Pekan Peduli Palestina SMK Negeri 4 Donasi ke Lazismu Umbulharjo

Publish

26 November 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
185
Foto Istimewa

Foto Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Bertempat di pendopo SMK Negeri 4 Yogyakarta, yang beralamat di Jl.Sidikan No.60, Sorosutan Umbulharjo Kota Yogyakarta, telah berlangsung pengajian dan motivasi untuk siswa-siswi SMK Negeri 4 Yogyakarta, Jum’at, 24 November 2023. Pengajian dan  motivasi tersebut mengambil tema “ Menyiapkan generasi bermental tangguh dalam menyongsong Ujian Akhir Semester”. Menurut Setyo Budi Sungkowo,S.Pd.,M.Pd selaku kepala sekolah, kegiatan ini diikuti oleh hampir 1900an siswa siswi.Kegiatan ini selain sebagai pembekalan siswa siswi untuk menghadapi Ujian Akhir Sekolah, juga merupakan rangkaian kegiatan “Pekan Donasi Peduli Palestina”.

Terpisah Jamadi,S.Ag.,M.Si selaku guru agama SMK Negeri 4 Yogyakarta mengatakan bahwa, kepedulian keluarga besar SMK Negeri 4 Yogyakarta sangat besar untuk membantu saudara kita di Palestina terutama dari siswa-siswinnya. Terbukti walaupun hanya dalam waktu singkat donasi yang terkumpul dari kegiatan tersebut sebesar 7.500.000,-.

Masih menurut Jamadi, kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan utamannya agar siswa-siswi mempunyai kepedulian kepada sesama, untuk saat ini terutama kepada saudara kita di Palestina. Selama ini siswa-siswi hanya melihat dan mendengar dari media dan berita terkait yang terjadi di Palestina.Dari apa yang mereka lihat dan dengar, kemudian mereka hanya bisa mengatakan, “kasihan, sedih, miris  dan ungkapan prihatin lainnya”.

Namun sekolah berharap, siswa-siswi ini bisa melakukan aksi nyata. Bahkan sebenarnya ada siswa yang pengen bisa ikut membantu langsung di Palestina ucap Jamadi yang juga sekaligus pembina OSIS SMK Negeri 4 Yogyakarta. Meskipun kenyataannya hal itu sangat kecil kemungkinan untuk bisa dilakukan, sekolah memberikan pengertian kepada siswa siswinya bahwa, kepedulian kita, bisa dimulai dengan hal sederhana, seperti ikut berpartisipasi donasi, mensyiarkan peristiwa yang terjadi di Palestina melalui media sosial pribadi masing-masing dll.

Selain itu beliau juga berharap, seluruh sekolah, baik negeri maupun swasta melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan SMK Negeri 4 Yogyakarta. Kepedulian kita kepada Palestina bisa kita ajarkan kepada siswa-siswi di sekolah dengan dimulai dari hal yang sederhana, yaitu ikut menggalang donasi dan di sampaikan melalui lembaga yang terpercaya. Karena menurut bapak Jamadi, masih banyak juga sekolah-sekolah, terutama sekolah yang besar, belum mengajak keluarga besarnya untuk ikut menggalang dana untuk saudara kita di Palestina.

Acara pengajian dan motivasi tersebut berlangsung dari pukul 08.00 sampai pukul 09.30. Diawali dengan sambutan Setyo Budi Sungkowo,S.Pd.,M.Pd selaku kepala sekolah, dilanjutkan dengan pengajian dan motivasi oleh Ust.Agus susanto, dan rangkaian acara “Pekan Donasi Peduli Palestina” diakhiri dengan serah terima donasi Palestina dari keluarga besar SMK Negeri 4 Yogyakarta kepada Kantor Layanan Lazismu Umbulharjo.

Penyerahan diberikan oleh Kepala Sekolah, pembina OSIS dan perwakilan OSIS SMK Negeri 4 Yogyakarta diserahkan kepada Abdul Rosyid,S.Pd selaku Kepala Kantor Layanan Lazismu Umbulharjo dihadapan seluruh siswa-siswi peserta pengajian dan motivasi.

Setelah prosesi serah terima donasi selesai, Rosyid selaku Kepala kantor Layanan Lazismu Umbulharjo, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada SMK Negeri 4 Yogyakarta atas kepeduliannya kepada palestina. Selain itu rosyid berpesan kepada siswa-siswi sekalian, agar selalu mensyiarkan apa yang terjadi di Palestina melalui media sosial mereka,tentunya dengan cara yang santun dan beradap dan kemudian ditutup dengan doa bersama. Tak lupa Rosyid mendoakan semoga jadi amal jariyah seluruh keluarga besar SMK Negeri 4 Yogyakarta.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengajak masyarakat untuk menyikapi hasil ....

Suara Muhammadiyah

22 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta kembali melaksanakan program unggulan....

Suara Muhammadiyah

15 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pada Rabu (17/1), Tim Pengabdian Universitas Ahmad Dahlan (UAD) men....

Suara Muhammadiyah

24 January 2024

Berita

GUNUNGKIDUL, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Ranting Muhammadiyah Rongkop menggelar pembekalan penguru....

Suara Muhammadiyah

19 November 2023

Berita

BERAU, Suara Muhammadiyah – Direktur Utama PT Syarikat Cahaya Media / Suara Muhammadiyah Deni ....

Suara Muhammadiyah

13 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah