Ramadhan Ruang Mereaktualisasikan Kesalehan dan Ketakwaan

Publish

6 April 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
131
Doc. Istimewa. Foto: Cris

Doc. Istimewa. Foto: Cris

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Haedar Nashir, MSi menyebut Hari Raya Idulfitri 1445 H akan jatuh pada Rabu (10/4) mendatang. Penetapan itu berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal sebagaimana selama ini dipedomani oleh Muhammadiyah. Bersamaan dengan itu, perayaan Hari Raya Idulfitri tahun 1445 H diprediksi bakal serempak.

"Muhammadiyah tentu juga menghormati keputusan yang nantinya Pemerintah sebagaimana semestinya. Dan tampak-tampaknya nanti akan sama untuk Idulfitri," ujarnya saat Silaturahmi Ramadhan 1445 H di Kantor Pimpinan Pusat Muhammadiyah Cik Ditiro, Yogyakarta, Sabtu (6/4).

Dalam kesempatan itu, Haedar mengupayakan agar bisa menggunakan Kalender Hijriyah Global Tunggal (KHGT). Menurutnya, dengan KHGT ini nantinya jika diberlakukan secara global, maka tidak akan ada lagi terjadi perbedaan penetapan bulan-bulan krusial seperti Ramadhan, Syawal, dan Zulhijjah.

"PP Muhammadiyah dengan rendah hati dan terus mengkomunikasikan agar umat Islam bukan hanya di Indonesia, tetapi di seluruh dunia perlu mengarah pada KHGT. Supaya nanti 1 tanggal baru itu berlaku untuk semua negara," katanya.

KHGT ini adalah komitmen nyata Muhammadiyah dalam menyatukan kalender hijriah yang berlaku secara internasional. Sehingga kemudian dapat memberikan kepastian (eksak) hal ihwal penanggalan, khususnya penanggalan khusus hijriah. Tapi, Haedar mengungkapkan butuh proses panjang sampai diterima secara luas di kehidupan.

"Ke depan akan ada KHGT, entah kapan. Semuanya memerlukan proses. Itu merupakan utang peradaban umat Islam," ucapnya.

Lebih lanjut, Haedar mengingatkan setelah Ramadhan berlalu, diharapkan umat Islam dapat tampil menjadi pribadi yang bertakwa. Yakni buah dari penggemblengan puasa laksana di kawah candradimuka, sehingga memiliki kualitas terbaik sebagai makhluk Tuhan yang diciptakan dengan sebaik-baiknya.

"Dan dari situ kemudian akan terpancar kesalehan pribadi, kesalehan dalam keluarga, masyarakat, bangsa, negara, bahkan antarbangsa," tandasnya.

Tak lupa, Guru Besar Sosiologi UMY ini mengingatkan carut-marut dunia kontemporer berupa krisis iklim akibat ulah tangan manusia secara serampangan berbuat merusak tanpa berpikir dampak jangka panjangnya. Selain itu, juga politik global masih diwarnai perang berkepanjangan antara Rusia dengan Ukraina. Lebih teruknya Israel dengan Palestina.

"Ini sebenarnya problem moral dunia modern yang katanya akan menegakkan hak asasi manusia. Tetapi bagaimana kita bisa standar ganda soal hak asasi manusia ketika ribuan, ratusan, bahkan jutaan manusia menjadi korban dari agresi dan nafsu untuk menguasai segalanya," ungkapnya.

Di sini, lanjut Haedar, dibutuhkan topangan spiritualitas dan moralitas. Ini menjadi penting dalam menguatkan jiwa dan nurani di tengah kelabunya kehidupan masa kini.

"Ramadhan bagi kami saatnya mengkapitalisasi nilai-nilai spiritualitas dan moralitas, bukan hanya dalam kehidupan beragama dan relasi sosial sehari-hari, tetapi juga dalam kehidupan bangsa dan antarbangsa. Ini menjadi pekerjaan kita bersama," tegasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua PP Muhammadiyah Prof Dr H Syamsul Anwar, MA, Dr H Agung Danarto, MAg, Sekretaris PP Muhammadiyah Muhammad Sayuti, MPd., MEd., PhD, dan Ketua Umum PP Aisyiyah Dr Apt Salmah Orbayinah, MKes. (Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Ramadan 1445 H berakhir, tentu yang diharapkan dari yang menj....

Suara Muhammadiyah

9 April 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Kota Jogja (6/9/2023) Bertempat di Kebun Dakwah Muhammadiyah K....

Suara Muhammadiyah

7 September 2023

Berita

PURWOREJO, Suara Muhammadiyah  - UKM Mahasiswa Pecinta Alam Surya Rimba (MAPASURI) Universitas ....

Suara Muhammadiyah

29 December 2023

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah – Universitas Aisyiyah Surakarta (AISKA) mengadakan Sidang Senat....

Suara Muhammadiyah

22 February 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Jakarta mengukuhkan dua Guru Besar baru ....

Suara Muhammadiyah

29 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah