Sambut Pemilu 2024, PWNA Sumut Gelar Seminar Politik Perempuan

Publish

24 September 2023
na

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
280
PWNA Sumut

PWNA Sumut

MEDAN, Suara Muhammadiyah  –  Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah (PW NA)  Sumatera Utara menggelar seminar dengan tema ” Meneropong Keterwakilan Perempuan dalam Pemilu 2024” yang dihelat di aula Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Sabtu (23|9) . Seminar yang diikuti sekitar seratusan  peserta kaum perempuan itu menghadirkan beberapa tokoh politik perempuan, anggota KPU Sumut dan akademisi.

Seminar Politik Perempuan jelang Pemilu 2024 itu dibuka secara resmi oleh Bendahara PWM Sumatera Utara Dr. Muhammad Qorib MA. Hadir Siar Anggreta Siagian MSi ( Wakil Sekretaris Jendral DPP Nasdem), Hj. Ira Wirtati MPd ( Komisi Pemilihan Umum Sumut dan Yurisna Tanjung MAP ( Akademisi, Wakil Dekan III FISIP-UMSU). Tampak juga hadir Ketua Majelis Hukum dan HAM  PW Aisyiyah Sumatera Utara Atika Rahmi MH, Wakil Dekan I Fahum UMSU Dr. Zainuddin dan beberapa tokoh perempuan lainnya.’

Ketua PW Nasyiatul Aisyiyah Sumatera Utara Ristia Ningrum Amd pada awal pembukaan seminar menjelaskan latar belakang digelarnya seminar Politik Perempuan, melihat perkembangan bahwa keterlibatan perempuan dalam kegiatan politik, khususnya dalam proses pencaleg-kan jelang pemilu 2024 belum memenuhi kuota keterwakilan perempuan. Ristia berharap, keterlibatan perempuan (muda) Indonesia adalah sebuah proses yang sungguh-sungguh bukan hanya untuk memenuhi kuota, setelah itu mereka tidak lagi ikut berpolitik. Ristia Ningrum berharap agar  agar perempuan muda mau bersungguh-sunggu belajar tentang politik melalui berbagai proses, termasuk mempelajarinya melalui dinamika media sosial.

Bendahara PW Muhammadiyah Sumatera Utara, Dr. Muhammad Qorib MA memberi apresiasi kepada PW NA yang telah menggagas diselenggarakannya seminar seputar Peran Politik Perempuan Muda itu. Qorib berharap seminar ini dapat memberikan pencerahan kepada warga Nasyiah tentang dinamika politik hari ini.  Qorib menjelaskan peran hight-politik yang diperankan Muhammadiyah.

Ditegaskan, Muhammadiyah tidak memainkan pesan politik praktis seperti yang dilakukan partai-partai politik. ” Kader Muhammadiyah ada dibanyak partai politik,” sebut Qorib.

Sebelumnya, menyampaikan sambutan Wakil Dekan I Fahum UMSU Dr. Zainuddin yang menyampaikan selamat atas terlaksananya seminar Politik Perempuan oleh PW NA Sumatera Utara.

Keterlibat Perempuan Sumatera di DPRI-DPRD

Seminar menampilkan tiga narasumber. Pertama,  Siar Anggretta Siagian SS; MSi yang mengupas materi Politik Gender Pemilu dengan sub tema : Meneropong Keterwakilan Perempuan dalam Pemiltu 2024. Dari data yang ditimpilkan Siar, keterwakilan perempuan di DPRD Sumatera Utara masih rendah. Misalnya, pada 2009-2014 tercatat baru 5,8 persen, tahun 2014-2019 naik menjadi 14 persen.

Data lain yang disajikan Siar, bahwa keterwakilan perempuan di Sumatera Utara harapannya di tahun 2029 mendatang kader perempuan Nasyiah bisa mengisi posisi-posisi di DPR-RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten dan Kota, dengan komposisi DPR-RI 3 orang, DPRD Provinsi 12 orang, DPRD Kabupaten 120 orang dan DPRD Kota 27 orang.

Tapi pada tahun 2019-2024 malah turun menjadi 13 persen. Dari data yang disajikan, menurut Siar Anggretta terjadinya kesenjangan gender antara partisipan laki-laki dan perempuan dalam politik.  Sebab lain adalah, budaya patriarki yang tidak memihak perempuan dari kacamata politik dan perempuan masih menjadi objek dalam konteks pembangunan belum menjadi subjek.

Siar berharap, pada Pemilu 2024 yang tinggal beberapa bulan lagi, kehadiran perempuan dapat lebih memiliki arti, yakni memainkan peran yang lebih penting baik sebagai pemimpin, mempengaruhi kebijakan publik.

Siar Anggretta Siagian, adalah kader muda perempuan yang memiliki basis persyarikatan Muhammadiyah dan pernah menjadi salah satu unsur UPP Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Jakarta.

UU Pemilu Mendorong Keterlibatan Perempuan

Narasumber kedua pada seminar Politik Perempuan yang berlangsung satu hari itu, adalah Hj. Ira Wirtati MPd, Anggota KPU Sumatera Utara yang menjelaskan  proses pelaksanaan pemilu 2024, kewenangan KPU dalam Pemilu, peran perempuan dalam pemilu dan tantangan perempuan dalam pemilu.

Wirtati menjelaskan peran perempuan dalam pemilu di Indonesia. Sesuai UU No.,12 Tahun 2003, ada himbauan agar partai politik mencalonkan 30 persen perempuan sebagai anggota legislatif,  kemudian UU Parpol No. 2 Tahun 2008, melibatkan 30 persen perempuan sebagai pendiri dan pengurus partai sebanyak 30 persen. Kemudian melalui UU Pemilu No. 10 tahun 2008 dan UU No.8 tahun 2012, daftar calon harus memuat 30 persen perempuan dan  setiap 3 nama dalam daftar calon memuat minimal 1 calon perempuan.

Analisa SWOP Calon Legislatif

Narasumber ketiga, Yurisna Tanjung, tokoh Aisiyiyah Sumut yang juga Wakil Dekan III Fisip UMSU  menyampaikan tema Model Kampanye Pemilu dari Sudut Pandang Akademis. Yurisna Tanjung, menjelaskan apa itu kampanye dalam Pemilu serta berbagai hal seperti niat, visi, tujuan  sampai peta politik.  Yurisna juga menjelaskan analisa SWOT bagi calon DPRD yang melakukan kampanye. ” Sesungguhnya mereka harus memahami peta politik  yang berkembangan ditengah masyarakat”, jelasnya.

Peserta pemilu, demikian Yurisna harus memiliki modal yang kuat, seperti modal sosial dan modal finansial. Selain itu, modal lain yang harus dimiliki adalah memiliki tim yang kuat, memiliki waktu yang banyak untuk melakukan komunikasi dengan masyarakat plus kemampuan komunikasi yang baik serta adanya dukungan dari pihak keluarga.

Seminar Meneropong Keterwakilan Perempuan dalam Pemilu 2024 ditandai dengan berlangsungnya diskusi dan ditutup dengan penyerahan cinderamat dari PW NA kepada nara sumber. (Syaifulh/Riz)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menjadi tuan rumah sosial....

Suara Muhammadiyah

18 January 2024

Berita

Ambil Bagian dalam Mengatasi Persoalan Lingkungan JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Majelis Lingkungan ....

Suara Muhammadiyah

13 March 2024

Berita

BERAU, Suara Muhammadiyah - Atas nama Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengucapkan selamat atas diresmika....

Suara Muhammadiyah

7 March 2024

Berita

MADIUN, Suara Muhammadiyah - Rektor Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD), Prof. Dr. Sofyan Anif, ....

Suara Muhammadiyah

27 November 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam atmosfer Ramadan yang penuh berkah, Majelis Pembinaan Kesej....

Suara Muhammadiyah

8 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah