PDNA Kulon Progo Gelar Empat Sesi Darul Arqam Nasyiatul Aisyiyah I

Publish

14 November 2023
na

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
223
Foto Istimewa

Foto Istimewa

KULONPROGO, Suara Muhammadiyah - Perkaderan merupakan proses penting dalam organisasi untuk membentuk kader pelopor, pelangsung, dan penyempurna amal usaha Muhammadiyah. Sadar akan pentingnya membentuk kader yang unggul tersebut, Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah (PDNA) Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan Darul Arqam Nasyiatul Aisyiyah (DANA) Tingkat I dengan tema “Optimalisasi Peran Kader di Era Millenial untuk Nasyiah Berkemajuan” bagi Pimpinan Cabang Nasyiatul Aisyiyah (PCNA) se-Kulon Progo. 

“Latar belakang kegiatan karena banyaknya anggota baru yang baru bergabung di Nasyiah, belum mengikuti ortom lainnya baik di IPM atau IMM. Maka, menurut kami, perlu diadakan Darul Arqam NA untuk PCNA,” jelas Faizatunnisa’ Khoiroti, S.Pd., Ketua Umum PDNA Kulon Progo. 

Selain itu, Anggoro Wati, S.Pd.I, Ketua Departemen Kader PDNA Kulon Progo menambahkan bahwa kegiatan ini juga bertujuan menjaring kader yang potensial untuk menghidupkan kadernya masing-masing.

“DANA 1 sebetulnya adalah program kerja PCNA, namun melihat kondisi cabang NA di Kulon Progo yang saat ini belum begitu aktif, PDNA Kulon Progo memfasilitasi kader PCNA se-Kulon Progo untuk dapat mengikuti DANA 1,” tambah Anggoro.

Kegiatan ini terbagi dalam empat sesi yang dilaksanakan setiap akhir pekan, bergantian di empat lokasi, agar dapat menjangkau seluruh kader Nasyiah di Kulon Progo yang tersebar di 13 cabang. Sesi 1 terlaksana pada Sabtu (14/10) bertempat di SMK Muhammadiyah 1 Kalibawang, ditujukan bagi kader Nasyiah Cabang Kalibawang, Samigaluh, Girimulyo, dan Nanggulan. Sesi 2 diselenggarakan pada Sabtu (21/10) di SMP Muhammadiyah 1 Wates, dengan sasaran kader Nasyiah Pengasih, Sentolo, dan Kokap. Sesi 3 berlokasi di SMK Muhammadiyah 1 Wates pada Sabtu (4/11), dihadiri oleh kader Nasyiah Wates Utara, Wates Selatan, dan Temon. Sesi terakhir DANA 1 bertempat di MTs Darul Ulum Muhammadiyah Galur pada Sabtu (11/11) lalu, dengan peserta yang berasal dari cabang Galur, Lendah, dan Panjatan. Jumlah peserta keseluruhan mencapai 98 orang.

Terdapat tiga materi dalam DANA 1 kali ini, yaitu “Fiqih Al-Ma’un dan Matan Keyakinan Cita-Cita Hidup Muhammadiyah”, “Nasyiah sebagai Gerakan Sosial dan Perkaderan ‘Aisyiyah”, serta materi mengenai “Perempuan dan Isu-Isu Terkini” yang disampaikan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Kulon Progo, Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kulon Progo, Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah Daerah Istimewa Yogyakarta, serta PDNA Kulon Progo. 

“Kami juga menyampaikan terima kasih kepada PCM dan PCA se-Kulon Progo, Lazismu Kulon Progo, serta Amal Usaha Muhammadiyah se-Kulon Progo yang telah mendukung, memfasilitasi, dan membantu pelaksanaan kegiatan ini dari awal hingga akhir,” ucap Anggoro Wati.

“Harapannya, kegiatan DANA 1 menjadi bekal awal PCNA untuk awal periode. Selanjutnya, akan ada DANA 2 dengan materi yang lebih banyak dan bisa menginap, karena menginap ini menjadi salah satu cara agar bisa muncul keintiman dari masing-masing kader pimpinan,” tutur Faiz. Departemen Kader PDNA Kulon Progo juga berharap agar setelah ini PCNA se-Kulon Progo dapat menyelenggarakan DANA 1 sendiri untuk kader cabang dan ranting di kapanewon masing-masing.

Follow up kegiatan atau Rencana Tindak Lanjut dari kegiatan ini adalah berjalannya program kerja PCNA dengan dampingan PDNA Kulon Progo. Bertemunya kader-kader dari berbagai cabang dalam kegiatan ini turut membuka kesempatan bagi Pimpinan Cabang untuk berkolaborasi dalam merancang dan menjalankan program. Selain itu, masing-masing PCNA diharapkan dapat mengaktifkan minimal 3 ranting pada periode ini sebagai syarat aktifnya PCNA.*(tif)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah - Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri (PPTM) kembali digelar ole....

Suara Muhammadiyah

8 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Menutup rangkaian acara Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) 2023, cl....

Suara Muhammadiyah

20 October 2023

Berita

KUDUS, Suara Muhammadiyah - Tanggal 9-11 Mei  2024 ini 183 penggiat Muhammadiyah yang berkhidma....

Suara Muhammadiyah

9 May 2024

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Bertempat di ruang serbaguna lantai 10 Gedung Utama Kampus 4 Universita....

Suara Muhammadiyah

3 December 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Nonformal giatkan ....

Suara Muhammadiyah

19 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah