikan sumbangsih bagi warga khususnya perempuan di DKI Jakarta.

“Alhamdulillah, tahun ini, kami bisa selenggarakan program perempuan berkemajuan guna mendukung program pemerintah. Yang tujuannya untuk memajukan perempuan agar senantiasa bisa meningkatkan kemampuannya baik di bidang agama maupun intelektual. Peserta yang hadir hari ini pengurus Aisyiyah dari tingkat wilayah hingga ranting, se-DKI Jakarta, PKK, Badan Kerjasama Organisasi Wanita, sehingga program ini menarik sekali untuk perempuan berkemajuan” pungkas Syamsidar.

Ia menambahkan, bahwa garis besarnya adalah membahas perempuan yang memberikan kemanfaatan dan fokus pada keilmuan bidang keagamaan. Peserta diarahkan agar tidak salah menafsirkan. Selanjutnya program yang banyak dilakukan oleh pemerintah DKI Jakarta, sehingga Aisyiyah dapat bersinergi dan kolaborasi.

“Pembicaranya bukan hanya dikalangan Aisyiyah saja. Sebagai contoh ketika materi berhubungan dengan ketibum (ketertiban umum) contoh sosialisasi Perda 8 tahun 2007, kami mengundang yang kompeten. Kedepan kita akan undang Satpol PP dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Yang nantinya juga ada kaitannya terhadap kegiatan perempuan agar lebih paham lagi. Termasuk juga Aisyiyah akan mengisi RPTRA se-DKI Jakarta yang jumlahnya 387,” tambahnya.

Hj Syamsidar menjelaskan, maksud dan tujuan diselenggarakan acara agar perempuan mengembangkan potensi diri dangan kemandirian. “Kami menggerakkan ekonomi syariah melalui UMKM. Aisyiyah sendiri memiliki program BUEKA (Badan Usaha Ekonomi Aisyiyah), melalui UMKM dan juga peningkatan enterprenenur. Yang kedua, suasana saat ini, kita tahu ekosistem pemanasan global semakin membuat masyarakat merasakan efek negatif, sehingga kami terus mengkampanyekan hemat penggunaan air. Dan yang terakhir menjaga lingkungan yang bersih. Program PHBS atau GAS gerakan Aisyiah sehat, diantaranya pencegahan stunting. Program ini semuanya untuk warga Jakarta,” jelasnya. (diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah  – Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM) K....

Suara Muhammadiyah

29 November 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Milad ke 111 Muhammadiyah, sebagai kampus milik Persyarikatan, P....

Suara Muhammadiyah

18 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Memahami ideologi, politik dan organisasi Muhammadiyah menjadi sebu....

Suara Muhammadiyah

23 September 2023

Berita

BANYUWANGI, Suara Muhammadiyah – Sebagai bentuk dukungan dalam upaya program penanganan stunti....

Suara Muhammadiyah

1 March 2024

Berita

LEMBATA, Suara Muhammadiyah - Desa Tobotani di Kecamatan Buyasuri Kabupaten Lembata NTT adalah salah....

Suara Muhammadiyah

15 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah