Pelantikan FGM Temanggung 2023-2027, Majukan Pendidikan dengan 3M

Publish

11 January 2024
fgm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
175
Foto Istimewa

Foto Istimewa

TEMANGGUNG, Suara Muhammadiyah - Dinamika pendidikan yang menuntut gebrakan kreatif dalam mengikuti perkembangan zaman, disikapi para guru di semua lembaga pendidikan Muhammadiyah Kabupaten Temanggung. Upaya untuk menyamakan langkah dan gerakan agar menjadi terdepan, dilakukanlah pelantikan Forum Guru Muhammadiyah (FGM) pada Rabu, (10/1/2024) bertempat di Gedung Graha Bhumi Phala Temanggung periode 2023-2027 yang dihadiri oleh semua guru di lembaga pendidikan Muhammadiyah dan memenuhi seisi gedung Graha Bhumi Phala.

Acara pelantikan yang dihadiri oleh semua jajaran pengurus Majlis Dikdakmen Muhammadiyah Temanggung, Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah Temanggung, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Temangung beserta jajarannya yang diketuai oleh Makmun Pitoyo, dan dihadiri pula oleh ketua pusat Forum Guru Muhammadiyah. Dalam sambutannya,  Makmun Pitoyo mengatakan,” hidupkan Muhammadiyah dan kembangkanlah Muhammadiyah,” lanjutnya. 

“Tantangan seorang guru yang begitu kompleks dan memikirkan berbagai persoalan lain yang sangat penting termasuk didalamnya mengurusi urusan keluarga, dalam menjalankan tugas mengajar tetap harus semangat dan tidak boleh main-main, dan yakinlah bahwa segala yang dilakukan bertujuan untuk mengantarkan para siswa menuju puncak kemulyaan disisi Allah SWT,” ungkapnya. 

Prosesi pelantikan pengurus FGM Kabupaten Temanggung yang dilakukan oleh Jajaran Majlis Dikdasmen, melantik 18 orang pengurus dari berbagai unit pendidikan mulai tingkat PAUD hingga sekolah tingkat lanjutan atas yang terdiri dari SMA, MA dan SMK. Agus Nashoha yang terpilih menjadi ketua FGM Temanggung, mempunyai kewajiban mengemban amanat untuk mengkomandoi forum guru supaya tambah maju dan semua lembaga pendidikan Muhammadiyah yang ada di Temanggung menjadi diminati dan menjadi pilihan bagi para orang tua untuk memasukkan putra dan putrinya di sekolah-sekolah Muhammadiyah.

Memajukan sebuah sekolah agar menjadi pilihan dari para orang tua, dijelaskan secara luas oleh pakar pendidikan dan beliau menjadi ketua FGM Pusat yaitu Sutomo, M.Ag.  dan menyaksikan pada acara pelantikan pengurus FGM Temanggung. Langkah-langkah untuk memajukannya memerlukan kerja keras dan berdisiplin dalam mendidik para siswa. “Resep yang dilakukan dirumuskan menjadi 3 M yang penjabarannya adalah; Merintis, Mengembangkan dan Melejitkan. 

Langkah awal dalam merintis, dituntut para guru berjalan kompak, karena segala yang ada belum memadai dan membutuhkan kelengkapan agar para siswa dan para orang tua nyaman,” lanjutnya. Hal minimal yang dilakukan adalah pandai-pandai mencari pihak lain untuk diajak bersinergi dan tidak mengenal istilah berhenti dalam memajukan sekolah. Begitu pula dalam tahap mengembangkan dan melejitkan. Maka rumus Amati, Tiru dan Modifikasi senantiasa diterapkan di sekolah dan menyesuikan kondisi yang ada serta kemampuannya. (A Khamid)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANDA ACEH, Suara Muhammadiyah - Fakultas Vokasi Universitas Muhamdiyah Aceh (FV Unmuha) melaksanaka....

Suara Muhammadiyah

28 October 2023

Berita

LANDAK, Suara Muhammadiyah - Lembaga Dakwah Komunitas (LDK) Pimpinan Pusat Muhammadiyah  bersam....

Suara Muhammadiyah

27 March 2024

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 2.050 lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan dan ....

Suara Muhammadiyah

25 January 2024

Berita

UMSU Tunah Rumah Seminar dan Sosialisasi KHGT Regional Sumatera MEDAN, Suara Muhammadiyah -  M....

Suara Muhammadiyah

14 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah -- Ketua Bidang Dakwah Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah, Nur Arina H....

Suara Muhammadiyah

18 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah