Prof Qadir Gassing Sampaikan Pengajian Bulanan PCM Pattalassang

Publish

20 November 2023
pcm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
200
Foto Istimewa

Foto Istimewa

GOWA, Suara Muhammadiyah - Wakil Ketua Pengurus Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulsel Prof H. Abdul Qadir Gassing, tampil membawakan pengajian bulanan selenggarakan Pengurus Cabang Muhammadiyah (PCM) Pattalassang Gowa, Ahad 19 Nopember 2023 di rumah Ketua Pengurus Ranting Muhammadiyah (PRM) Paccellekang,  Abdul Rahman Tola.

Pada materi pengajian Rektor UIN Alauddin pada masanya ini menyampaikan tentang Islam Berkemajuan dan menjelaskan bahwa Islam terdiri dari empat dimensi yaitu aqidah yang benar dan istiqomah; ibadah dilaksanakan secara tekun; akhlaq mencakup 10 Karakter, berdasarkan Al Qur'an pada Surah Arrahman serta muamalah funiawiyah.

Prof Qadir Gassing dalam kajian  Surah Al Furqan dimulai dari ayat 63 yang artinya,  Dan hamba-hamba Tuhan yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata (yang mengandung) keselamatan.

Selanjutnya ada ayat 64 surah yang sama yang artinya, Dan orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka.

Prof Kadir juga menjelaskan bahwa perlu kesabaran dalam melaksanakan perintah, sabar untuk meninggalkan larangan, dan sabar ketika mendapatkan musibah.

Pengajian bulanan  ini merupakan program rutin PCM Pattalassang yang dirangkaikan dengan kunjungan  ke semua Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) di wilayah kerja PCM Pattalassang.

Sebelum pengajian Ketua PCM Pattallassang A. Karim Bombong, dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini  untuk pertama kali dilaksanakan pasca pelaksanaan Musycab dan Pengukuhan Pimpinan Cabang terpilih Oktober 2023.

Pada pengajian ini sekaligus dirangkaikan kunjungan ke PRM  secara maraton diharapkan dapat selesai untuk semua ranting yg ada di  Pattallassang selama Nopember - Desember 2023.

Kunjungan ranting  ini juga sebagai momentum konsolidasi organisasi dan Musyawarah Ranting (musyran)  untuk menetapkan 5 Pimpinan Ranting yg akan dikukuhkan serentak rencana  Januari 2024 bersama Pengurus Majelis PCM Pattallassang.

Kunjungan ranting selanjut dijadwalkan pada Ahad 26 Nopember 2023  akan ditempatkan di Ranting Bangkala Desa Je'nemadinging.

Sesi akhir pertemuan agenda untuk  Ranting menyepakati terbentuknya PRM Moncong Moncong yg terdiri dari 5 orang pimpinan.*


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Memasuki 10 hari terakhir bulan Suci Ramadan 1445 H, Majelis Pelayana....

Suara Muhammadiyah

3 April 2024

Berita

TANGSEL, Suara Muhammadiyah - Pendukung utama tercapainya sasaran pembangunan manusia Indonesia berm....

Suara Muhammadiyah

16 November 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta (SPs UMJ) melulu....

Suara Muhammadiyah

14 December 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Serangan brutal yang dilancarkan oleh tentara zionis Israel terhadap R....

Suara Muhammadiyah

21 November 2023

Berita

BREBES, Suara Muhammadiyah - Organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) dan Hizbul Wathan (HW) SMK....

Suara Muhammadiyah

22 July 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah