Olahraga Difabel Mengharumkan Bangsa Indonesia

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
257
Rakernas Bersama LSB dan LPO Pimpinan Pusat Muhammadiyah

Rakernas Bersama LSB dan LPO Pimpinan Pusat Muhammadiyah

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Indonesia memiliki nama yang harum dalam gelaran olahraga untuk disabilitas (difabel). Hal ini dibuktikan oleh kontingen Indonesia yang tampil impresif di Asian Para Games 2023 di Hangzhou, China. Indonesia sampai 27 Oktober 2023 meraih 24 medali emas. Prestasi ini menunjukan pembinaan olahraga untuk disabilitas berjalan dengan cukup baik. 

Hal ini disampaikan oleh Rumpis Agus Sudarko, saat Rapat Kerja Nasional Bersama Lembaga Pengembangan Olahraga dan Lembaga Seni Budaya Pimpinan Pusat Muhammadiyah, di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Jumat (27/10). Dosen Universitas Negeri Yogyakarta yang aktif dalam pembinaan olahraga disabilitas ini menyampaikan materi tentang pembinaan olahraga disabilitas kepada utusan dari berbagai Pimpinan Wilayah Muhammadiyah se-Indonesia.

“Dalam pembinaan olahraga disabilitas yang perlu diperhatikan adalah pada aspek apa disabilitasnya, lalu kemudian potensi apa yang bisa untuk beraktivitas olahraga,” kata Rumpis. Rumpis menambahkan arah pembinaan olahraga disabilitas, perlu diarahkan pada pemetaan yang baik, pengembangan sumber daya manusia, dan pendanaan.

Merujuk pada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan, secara jelas disebutkan bahwa warga negara yang memiliki disabilitas fisik, intelektual, mental, dan/atau sensorik mempunyai hak untuk memperoleh pelayanan dalam kegiatan olahraga sesuai  dengan kebutuhan, harkat, dan martabatnya.

“Perlu ada sinergi yang kuat agar prestasi olahraga disabilitas semakin mengemuka. Serta yang jangan dilupakan adalah olahraga disabilitas bukan hanya olahraga prestasi, namun juga olahraga masyarakat. Untuk itu perlu semakin memasyarakatkan olahraga disabilitas,” pungkasnya. (Jun)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

ISLAMABAD, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah melakukan kunjungan ke KBRI Islamab....

Suara Muhammadiyah

11 October 2023

Berita

BERAU, Suara Muhammadiyah – Hotel SM Tower and Convention Berau bakal diresmikan besok Kamis (....

Suara Muhammadiyah

6 March 2024

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Student Advisory and Training Center (SATC) Biro Kemahasiswaan....

Suara Muhammadiyah

16 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Yogyakarta melalui Majelis Pembin....

Suara Muhammadiyah

16 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) Baitul ....

Suara Muhammadiyah

2 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah