Kajian Implikatur untuk Kenali Makna Tersirat dalam Ujaran Bahasa

Publish

31 July 2025

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
62
Foto Istimewa

Foto Istimewa

Kajian Implikatur untuk Kenali Makna Tersirat dalam Ujaran Bahasa

Oleh: Abdul Latif, Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UHAMKA

Setiap ujaran dalam bentuk kalimat atau kata memiliki makna atau arti. Misal seorang penutur mengatakan, [Ambilkan minum]. Arti dari ujaran tersebut yaitu meminta orang lain untuk mengambilkan minum. Namun, dalam situasi tertentu apa terdapat ujaran yang tertulis atau terucap memiliki makna yang tetersirat sembunyi dikenal dengan istilah implikatur. Contoh implikatur ujaran dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang dipaparkan oleh Yolandini dkk. (2024) Guru menanyakan, [Apakah kalian sudah mengerjakan PR?] kemudian siswa menjawan, [Iya Bu, Sudah]. Implikatur dari ujaran tersebut yaitu siswa mungkin berbohong atau hanya mengerjakan sebagian PR. 

Definisi Implikatur

Definisi iImplikatur yang dipaparkan Grice dalam Afrilesa (2020) merupakan penjelasan tentang apa ujaran yang mungkin diartikan, disarankan atau yang dimaksudkan oleh penutur berbeda dari ujaran apa yang sebenarnya dikatakan oleh penutur Grice dalam Afrilesa (2020). Dengan kata lain, implikatur berkaitan dengan makna dalam ujaran yang tersirat eksplisit yang mengarahkan kita untuk  mebantu kita memahami konteks situasi dan ujaran hubungan antara kata-kata. Hal tersebut dilakukan karena ujaran yang tertulis atau terucap memiliki maksud yang lebih dari itu. Artinya, ketika siswa menjawab pertanyaan guru dengan, [sudah mengerjakan PR] belum tentu jawaban tersebut sesuai dengan kenyataannya, bisa saja mereka sudah mengerjakan sebagain atau belum mengerjakan sama sekali. Untuk itu, perlu dilakukan tindakan pemeriksaan oleh guru. 

Siswa Perlu Memahami Implikatur

Siswa sudah sepatutnya memahami implikatur sebagai konsep bahasa yang penting sehingga mengerti makna yang tersurat namun tersirat tersembunyi dalam ujaran. Hal tersebut dilakukan agar mereka dapat berkomunikasi dengan efektif dan efisien. Pada proses pembelajaran khususnya bahasa Indonesia, siswa diharapkan memiliki kesadaran tentang implikatur disamping hasil penelitian yang menyatakan banyak siswa yang secara tidak sadar melanggar maksim. Pelatihan dan bimbingan yang fokus dapat membantu siswa memahami pentingnya memberikan respons yang relevan, cukup informatif, dan jelas dalam percakapan (Yolandini, 2024).

Strategi Guru dalam Pembelajaran Bahasa (Implikatur) 

Guru sebagai pendidik yang memfasilitasi siswa untuk berilmu pengetahuan dan berbudi pekerti yang baik. Untuk itu, guru perlu memilih strategi yang tepat untuk mengkondisikan siswa memahami implikatur. Hiariej  (2019) memaparkan delapan strategi pembelajaran implikatur percakapan terdiri atas, yaitu strategi pemberian petunjuk, pemberian petunjuk asosiasi, praanggapan, pemahaman, pernyataan lebih, ironi, penggunaan metafora, dan pertanyaan retoris. Jadi, guru dapat menerapkan delapan strategi tersebut dalam pembelajaran implikatur agar siswa memahaminya. 

Selain itu, hal yang harus diperhatikan oleh guru sebelum memberi pelajaran implikatur bahwa sebagaimana yang dipaparkan Piani (2024), anak usia 7 tahun mulai mampu menangkap pesan tersirat dalam percakapan, mereka masih sangat bergantung pada konteks dan bantuan orang tua dalam menafsirkan implikatur. Jika guru mendapatkan amanah untuk mengajar kelas 1 SD maka perlu diketahui potensi awal anak usia 7 tahun perlu bimbingan yang ekstra agar dapat memahami pembelajaran implikatur.

Jika kita amati bagaimana interaksi sesama guru di sekolah maka didapati ragam implikatur  yang disampaikan pada penelitian Romansyah (2022) ragam makna implikatur ujaran guru SD meliputi mengajak, menolak, memberi tahu, menyuruh (memerintah), menjelaskan dan mengingat. Modus yang digunakan dalam menyampaikan tuturannya, penutur menggunakan modus kalimat interogatif berimplikasi direktif (perintah dan/atau permintaan) dan modus kalimat afirmatif berimplikasi direktif (perintah dan/atau permintaan Implikatur percakapan direktif. Artinya, guru harus mampu beradaptasi dengan situasi kondisi ketika berinteraksi dengan rekan sejawat dan siswa SD tentu berbeda. Untuk itu, ragam makna implikatur yang seyogyanya sesuai dengan siswa SD kelas 1 seperti apa disesuaikan  dengan potensi mereka. 

Peran Guru dalam Kelola Implikatur 

Prioritas utama guru dalam pembelajaran implikatur sebagaimana yang dipaparkan oleh Yolandini (2024), guru berperan dalam mengelola implikatur yaitu mengidentifikasi dan mengelola implikatur percakapan yang terjadi di kelas karena penggunaan implikatur yang tepat dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa dan memotivasi untuk berpikir lebih kritis. Selanjutnya, guru dapat memanfaatkan implikatur dalam percakapan untuk menilai pemahaman siswa secara tidak langsung dan memicu diskusi lebih lanjut melalui misalnya dengan mengajukan pertanyaan yang mengandung implikatur, guru dapat melihat seberapa jauh siswa memahami materi yang diajarkan.  

Strategi pembelajaran yang tepat dibutuhkan agar siswa memahai pembelajaran implikatur khususnya pada pembelajaran bahasa Indonesia. Pembelajaran implikatur pada siswa SD sangat penting untuk dipahami dan diterapkan dalam aktivitas keseharian untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara efektif dan efisien. Guru memiliki peranan yang krusial untuk memberikan arahan dan menerapkan strategi yang tepat untuk membantu kemampuan siswa dalam memahami pembelajaran implikatur.  Kolaborasi antara guru dan siswa yang optimal akan memberikan pengaruh yang positif bagi mereka.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Wawasan

Oleh: Donny Syofyan Saat ini kita menyaksikan berkurangnya kesopanan, meningkatnya sikap diskrimina....

Suara Muhammadiyah

4 October 2023

Wawasan

Vonis Ringan Koruptor Bukan Sekadar Tidak Adil Karena Membahayakan Eksistensi Bangsa Oleh: Immawan....

Suara Muhammadiyah

10 December 2024

Wawasan

Perlindungan Pengetahuan Tradisional Indonesia Dalam HKI Oleh: Yeski Putri Utami Indonesia adalah ....

Suara Muhammadiyah

26 July 2025

Wawasan

Bermuhammadiyah Ala Abdul Mu’ti Oleh: Saidun Derani Pada kesempatan Silaturahmi dan Halal Bi....

Suara Muhammadiyah

24 April 2024

Wawasan

Oleh : Drs M Jindar Wahyudi, MAg  Perjalanan hidup manusia tak ubahnya perjalanan waktu yang b....

Suara Muhammadiyah

19 September 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah