Milad Muhammadiyah ke-111, PDM Alor Adakan Pengajian Akbar

Publish

20 November 2023
pdm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
630
Foto Istimewa

Foto Istimewa

ALOR, Suara Muhammadiyah - Bertepatan dengan tanggal 18 November 2023, genap sudah Persyarikatan Muhammadiyah berusia 111 tahun.  Usia yang sangat tua, menurut ukuran manusia.  Usianya lebih tua dari negara kita Indonesia.  Ini berarti, persyarikatan ini sudah lebih dahulu ada sebelum bangsa ini merdeka.

Di Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Alor, Puncak Acara Milad Muhammadiyah ke-111 dilaksanakan pada hari Sabtu (18/11/23) bertempat di halaman SMA Muhammadiyah Kalabahi.  Kegiatan ini diisi dengan Pengajian Akbar oleh Ust. Yuslih Kiko, S.Pd dan pidato Milad Muhammadiyah oleh Drs. Moh. Bajher Kamahi, M.Pd selaku Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Alor.

Dalam tausiahnya, Ust Yuslih yang juga merupakan ketua Bidang Bidang Wakaf, Kehartabendaan dan ZIS Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Alor menyampaikan point-point penting yang menjadi ruh dari pemikiran Muhammad Darwis (yang kemudian dikenal dengan Ahmad Dahlan).  Point-point ini yang kemudian menjadi semangat lahirnya persyarikatan Muhammadiyah, dan terus berkembang hingga tidak hanya dikenal di tingkat nasional tapi juga internasional.

“Muhammad Darwis yang kemudian dikenal dengan nama KH. Ahmad Dahlan, melihat Al-Qur’an tidak hanya sebuah kitab suci yang harus dibaca.  Al-Qur’an sebagai Kitab Suci setelah dibaca, harus ditadabburi.  Memahami makna-makna yang terkandung didalamnya dan memikirkan pesan apa yang ditunjukkan dalam ayat-ayatnya.  Setelah membaca dan mentadabburinya, Al-Qur’an diajarkan kepada orang lain dan juga diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.  Hal ini yang kemudian menjadi inspirasi dari seorang KH. Ahmad Dahlan sebagai tokoh pendiri Muhammadiyah dan menghasilkan sesuatu yang besar, bermanfaat, bagi Ummat di tingkat Nasional bahkan internasional” demikian garis besar yang tersampaikan dalam tausiyahnya.

Di kesempatan selanjutnya, dalam pidato Milad yang disampaikan oleh Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Alor, disampaikan beberapa semangat yang harus terwariskan oleh setiap warga Muhammadiyah sebagai semangat dalam Milad Muhammadiyah ke-111

“Muhammadiyah yang didirikan oleh KH Ahmad Dahlan, diawali dari pengajian kecil yang dilaksanakan di teras rumahnya dalam bentuk diniyah.  Diniyah ini yang kemudian berkembang dan menjadi semangat lahirnya Madrasah Muhammadiyah” begitu beliau mengawali sambutannya

“ada tiga hal yang menjadi fokus penting dari berdirinya persyarikatan Muhammadiyah, yaitu dalam bidang aqidah, Pendidikan dan juga ekonomi.  Dalam bidang tajdid, KH Ahmad Dahlan melakukan upaya-upaya dalam memurnikan nilai-nilai ketauhidan.  Dalam bidang Pendidikan, beliau melakukan proses Pendidikan secara formal sebagai dengan menggunakan gedung, kursi, bangku dan fasilitas lainnya.  Dan dalam bidang Ekonomi, KH Ahmad Dahlan menjadikan QS. Al-Maun sebagai landasan dalam peningkatan ekonomi ”

“Ada spirit yang yang terkadung dalam pergerakan Muhammadiyah, yaitu semangat yang terkandung dalam QS.Ali Imran : 104.  Bahwa semangat dalam amar ma’ruf nahyi munkar tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri, tapi akan mudah dilakukan jika bersama-sama.  Karena itulah maka dibutukan wadah untuk melakukan pergerakan bersama-sama, yang kita kenal dengan nama organisasi.  Muhammadiyah sebagai salah satu organisasi dakwah, yang bergerak dalam upaya amar ma’ruf nahyi munkar”

Di akhir pidatonya, beliau menyebutkan perkembangan-perkembangan yang dialami oleh Muhammadiyah dalam bidang Pendidikan

“lembaga-lembaga Pendidikan yang diselenggarakan oleh Muhammadiyah sudah berkembang dengan pesatnya.  Mulai dari dalam negeri sampai luar negeri.  Untuk di Alor, ada 1 SMP, 1 SMA dan 1 Perguruan Tinggi.  Sedangkan yang dikelola oleh Aisyiyah dan NA, ada 3 TK PAUD yang berada di Kabupaten Alor”

Dalam acara Puncak Milad Muhammadiyah ke-111 ini juga diselingi dengan penyerahan Surat Keputusan dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah kepada masing-masing Pimpinan Cabang yang sudah melaksanakan Musyawarah Cabang, yaitu Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kalabahi Timur, Alor Barat Laut, Pantar Timur, Baranusa, Pulau Buaya dan Pantar Barat Laut.

Dalam acara hiburan, diisi dengan penampilan kreasi seni dari Amal Usaha Muhammadiyah yang berada di Kabupaten Alor yaitu SMA Muhammadiyah Kalabahi, SMP Muhammadiyah Ekosari, dan TK/PAUD yang berada di bawah naungan Aisyiyah dan Nasyiatul Aisyiyah.

Sebelumnya, telah dilaksanakan Jalan Santai sebagai kegiatan menyongsong Milad Muhammadiyah ke-111 yang dilaksanakan pada tanggal 17 November 2023 dengan rute dari halaman Masjid Muhajirin Kadelang dan finish di Stadion Mini Kalabahi.(raspa)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Keberadaan museum benar-benar menjadi kebutuhan untuk kontinui....

Suara Muhammadiyah

20 November 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Launching Universitas Muhammadiyah Barru (UMB) menjadi UNMUH BARRU. A....

Suara Muhammadiyah

29 January 2024

Berita

CIREBON, Suara Muhammadiyah – Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Pusat (PP) Muhamm....

Suara Muhammadiyah

12 December 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Wakaf uang dinilai memiliki peluang besar untuk memberdayakan kelompok....

Suara Muhammadiyah

11 September 2023

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah -  Syahrul Amsari tokoh muda Muhammadiyah Sumatera Utara diberi keper....

Suara Muhammadiyah

3 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah