Hadirkan Pakar, SMA Muhi Gelar Seminar Nasional Bimbingan Konseling

Publish

14 September 2023
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
257
Seminar Nasional Bimbingan Konseling

Seminar Nasional Bimbingan Konseling

 

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - SMA Muhammadiyah 1 (SMA Muhi) Yogyakarta menggelar Seminar Nasional dengan tema “Ragam Pendekatan Konseling Baru dan Modifikasi perubahan Perilaku Peserta Didik” Kamis (14/9/2023). Seminar ini dilaksanakan di Grha Assakinah SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Dalam seminar kali ini, SMA Muhi mengundang dua pakar Bimbingan Konseling yakni Rahmatika Kurnia Romadhani, M.Psi., Psikolog Dosen Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang akan memaparkan materi tentang Prinsip Dasar Perubahan Perilaku Peserta Didik.

Pembicara kedua adalah Dr Dody Hartanto MPd, Dosen Bimbingan Konseling UAD Yogyakarta yang menyampaikan materi tentang Ragam Pendekatan Konseling Baru di Era GELATO (Generasi Less Action Talk Only). Kegiatan ini diikuti oleh 200 Guru SMP/Mts dari seluruh Indonesia.

Kepala SMA Muhi Drs H Herynugroho, M.Pd dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada para Guru BK berasal dari SMP/Mts di wilayah DIY dan sekitarnya. Drs H Herynugroho, M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian Milad SMA Muhi ke-74. Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Majelis Dikdasmen PNF PWM DIY Achmad Muhammad, M.Ag.

Menurut Achmad Muhammad, M.Ag, guru BK berperan penting sebagai pembimbing siswa untuk bisa mengenal diri sendiri, memfasilitasi perkembangan dan pertumbuhan, penyesuaian diri, serta pengembangan potensi dan minat belajar siswa secara optimal. 

Menurut Rahmatika Kurnia Romadhani, M.Psi., Psikolog, perubahan perilaku merupakan sebuah respons atau reaksi seseorang terhadap stimulus (rangsangan dari luar). Teori ini didasarkan pada asumsi bahwa penyebab terjadinya perubahan perilaku tergantung kepada kualitas ransang (stimulus) yang berkomunikasi dengan organisme. Ada Enam tahap dalam perubahan perilaku meliputi precontemplation, contemplation, preparation, action, maintenance, dan relapse.

“Perubahan perilaku yang diperoleh dari proses belajar cenderung menetap dan menjadi bagian yang melekat dalam dirinya. Misalnya, siswa belajar mengoperasikan komputer, maka penguasaan keterampilan mengoperasikan komputer tersebut akan menetap dan melekat dalam diri siswa tersebut” paparnya.

Teori perubahan perilaku yang paling umum adalah  teori behavioristic. Teori ini menyatakan bahwa perubahan tingkah laku sebagai akibat dari adanya interaksi antara stimulus dan respon. Dengan kata lain, belajar merupakan bentuk perubahan yang dialami siswa dalam hal kemampuannya untuk bertingkah laku dengan cara yang baru sebagai hasil interaksi stimulus dan respon.

Peran guru BK menjadi bagian integral dari setiap sekolah, yang bertanggung jawab dalam menangani berbagai kasus di lingkungan sekolah. Peran guru BK sangat penting dalam pengawasan sekolah dan memastikan bahwa setiap perilaku siswa sesuai dengan nilai-nilai dan tujuan pendidikan nasional. Peran Guru BK dalam konteks formal diatur secara jelas oleh Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pasal 1 ayat 6 undang-undang tersebut menyatakan bahwa peran Guru BK yang berkualitas sebagai Konselor adalah berpartisipasi dalam pelaksanaan pendidikan.

“Tujuan utama mengontrol perubahan perilaku adalah menciptakan kondisi ideal dalam sekolah yang sejahtera. Selain itu, bimbingan dan konseling di sekolah juga dapat meningkatkan hubungan sosial, baik dalam konteks lingkungan pembelajaran, hubungan antara siswa dan guru, hubungan pertemanan di sekolah, dinamika kelompok, maupun kerjasama antara sekolah dan orang tua di rumah” pungkasnya.

Menurut Dr Dody Hartanto MPd  pada era millenial ini dibutuhkan banyak pendekatan untuk konseling siswa. Pendekatan tersebut antara lain psikoanalisis, konseling berpusat pribadi, konseling behavior, konseling rasional-emotif behavior, konseling realitas, dan konseling ringkas berfokus solusi, dan konseling trait & factor. Pendekatan konseling yang terbaru di era millennial ini misalnya konselor sebaya.

Konselor sebaya untuk generasi mellinial diharapkan dapat mengubah tingkah laku teman sebaya generasi mellinial lainnya, melalui relasi secara digital dan konvensional. Konseling sebaya di era melinium 4.0 menuntut perubahan sesuai dengan kebutuhan generasi mellinial. Konselor sebaya diharapkan mampu mengarahkan konseli berpikir kritis, analistis dalam penyelesaian masalah yang mereka hadapi.

Layanan konseling sebaya pada hakekatnya membantu perkembangan konseli secara optimal. Konselor sebaya juga dituntut menguasai berbagai teknik dan pendekatan sederhana yang dapat melayani keberagaman kebutuhan generasi mellinial.

“Generasi mellinial berhubungan sosial menggunakan teknologi digital dan sistem siber (cyber system). Hubungan sosial tidak dibatasi oleh ruang dan waktu serta orang dari berbagai lapisan sosial. Guru BK harus akselerasi agar tidak tertinggal zaman dan bisa mendampingi siswa sesuai zamannya” pungkasnya. (Yusron)

 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 451 murid SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat So....

Suara Muhammadiyah

17 April 2024

Berita

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih, Kamis 7 September 2023 menerima kunjungan 260 siswa TK Unggulan Ai....

Suara Muhammadiyah

7 September 2023

Berita

Pengajian PRM Wanayasa Tanda-Tanda Manusia Yang Umurnya Berkah BANJARNEGARA, Suara Muhammadiyah - P....

Suara Muhammadiyah

26 December 2023

Berita

PEKALONGAN, Suara Muhammadiyah – Musyawarah Nasional (Munas) Tarjih Muhammadiyah XXXII resmi d....

Suara Muhammadiyah

23 February 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Media baru, seperti media sosial turut menjadi rujukan pemilih untuk m....

Suara Muhammadiyah

11 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah