MKKS Berbah Studi Tiru ke Perguruan Muhammadiyah Kottabarat

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
210
Perguruan Muhammadiyah Kottabarat Surakarta

Perguruan Muhammadiyah Kottabarat Surakarta

Tingkatkan Sistem Tata Kelola Pendidikan

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ratusan Guru dan Karyawan Sekolah Muhammadiyah yang tergabung dalam MKKS Muhammadiyah Kapanewon Berbah, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan kegiatan studi tiru ke Perguruan Muhammadiyah Kottabarat Surakarta pada Kamis (9/11). Kegiatan tersebut guna belajar sistem tata kelola pendidikan “Collaborative Management.”

Peserta kunjungan terdiri atas 148 guru/karyawan dari SD, SMP, dan SMK Muhammadiyah Berbah. Terdapat 8 orang kepala sekolah dan 7 orang Majelis Dikdasmen PCM ikut dalam rombongan. Kunjungan dibagi ke sekolah-sekolah di bawah payung Perguruan Muhammadiyah Kottabarat Surakarta yakni SD, SMP, dan SMA Muhammadiyah PK.

Ketua MKKSM (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah Muhammadiyah) Kapanewon Muhammadiyah Berbah, Dr. Yudi Wardhana, M.Sc. menjelaskan Perguruan Muhammadiyah Kottabarat Surakarta dipilih karena memiliki keunggulan dalam sistem tata kelola pendidikan.

“Collaborative Management menjadi rujukan baru dalam sistem tata kelola pendidikan Muhammadiyah. Sistem tersebut telah dilakukan oleh Perguruan Muhammadiyah Kottabarat dan dapat dijadikan model tata kelola yang efektif dan berkemajuan,” ungkapnya.

Terkait kunjunga studi tiru, Kepala SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta, Muhdiyatmoko, M.Pd. menyambut baik. Ia berharap kunjungan tersebut mampu membawa manfaat baik untuk kemajuan sekolah-sekolah Muhammadiyah.
“Perguruan Muhammadiyah Kottabarat Surakarta menjadi payung besar bagi TK, SD, SMP, dan SMA Muhammadiyah PK. Manajemen pengelolaan menerapkan sistem yang sama dan kolaboratif. Program Khusus penekanan pada full day school dan kurikulum syariah,” jelasnya kepada peserta studi tiru.

Kegiatan studi tiru diawali dengan melihat kegiatan-kegiatan pembelajaran di sekolah, sarana prasarana, dan sistem pengelolaan seperti koperasi, unit kegiatan sekolah, laboratorium komputer, tata usaha, perpustakaan, dan sebagainya. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi para siswa dari SMP Muhammadiyah Berbah dan siswa yang tergabung dalam IPM SMP Muhammadiyah PK. Peserta guru, karyawan, dan kepala sekolah berdiskusi di ruang pertemuan tentang sistem manajemen pengelolaan sekolah.

Sementara itu, Kepala SMP Muhammadiyah Berbah, Tri Muriana, S.T., mengaku senang berkunjung ke SMP Muhamamdiyah PK. Ia bersama rombongan ingin belajar bagaimana pengelolaan pendidikan di Perguruan Muhammadiyah Kottabarat. Keunggulan dan kemajuan sekolah akan kita gunakan untuk mengembangkan sekolah Muhammadiyah di Berbah. Kami mendapatkan banyak inspirasi saat berkunjung di sini. 

“Kami disambut dengan baik, ramah, dan dilayani dengan baik. Kami diajak keliling melihat apa saja yang ada di SMP Muhamamdiyah PK Kottabarat Surakarta. Kami juga melihat para siswa belajar dengan baik sehingga menjadi inspirasi bagi guru-guru di sekolah kami nanti,” ungkapnya. (Aryanto)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PEKAJANGAN, Suara Muhammadiyah – Hidup itu misteri. Tiada yang tahu masa depan seseorang akan ....

Suara Muhammadiyah

19 September 2023

Berita

YOGYAKARTA, SuaraMuhammadiyah - Dalam upaya untuk mencapai kelancaran dan kesuksesan proses pengabdi....

Suara Muhammadiyah

15 January 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Mahasiswa program studi Administrasi Publik UM Bandung menggelar....

Suara Muhammadiyah

3 December 2023

Berita

MADRID, Suara Muhammadiyah - Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi oleh perguruan tinggi swast....

Suara Muhammadiyah

23 October 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Majelis Pembinaan Kader (MPK) 'Aisyiyah Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah (P....

Suara Muhammadiyah

8 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah