Muhammadiyah Raih Penghargaan Internasional Zayed Award for Human Fraternity 2024

Publish

3 February 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
283
Foto Istimewa

Foto Istimewa

ABUDHABI, Suara Muhammadiyah - Zayed Award for Human Fraternity hari ini mengumumkan penerima penghargaan tahun 2024: Organisasi Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah dari Indonesia; Ahli bedah jantung dari Mesir yang terkenal di seluruh dunia, Sir Magdi Yacoub; dan pemimpin rakyat kecil dari Chili, Suster Nelly Leon Correa.

Para penerima penghargaan tersebut dipilih atas upaya mereka yang luar biasa untuk mengatasi tantangan sosial yang kompleks, mendorong koeksistensi yang damai, dan mengobarkan semangat solidaritas antar umat manusia baik di tingkat internasional maupun akar rumput. Penghargaan ini akan dianugerahkan pada upacara penghargaan yang diselenggarakan pada tanggal 5 Februari 2024, di Founder's Memorial Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama merupakan dua organisasi Islam terbesar di Indonesia dengan lebih dari 190 juta pengikut. Dua Organisasi ini diakui berkat ikhtiar mereka yang luar biasa dalam mengamalkan nilai-nilai kemanusiaan dan pembangunan perdamaian. Dengan mendirikan institusi pendidikan dan rumah sakit, serta  pengelolaan proyek pengentasan kemiskinan, kedua organisasi ini telah meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia dan kelompok rentan di seluruh dunia.

Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Syafiq Mughni mewakili Muhammadiyah menerima Zayed Award For Human and Fraternity. Penghargaan ini makin memperkuat motivasi kerja kerja kemanusiaan di tingkat dunia.

Ahli bedah jantung terkenal di dunia, Profesor Sir Magdi Yacoub, memperoleh kehormatan atas usaha beliau untuk menyediakan layanan medis demi menyelamatkan mereka yang paling membutuhkan, termasuk kelompok rentan. Sebagai pendiri Magdi Yacoub Heart Foundation di Mesir dan organisasi amal Chain of Hope di Inggris, Dr. Yacoub telah membantu menyelamatkan ribuan nyawa, terutama anak-anak. Beliau mendirikan pusat jantung di Ethiopia dan Mozambik, juga di Kigali, Rwanda, yang saat ini sedang dalam pembangunan. Teknik bedah rintisannya telah merevolusi metode transplantasi jantung. Selain itu, beliau telah menerima berbagai penghargaan, termasuk British Knighthood, Grand Order of the Nile, dan Order of Merit oleh Ratu Elizabeth II.

Suster Nelly Leon Correa, juga dikenal sebagai “Bunda Nelly”, adalah Presiden dan salah satu pendiri Fundación Mujer Levántate (Woman Standing Up Foundation). Organisasi ini bertujuan untuk memberikan dukungan bagi narapidana perempuan, dengan cara menyediakan bantuan yang komprehensif selama mereka berada di lembaga pemasyarakatan, juga membantu mereka supaya dapat berbaur kembali ke dalam masyarakat. Dengan berpegang teguh pada prinsip-prinsip persaudaraan manusia, yayasan ini membawa tidak hanya harapan bagi mereka yang berada di rumah tahanan tetapi juga menawarkan pemulihan bagi mereka yang baru saja dibebaskan. Hampir 94 persen peserta program ini tidak mendapatkan hukuman kurungan kembali dalam kurun waktu dua tahun setelah dibebaskan.

Sekretaris Jenderal Zayed Award for Human Fraternity Hakim Mohamed Abdelsalam menyampaikan: “Menjelang Hari Persaudaraan Manusia Internasional, kami memperoleh tiga penerima penghargaan yang benar-benar memberikan teladan untuk mewujudkan nilai-nilai yang tertuang dalam Dokumen (Persaudaraan Manusia). Suatu kehormatan bagi kami, dewan juri Zayed Award for Human Fraternity, untuk mengumumkan para penerima penghargaan yang telah memperjuangkan nilai-nilai persaudaraan manusia, dan berperan sebagai mercusuar harapan di dalam komunitas mereka. Masing-masing penerima penghargaan telah menjunjung tinggi visi mulia demi terwujudnya dunia yang lebih damai dan kami akan memastikan bahwa penghargaan ini dapat mendorong percepatan upaya mereka di bidangnya masing-masing.”

Nama ‘Zayed’ digunakan untuk menghormati alharhum Syekh Zayed bin Sultan Al Nahyan, pendiri Uni Emirat Arab. Zayed Award for Human Fraternity mengakui nilai-nilai kemanusiaan dan dedikasi beliau yang dikenal luas demi membantu siapapun tanpa memandang latar belakang mereka.

Pada tanggal 5 Februari 2024 pukul 19.00, upacara penghargaan akan disiarkan di saluran TV lokal dan di saluran YouTube Zayed Award for Human Fraternity: Zayed Award for Human Fraternity. (Riz)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dan Universiti Teknologi Petrona....

Suara Muhammadiyah

8 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - "Anak kita yang terlahir di muka bumi ini memiliki dua unsur yang a....

Suara Muhammadiyah

22 March 2024

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali mengharumkan na....

Suara Muhammadiyah

8 December 2023

Berita

PADANG, Suara Muhammadiyah - Dalam upaya penguatan dakwah untuk perluasan dakwah berkemajuan, PW &ls....

Suara Muhammadiyah

5 November 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Mengawali tahun ajaran 2023/2024, Prodi PAI UM Bandung melepas d....

Suara Muhammadiyah

2 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah