Tim Dahlan Muda Mengabdi Dukung Perumahan Mandiri Sampah

Publish

4 October 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
290
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Tim Program Dahlan Muda Mengabdi IMM FTI UAD resmi diterjunkan pada Rabu, 20 September 2023 di Perumahan Pringgading Permai, Kalurahan Guwosari, Kabupaten Bantul, D.I. Yogyakarta. Tema program yang diusung pada kegiatan tersebut adalah “Transformasi Pengelolaan Rumah Pilah Sampah sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Mandiri Masyarakat Perumahan Pringgading Permai.

Penerjunan tersebut dihadiri oleh beberapa pihak, yaitu Kalurahan Guwosari, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bantul, Ketua Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Bantul, Ketua TP PKK Bantul. Pihak Kalurahan Guwosari dihadiri oleh Kepala Lurah beserta jajarannya, dan BABINSA. Dari pihak Universitas Ahmad Dahlan dihadiri oleh Rusydi Umar S.T., M.T., Ph.D. selaku Wakil Rektor Bidang Akademik UAD, Tim BIMAWA UAD beserta jajaran, Ketua LPPM UAD, dan Ketua Umum IMM FTI UAD.

Tim Dahlan Muda Mengabdi (DMM) IMM FTI terdiri dari mahasiswa program studi teknologi pangan dan informatika dengan jumlah 10 mahasiswa, yang didampingi oleh Prof. Ir. Anton Yudhana, S.T., M.T., Ph.D. selaku dosen pendamping.

Kegiatan penerjunan tersebut dilakukan serah terima tim DMM IMM FTI UAD ke pihak perumahan. Penyerahan dilakukan secara simbolis dengan pemotongan pita oleh Rusydi Umar S.T., M.T., Ph.D. selaku wakil rektor Bidang Akademik dan Emi Masruroh Halim, S.Pd selaku ketua TP PKK Bantul.

Rusydi Umar S.T., M.T., Ph.D. selaku wakil rektor Bidang Akademik UAD memberikan sambutan serta penjelasan singkat mengenai program Dahlan Muda Mengabdi (DMM) ini, dapat meningkatkan kemampuan softskill dan hardskill. Kemampuan lain yang didapatkan meliputi kemampuan managerial, keilmuan, serta kemampuan bermasyarakat. Beliau berharap kegiatan pengabdian yang diselenggarakan oleh tim DMM IMM FTI ini dapat membantu masyarakat Pringgading dalam mengatasi permasalahan dalam pengelolaan mandiri sampah.

Laelatul Hidayah selaku ketua Tim DMM IMM FTI UAD menyampaikan terkait program yang akan dilaksanakan selama 4 bulan kedepan, yaitu terdapat 2 program utama berupa pembuatan alat pembakar sampah residu tanpa asap dan pembuatan rumah pilah sampah. Dengan harapan program yang  sudah dirancang dapat berjalan dengan lancar.

Sementara itu, Taufik Hermawan selaku Ketua RT perumahan Pringgading Permai juga berharap bahwa dengan adanya program ini bisa menjadikan perumahan mandiri sampah di Pringgading Permai dan menjadi contoh untuk perumahan-perumahan lainnya dalam pengelolaan mandiri sampah. Selain itu, beliau berharap program ini tetap berjalan walaupun dari teman-teman UAD sudah selesai melaksanakan program Dahlan Muda Mengabdi. (Ghnnsa)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah -  Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar Prof Ambo As....

Suara Muhammadiyah

7 September 2023

Berita

KISARAN, Suara Muhammadiyah - Tim Bimbingan Konselor SMA Muhammadiyah 8 Kisaran menyelenggarakan keg....

Suara Muhammadiyah

9 October 2023

Berita

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah – Selama bulan Ramadhan, Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) te....

Suara Muhammadiyah

6 April 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Ketua Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Pusat (PP) Mu....

Suara Muhammadiyah

4 November 2023

Berita

KULON PROGO, Suara Muhammadiyah – Lembaga Seni Budaya Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Daerah Ist....

Suara Muhammadiyah

29 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah