Lagi, Komunikasi UMM Dominasi Kemenangan Kompetisi Nasional

Publish

5 March 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
128
Istimewa

Istimewa

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Prestasi membanggakan kembali diraih mahasiswa Prodi Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Pada Silaturahmi Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah & Aisyiyah (Silat APIK-PTMA) di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), mahasiswa Komunikasi UMM berhasil mendominasi kompetisi.

Pada kegiatan yang berlangsung dua hari itu, Rabu – Kamis (28-29/02/2024), Komunikasi UMM mendelegasikan tujuh mahasiswa dan empat dosen. Dari mahasiswa Muhammad Fauzan Hawari, Dennise Reyza Putri Shekina, Raja Afura Kusuma Wijaya, Shalamah Syaharbanu Azzahra, Baaqir, Dinda Nur Aisyah, dan Reza Amanda. Untuk dosen Jamroji, Widiya Yutanti, Arum Martikasari, dan Himawan Sutanto selaku Ketua APIK-PTMA tahun 2019 – 2024.

Lima mahasiswa berhasil meraih juara di empat cabang kompetisi. Fauzan dan Dennise berhasil meraih juara pertama dan kedua PR Crisis, Shalamah meraih juara Reportase Penyiaran, Reza juara Digital Content, dan diikuti Baaqir yang meraih juara kedua lomba Iklan Layanan Masyarakat,

Di antara 35 PTMA anggota APIK dan 170 peserta lomba pada berbagai kompetisi, Komunikasi UMM menjadi yang teratas. Meskipun ada satu lomba yang tidak diikuti, bagi Jamroji ini merupakan suatu kebanggaan. “Harusnya kita sabet semua juara, namun sayang untuk lomba fotografi kita tidak mengirim karena ada kendala. Tapi Insyaallah Komunikasi UMM masih yang teratas,” jelasnya.

“Saatnya meningkatkan level prestasi ke level ASEAN dan Asia, sejalan dengan sertifikasi AUNQA dan akreditasi internasional FIBAA yang sudah kita raih,” tambahnya optimis.

Salah satu delegasi yang menjuarai reportase penyiaran, Shalamah merasa bangga menjadi perwakilan dari Komunikasi UMM. Selain mendapatkan pengalaman dan networking. “Banyak hal yang saya pelajari di sini bersama mahasiswa dari universitas lain,” ungkapnya.

Shalamah mengaku ilmu yang diperolehnya dari pembelajaran terutama praktikum di peminatan jurnalistik membuatnya tidak kaget. “Pada lomba ini aku dapat partner dari Unimma dan alhamdulillah juara. Banyak tantangan tapi saya tidak kaget,” ungkapnya.

“Flow dalam reportase yang sering saya lakukan di praktikum sudah menjadi kebiasaan dan itu membuat saya percaya diri,” ungkapnya lagi.

Silat APIK-PTMA merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan untuk dosen dan mahasiswa anggota APIK se-Indonesia. Tujuannya meningkatkan kerjasama Prodi Ilmu Komunikasi PTMA dalam bidang pembelajaran, penelitian, pengabdian masyarakat, dan Al-Islam Kemuhammadiyahan (AIK).

Tahun ini kegiatan membawa tema Society & Communication in the Digital Era. Prodi Komunikasi UMS bekerja sama dengan Prodi Komunikasi Universitas Muhammadiyah Karanganyar menyukseskan kegiatan ini. Tahun lalu kegiatan serupa diselenggerakan di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida). Seperti tahun ini, tahun lalu UMM juga mendominasi kemenangan. https://komunikasi.umm.ac.id/id/berita/komunikasi-umm-borong-juara-di-youth-communication-day.html

Selain kompetisi, rangkaian kegiatan meliputi workshop dan kongres. Workshop yang dilaksanakan bertujuan menambah pengetahuan dan skill mahasiswa. Hasil workshop itu kemudian diujikan dalam bentuk lomba.

Kontribusi Komunikasi UMM dalam APIK merupakan salah satu dari implementasi kerjasama serta penguatan jaringan antar Prodi Komunikasi di lingkungan PTMA.

Selanjutnya, berdasarkan kongres terpilih ketua umum periode 2024-2029 Khoirul Fajri dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggantikan Himawan Sutanto. Kemudian, tahun depan Universitas Muhammadiyah Cirebon akan menjadi tuan rumah Silat APIK-PTMA. (*)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BROSOT, Suara Muhammadiyah – Forum Silaturahmi Panti Asuhan Muhammadiyah Aisyiyah (Forpama) MP....

Suara Muhammadiyah

14 March 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (HW) Kwartir Wilayah Jawa Tengah mengadak....

Suara Muhammadiyah

26 March 2024

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Pasca disosialisasikan oleh LPO PDM Bantul, Senam Bugar Muhammadiyah (S....

Suara Muhammadiyah

18 October 2023

Berita

PURWOREJO, Suara Muhammadiyah - Perguruan Muhammadiyah Bayan dalam rangka mensinergikan semua kompon....

Suara Muhammadiyah

9 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Buya Prof. Dr. K.H. Ahmad Syafii Maarif dikenal sebagai Guru B....

Suara Muhammadiyah

29 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah