MDMC Jateng Gelar Halal Bihalal dan Bedah Buku

Publish

5 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
106
Foto Istimewa

Foto Istimewa

KEBUMEN, Suara Muhammadiyah - Sabtu, 4 Mei 2024, SMK Muhammadiyah Petanahan menjadi saksi dari hangatnya acara Halal Bihalal MDMC Jateng yang dihadiri oleh para relawan dari berbagai kabupaten/kota se-Jawa Tengah. 

Acara ini merupakan momen bersejarah bagi para pelaku kebencanaan di Jawa Tengah untuk saling bertukar pengalaman, menyatukan visi, dan memperkuat jaringan kerjasama di bidang mitigasi bencana.

Turut hadir dalam acara ini sejumlah tokoh penting, antara lain: H. Abduh Hisyam, S.Ag., (PWM Jateng), H. Naibul Umam Eko Sakti, S.Ag., M.Si. (Wakil Ketua MDMC PP Muhammadiyah), Isnanto, S.Pd.I., M.Pd. (Ketua MDMC Jateng, Drs. Udi Cahyono, M.Sc. (Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kebumen), Imam Romzan Fauzi, S.Th.I., M.Pd. (Sekretaris PDM Kebumen), Agus Suratno, M.Pd. (Ketua MDMC Kebumen), dr. Hasan Bayuni (Ketua PCM Petanahan), dan K.H Abdul Mufid, S.Ag., M.Pd. (Ketua PCNU Petanahan). 

Salah satu sorotan utama acara ini adalah sesi bedah buku yang ditulis oleh Dr. Anang Widhi Nirmansyah, dengan judul "Geodata dan Pemanfaatan dalam Isu Kebencanaan". Bedah buku ini menjadi wadah untuk mendalami pemahaman tentang pentingnya data geospasial dalam mitigasi bencana.

Dalam sambutan ketua panitia, Muhammad Mu'az  mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kelancaran acara ini serta mengapresiasi kontribusi para relawan.

Udi Cahyono, selaku ketua pelaksana BPBD Kabupaten Kebumen, dalam sambutannya menekankan pentingnya kerjasama dalam memperkuat ketahanan bencana di wilayah tersebut.

Isnanto, Ketua MDMC Jateng, menegaskan bahwa acara ini bukan sekadar ajang silaturahmi, tetapi juga forum untuk sharing program antar MDMC Kabupaten/Kota.

Dalam tausiyahnya, M. Abduh Hisyam mengatakan, "MDMC itu borderless, tidak terbatasi oleh kawasan. Di manapun masyarakat membutuhkan pertolongan, maka teman-teman MDMC harus siap untuk datang. Kondisi Alam saat ini memanggil para relawan kemanusiaan untuk siap jiwa dan raga jika tiba-tiba ditempatkan di wilayah-wilayah yang sulit dan harus bertaruh nyawa. Itulah jihadnya para relawan kebencanaan, para MDMC."

Acara Halal Bihalal MDMC se-Jateng di SMK Muhammadiyah Petanahan tidak hanya meningkatkan rasa persaudaraan di kalangan pelaku kebencanaan, tetapi juga memperkuat komitmen mereka dalam membangun masyarakat yang lebih tangguh dalam menghadapi ancaman bencana.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANDA ACEH, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Aceh menyelenggarakan Rapat Pim....

Suara Muhammadiyah

4 November 2023

Berita

SEMARANG, Suara Muhammadiyah – Bertempat Aula GKB 1 Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS)....

Suara Muhammadiyah

11 November 2023

Berita

MALAYSIA, Suara Muhammadiyah - Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Assoc Prof Dr J....

Suara Muhammadiyah

9 November 2023

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Beberapa program diagendakan oleh Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedeka....

Suara Muhammadiyah

16 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah sampai ....

Suara Muhammadiyah

5 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah