Pengajian Ramadan 1445 H PP Muhammadiyah Gaungkan Narasi Dakwah Kultural

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
248
Foto Istimewa

Foto Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah — Dalam rangka merumuskan strategi yang relevan cakupan dakwah Muhammadiyah, Pimpinan Pusat Muhammadiyah bersama Majelis Pembinaan Kader dan Sumber Daya Insani Pimpinan Pusat Muhammadiyah selenggarakan Pengajian Ramadan 1445 H yang diselenggarakan pada Kamis—Sabtu, (14—16/03/2024) di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. 

Pengajian Ramadan 1445 H yang mengusung tema “Dakwah Kultural: Perluasan Basis Komunitas dan Akar Rumput Muhammadiyah” ini dihadiri sejumlah 300-an peserta yang berasal dari anggota PP Muhammadiyah, PP ‘Aisyiyah, perwakilan Majelis/Lembaga/Biro PP Muhammadiyah di Yogyakarta KSB (Ketua, Sekretaris, dan Bendahara) organisasi ortonom tingkat pusat, Ketua PWM dan Ketua Bidang Kader se-Indonesia, Ketua PWA se-Indonesia, Rektor Universitas Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah se-Indonesia, MPKSDI PPM, Ketua dan Sekretaris MPKSDI PWM se-Indonesia, PWM DIY, PDM se-DIY, Klaten, PDM Sukoharjo, PDM Surakarta,PDM Kota Magelang, PDM Kab Magelang, dan PDM Purworejo.

Adapun tema tersebut diusung dengan latar belakang Muhamamadiyah perlu melakukan perluasan cakupan dakwah Muhammadiyah dan memperluas pengikutnya sampai di akar rumput. Pengajian Ramadan tahun 2024 ini perlu memikirkan dan menindaklanjuti agenda program Muhammadiyah terkait dakwah, terlebih dakwah kultural untuk perluasan basis dakwah di komunitas akar rumput.  

Pembukaan Pengajian Ramadan 1445 H yang dilaksankan pada Kamis, (14/03/2024) menghadirkan Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir, Ketua MPKSDI PP Muhammadiyah, dan Rektor UMY Gunawan Budiyanto. 

Rektor UMY Gunawan Budiyanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa tema yang diangkat pada Pengajian Ramadan 1445 H merupakan tema yang menarik. 

“Tema ini sudah sering disampaikan pada pengajian Muhammadiyah, tetapi perlu menjadi refleksi bersama dan mungkin memang masih belum ditemukan titik ujungnya. Mudah-mudahan adanya pengajian ini menjadi salah satu silaturahmi yang saling mengeratkan kembali satu sama lain,” kata Gunawan. 

Masih dengan topik yang sama, Ketua MPKSDI PP Muhammadiyah Bachtiar Dwi Kurniawan menyampaikan bahwa terkait penanaman dan penguatan ideologi, tahun ini akan dikhususkan membahas tentang dakwah kultural.

“Hal ini sebagai tindak lanjut pada Muktamar ke-47 di Makassar tahun 2015, dioperasionalisasi dengan dakwah komunitas, di mana saya ikut berkontribusi bersama pak haedar dan tim lainnya,” jelas Bachtiar.

Lebih lanjut, Bachtiar menjelaskan bahwa Muhammadiyah harus memiliki etos untuk memperkuat akar rumput sehingga pada Pengajian Ramadan ke 1445 H ini akan membahas mengenai dakwah kultural yang tak akan puas dengan pembahasannya.  

“Perlu ada rencana pembahasan mengenai dakwah kultural dan langkah strategis apa yang perlu dilakukan persyarikatan dan AUM dan meningkatkan taraf hidup akar rumput,” kata Bachtiar.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dalam sambutan iftitahnya menyebutkan bahwa gerak Muhammadiyah secara umum bersifat sentral.

“Tidak ada organisasi Islam lain yang memiliki konsentrasi seperti Muhammadiyah. Kita juga melihat perkembangan aspek pendidikan, kesehatan, dan ekonomi. Perkembangan amal usaha juga sudah sampai mancanegara seperti Malaysia, Australia, dan negara-negara yang lainnya,” kata Haedar.

Haedar merasa kalau ke depannya, Muhammadiyah perlu lebih memberi perhatian lebih kepada masyarakat setelah reformasi. Muhammadiyah ini gerakan keagamaan bersifat kultural, muhammadiyah itu puritan, luwes, dan kelihatan ada sinkretistik.

“Dalam fase tertentu Muhammadiyah mengambil jarak atau konfrontasi terhadap realitas kebudayaan masyarakat.,” pungkas Haedar. (inas)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Tim Mahasiswa Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah ....

Suara Muhammadiyah

16 November 2023

Berita

PADANG, Suara Muhammadiyah -- Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Sumatera Barat 2023-2027 hasil Mu....

Suara Muhammadiyah

28 January 2024

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Merespon bencana banjir di Demak, Universitas Muhammadiyah Surakarta....

Suara Muhammadiyah

31 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)  kembali menerima 3 ....

Suara Muhammadiyah

26 March 2024

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah – Majelis Pendayagunaan Wakaf Pimpinan Daerah Kabupaten Sleman meny....

Suara Muhammadiyah

25 February 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah