Dosen Unismuh Melatih Jurnalisme Warga dan Aisyiyah Makassar

Publish

16 February 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
410
Foto Istimewa

Foto Istimewa

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Para dosen Fisip Unismuh Makassar akan memberi pelatihan bagi Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kota Makassar 2022-2027  tentang jurnalisme warga serta pengelolaan sistem informasi.

Kedua jenis pelatihan itu akan memberi pengetahuan dan keterampilan bagi PDA Kota Makassar membuat narasi konten kegiatan program kerja serta pusat informasi yang kuat untuk penyebaran syiar Aisyiah pada media massa dan media sosial.

Rencana dua kegiatan itu terungkap saat para dosen Fisip Unismuh melakukan silaturrahim dengan PDA Kota Makassar, Kamis 15 Februari 2024 di Sekretariat PDA Kota Makassar Jalan Andi Djemma Lr 2 Makassar.

Pada silaturrahim itu dosen Unismuh Makassar diterima oleh Ketua dan Sekretaris PDA Kota Makassar,  Dra. Hj. Suryana Yusuf dan  Rahmah Rahman.S.Pd.

Selain itu juga hadir para PDA Kota Makassar lainnya yakni: Aflaha Ani Mukhtar.S.P., S.Pd; Dr.Radiah Hamid.M.Pd; Ir.Sulaifa Wahab; Salma Majid.SE; Sitti Chaerani Djaya.S.Sos.,M.Pd dan Wia Halwiah.

Ketua PDA Kota Makassar, Dra. Hj. Suryana Yusuf pada sambutannya mengucapkan terima kasih atas silaturahim dan kedatangannya dan semoga kunjungan pertama ini akan lebih banyak lagi kegiatan pengabdian dan penelitian yang dikerjasamakan.

Ditambahkan kalau saat ini ada 25 Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) serta ada 110 Pimpinan Ranting Aisyiah (PRA) menyebar di seluruh wilayah Kota Makassar.

Cabang dan Ranting Aisyiah di Makassar ini terbuka dan siap menerima kerja sama kemitraan dengan dosen Fisip Unismuh untuk pengembangan dan penguatan organisasi Aisyiah.

Selain cabang dan ranting ada juga amal usaha pendidikan dan panti asuhan yang juga siap menjalin kemitraan pengembangan katanya.

Salah seorang dosen Fisip Unismuh Makassar dan juga Ketua Lembaga Penelitian dan Pengembangan PDA Kota Makassar, Dr Nuryanti Mustari, S.IP, M.Si dalam sambutannya  mengatakan, dua jenis pengabdian masyarakat ini adalah program hibah 
RisetMu.

Jenis program ini adalah Hibah Penelitian dan Pengabdian diselenggarakan oleh Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah bekerjasama dengan LPPM di Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan 'Aisyiyah (PTMA) seluruh Indonesia, ungkap Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan Fisip Unismuh Makassar pada masanya ini.

Tahun akademik 2024 ini beberapa dosen Fisip Unismuh memenangkan hibah ini dengan obyek lokasi di Aisyiah Daerah Kota Makassar.

Jenis kegiatan pengabdian adalah, Pelatihan Jurnalisme Warga Bagi Pemimpin Cabang Aisyiyah Kota Makassar.

Pada kegiatan ini tiga dosen yang akan melaksanakan, ketua tim Dr. Muhammad Yahya, M.Si dan para anggota: Dr Syukri, S.Sos., M.Si dan Arni, S.Kom., M.I.Kom

Sedangkan kegiatan kedua adalah Pelatihan Pengelolaan Sistem Informasi Aisyiyah Kota Makassar.

Para dosen yang ikut pengabdian ini, ketua tim; Arni, S.Kom., M.I.Kom dengan anggota; Sitti Rahmawati Arfah, S.Sos., M.Si dan Dr Nuryanti Mustari, S.IP., M.Si.

ketua Tim Pengabdian Pelatihan Jurnalisme Warga Bagi Pemimpin PDA  Kota Makassar, Dr. Muhammad Yahya, M.Si pada kesempatan itu mengatakan, pelatihan ini akan memberi pengetahuan dan keterampilan bagi pimpinan daerah dan cabang Aisyiyah se-Kota Makassar.

Jenis pelatihan yang akan diberikan adalah membikin narasi berita dan fotografi jurnalistik agar kegiatan dan aktifitas di majelis PDA dan PCA se-Kota Makassar dapat terpublikasi pada media massa dan media sosial, kata Ketua Majelis Pustaka dan Informasi Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Manggala Kota Makassar ini.

Selain itu masing masing Pimpinan Cabang Aisyiyah se-Kota Makassar akan  dibimbing untuk memiliki platfon media sosial terutama FB, Instagram dan Tik Tok agar lewat media sosial itu kegiatan syiar lembaga akan semakin meluas, tandasnya.

Ketua Tim  Pelatihan Pengelolaan Sistem Informasi Aisyiyah Kota Makassar,  Arni, S.Kom., M.I.Kom kesempatan itu menambahkan, pelatihan ini akan memberi keterampilan kepada PDA dan PCA se-Kota Makassar agar portal atau website PDA Kota Makassar setiap saat akan ter-update informasi dan jenis kegiatan Aisyiah Kota Makassar, tegasnya.

Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Fisip Unismuh Makassar, Dr Syukri, S.Sos, M.Si kesempatan itu mengucapkan terima kasih atas penerimaan PDA Kota Makassar.

Kedepan lewat silaturrahim perdana ini akan lebih banyak kegiatan yang dapat dikerjasamakan termasuk rencana menjadikan PDA dan PCA se Kota Makassar lokasi magang dan praktek bagi para mahasiswa ilmu komunikasi.

Para mahasiswa dan memberi pendampingan dalam membuat narasi dan mengembangkan flatpon media sosial yang ada di PDA, PCA dan PRA se-Kota Makassar, tegas anggota Majelis Pustaka dan Informasi Pengurus Wilayah Muhammadiyah (PWM)  Sulsel ini.

Pada silaturrahim ini hadir para dosen dari Fisip Unismuh Makassar: Dr. Muhammad Yahya, M.Si: Dr Syukri, S.Sos., M.Si;  Arni, S.Kom., M.I.Kom; Arni, S.Kom., M.I.Kom; Sitti Rahmawati Arfah, S.Sos., M.Si;  Dr Nuryanti Mustari, S.IP., M.Si, Nurbiah Tahir, S.Sos, M.AP. *


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BREBES, Suara Muhammadiyah – SMK Muhammadiyah Bumiayu Brebes melepas sebanyak 326 Siswa Kelas ....

Suara Muhammadiyah

6 May 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Agama Islam (FAI....

Suara Muhammadiyah

10 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Majelis Pembinaan Kesehatan Umum (MPKU) Pimpinan Pusat (PP) M....

Suara Muhammadiyah

17 December 2023

Berita

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah dan Nasyiatul Aisyiyah Banyumas m....

Suara Muhammadiyah

27 November 2023

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah Pujimulio menggelar acara Mus....

Suara Muhammadiyah

20 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah