Percaya Kepada Muhammadiyah, Rusmawati Surbakti Hibahkan Lahan Seluas 7,8 Hektar

Publish

9 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
3557
Hibah tanah

Hibah tanah

MEDAN, Suara Muhammadiyah -  Rusmawati Surbakti (70) dan Erwin Lutfi Surbakti (60), dua kakak beradik, menghibahkan tanahnya seluas 7,8 hektar kepada Muhammadiyah Kota Medan. Penyerahan secara simbolis lahan produktif seluas 7,8 hektar itu dilakukan bersamaan dengan silaturrahim Idul Fitri Muhammadiyah Kota Medan. Hibah tanah diterima Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Medan, Maulana Siregar MA.

Proses penyerahan hibah tanah itu disampaikan oleh Sekretaris PDM Kota Medan Ibrahim Nainggolan yang membacakan dokumen terkait penyerahan tanah dimaksud. Selanjutnya, mempersilahkan pewakif untuk langsung menyerahkan dokumen kepada Ketua PD Muhammadiyah Kota Medan, Maulana Siregar.

Muhammadiyah di Sumatera Utara banyak menerima hibah tanah, baik dalam bentuk lahan kosong maupun lahan sudah berisi. Seperti lahan yang diserahkan Rusmawati Surbakti dan keluarga itu, adalah lahan produktif yang berisi tanaman sawit yang masih menghasilkan.

Menyerahkan lahan seluas itu kepada Muhammadiyah. itulah pertanyaan banyak peserta silaturrahim. Apalagi lahannya masih produktif. Rusmawati menjawab pertanyaan jurnalis: Kami percaya kepada Muhammadiyah. Suara Rusmawati  menjawab tangkas dan tanpa ragu.

Sudah lama keluarganya ini mewakafkan lahan itu kepada pihak ketiga yang mampu memanfaatkannya untuk kepentingan ummat. Awalnya, keluarga Rusmini ingin menyerahkan kepada ACT sebagai wakaf produktif. Tapi kemudian tidak jadi, apalagi setelah ACT tersangkut masalah. Maka, keluarga kemudian memutuskan untuk menyerahkan kepada Muhammadiyah. ” Kami percaya Muhammadiyah, karena organisasi ini dikenal sangat amanah,” kata Rusmawati.

Kepentingan Umat

Erwin Lutfi Surbakti, adik Rusmini, berharap Muhammadiyah Kota Medan dapat segera memanfaatkan lahan itu yang hasilnya dapat dimanfaatkan bagi kepentingan umat. Misalnya, mengolah lahan itu menjadi areal peternakan, perkebunan dan pertanian. Bisa juga menjadi areal wisata karena tanah yang berbatasan antara Deli Serdang dan Langkat itu, bersisian dengan aliran sungai.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Medan Maulana Siregar menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada keluarga pewakif yang telah memercayakan Muhammadiyah untuk mengelola dan mrawarat tanah itu. Selanjutnya, kata Maulana, PDM Kota Medan akan membahasnya untuk pemanfaatannya.

Penyerahan lahan hibah seluas 7,8 Hektar itu disaksikan langsung oleh Bendahara Pimpinan Pusat Muhammadiyah Hilman Latief, Ketua PW Muhammadiyah Hasyimsyah Nasution dan lebih seribu jamaah Muhammadiyah.

Belum lama ini, Pimpinan Muhammadiyah Labuhan Batu Selatan juga menerima tanah hibah seluas 5 hektar di kawasan Kota Pinang. Tanah seluas itu rencananya akan dijadikan berbagai amal usaha, seperti masjid, rumah sakit dan pesantren Muhammadiyah. (Syaifulh/Diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

Yogyakarta, Suara Muhammamdiyah - Pusat Data Penelitian Pengembangan dan Jurnal Suara Muhammadiyah m....

Suara Muhammadiyah

23 October 2023

Berita

PEKALONGAN, Suara Muhammadiyah - Majelis Tabligh, Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Siwalan mengada....

Suara Muhammadiyah

6 October 2023

Berita

BLORA, Suara Muhammadiyah - STKIP Muhammadiyah Blora kembali membuka pendaftaran mahasiswa baru Gelo....

Suara Muhammadiyah

25 April 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah- Bagaimana cara sebuah sekolah dapat menciptakan lingkungan yang mera....

Suara Muhammadiyah

11 October 2023

Berita

PALANGKA RAYA, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka penguatan kader sebagai mubaligh muda yang sesuai d....

Suara Muhammadiyah

8 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah