Konsolidasi Meneguhkan Gerakan Mahasiswa

Publish

6 February 2024
imm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
144
IMM Lamongan

IMM Lamongan

LAMONGAN SuaraMuhammadiyah - Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kabupaten Lamongan adakan Konsolidasi Kader dan Upgrading Pimpinan Komisariat se Cabang Lamongan pada, Sabtu-Ahad (3-4/2/2024) di MI Muhammadiyah 8 Kandangsemangkon Paciran.

Kegiatan yang mengusung tema "Menyelaraskan Gerakan, Meneguhkan Nilai" ini dihadiri oleh ketua PC IMM Lamongan Alif Ferdiansyah beserta jajarannya dan perwakilan Pimpinan Komisariat se Lamongan serta korps instruktur dan korps Immawati PC IMM Lamongan.

Ketua PC IMM Lamongan, Alif Ferdiansyah dalam sambutannya menjelaskan, bahwa IMM merupakan organisasi pengkaderan yang mempunyai ruang gerak yang disebut dengan Trilogi Ikatan yakni Kemasyarakatan, Keagamaan dan Kemahasiswaan. 

“Tiga komponen yang memiliki keberbedaan diantara komponen satu dengan lainnya tetapi saling berkaitan untuk menjadi ruang gerak bagi kader IMM yang juga mempunyai kepribadian yang berdasarkan tri kompotensi dasar yaitu Intlektualitas, Religiusitas, dan juga Humanitas. Tiga komponen ini saling berkaitan untuk menjadi dasar ataupun prinsip kader ikatan,” jelasnya.

Kemudian dia menambahkan, tahun 2024 menjadi tahun yang penuh gegap gempita dimana bangsa Indonesia akan menyambut pemimpin baru yang akan menjadi nahkoda kapal Bernama "Republik Indonesia".

“Tantangan demi tantangan yang harus dihadapi oleh seluruh elemen bangsa, tantangan yang sama juga tidak lepas dengan apa yang dialami oleh kader-kader Persyarikatan,” ujarnya. 

Kemudian Alif mengajak melihat perilaku ugal-ugalan yang diperlihatkan para pemimpin telah merusak iklim demokrasi yang semestinya memiliki pijakan moral serta nilai seakan dihilangkan dari hadapan kita.

Kemudian dia mengutip pernyataan Sekertaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Abdul Mu'ti "Seorang Intelektual adalah orang yang menekuni atau menguasai ilmu serta melihat dan memperhatikan situasi di sekelilingnya" .

“Kita lihat bersama kondisi sosial hari ini semakin tidak selaras dengan cita-cita leluhur bangsa, dengan hal semacam ini meniscayakan IMM harus hadir menjadi Problem Solver ditengah masyarakat,”tuturnya.

Kemudian Alif menambahkan, problematika kebangsaan hari ini yang terus bertambah membuat ketidaknyamanan kehidupan masyarakat, bencana politik yang Nir- makna dan Nir-nilai di tanah air ini terus terjadi. 

“Di sinilah kader- kader IMM harus hadir dengan ideologi serta teologi kader ikatan untuk menjawab tantangan zaman serta menghadirkan kader yang sadar berkesadaran dengan untuk menjadi pemimpin masa depan yang membawa kemaslahatan. Dengan upaya untuk menjadi kader persyarikatan, kader umat dan kader bangsa yang unggul,” tambahnya.

Oleh karena itu, kata Alif, PC IMM Lamongan terus melakukan pergerakan guna menyiapkan pemimpin masa depan serta menghadirkan masyarakat yang sadar berkesadaran serta mampu berfikir universal dan bisa mengambil nilai-nilai universal yang terkandung didalamya untuk menjadi manusia yang tampil dengan Nilai-nilai ke-Muhammadiyahan untuk kemaslahatan. 

Maka tema dari kegiatan ini, kata Alif, menjadi langkah dalam rangka mendalami pemahaman tentang nilai-nilai dan ideologi Persyarikatan. (Alfain Jalaluddin Ramadlan/FRS)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Salah satu problematika yang tengah dihadapi di dunia kesehatan, kh....

Suara Muhammadiyah

6 December 2023

Berita

Arie Purnomosidi Raih Doktor ke -75 Ilmu Hukum UMS SURAKARTA, Suara Muhammadiyah – Program Do....

Suara Muhammadiyah

17 October 2023

Berita

Download Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1445 H/2024 M se-Indonesia YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah &ndash....

Suara Muhammadiyah

12 February 2024

Berita

KUDUS, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) merayakan momen kebersamaan dan si....

Suara Muhammadiyah

22 April 2024

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Prestasi membanggakan kembali diraih mahasiswa Prodi Komunikasi Univ....

Suara Muhammadiyah

5 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah