SMA Muhammadiyah 8 Kisaran Kembali Gelar Aksi Nyata P5

Publish

22 November 2023
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
353
Foto Istimewa

Foto Istimewa

KISARAN, Suara Muhammadiyah – Bertempat di halaman SMA Muhammadiyah 8 kisaran. jalan madong lubis. Aksi nyata “ projek penguatan pelajar pancasila “ Kurikulum Merdeka di bawah bimbingan guru SMA Muhammadiyah 8 Kisaran Rezky Maulidya Utami sebagai Koordinator Proyek Penguatan Profil Pancasila telah memberikan cahaya dan warna baru dalam dunia pendidikan, yakni salah satunya dengan adanya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau yang biasa disingkat dengan istilah P5.

Dengan tema : Gaya Hidup Berkelanjutan dan Kewirausahan “ Bergerak Bersama Berikhtiar Menyelamatkan Semesta Merayakan Merdeka Belajar, Menciptakan Pelajar Peduli Lingkungan dan Membangkitkan Semangat berwirausaha “ aksi nyata tersebut dalam P5. Rabu, 22 November 2023.

Sebagai sekolah penggerak angkatan 2 dalam Kurikulum Merdeka, SMA Muhammadiyah 8 Kisaran terap pertahun mengadakan gelar karya siswa untuk memamerkan kewirausahaan serta menjual hasil produk P5 baik internal dan eksternal sekolah.

Dalam sambutannya kepala sekolah SMA Muhammadiyah 8 Kisaran Suprayogi, SE menjelaskan gelar karya aksi nyata gaya hidup berkelanjutan dan kewirausahaan ini diadakan hanya sehari, Rabu (22/11/2023).

Dikatakan, dalam kurikulum merdeka wajib melaksanakan P5. Kegiatannya ini sifatnya mendorong para siswa untuk berfikir kritis dan membuat karya diluar jam pelajaran formal. Serta  melatih jiwa wirausaha anak-anak dengan memanfaatkan kemampuan mereka, sebagai wadah bagi siswa untuk mengekspresikan kreativitasnya.

Dengan demikian Gelar karya karya atau aksi nyata ini khusus hanya kewirausahan saja menjual produk produk keahlian siswa dalam berwirausaha hanya dikunjungi lingkungan sekitar baik dalam dan luar, dan siswa dari sekolah lain. Program Selama satu tahun pelajaran 2022/2023, SMA Muhammadiyah 8 Kisaran dengan mengusung sejumlah Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, yakni kewirausahaan, kebhinekaan, kearifan lokal dan sebagainya.

Sebaliknya Kelas X sudah menjalankan program P5 sebelumnya dan program ini dilimpahkan kelas XI saja dengan tema Gaya Hidup berkelanjutan dan kewirausahaan. Dimana siswa dibuatkan kelompok untuk membuat hasil karya berdasarkan tema yang sudah ditentukan.

Pada acara pembukaan gelar karya aksi nyata projek penguatan profil pancasila Sekretaris Majelis Dikdasmen PDM Asahan Fachari Mizan Harsono memberikan apresiasi hasil karya siswa siswi dalam aksi nyata program P5, serta memotivasi siswa agar terus meningkatkan kreativitas dan meningkatkan inovasi agar kedepannya dapat menciptakan produk yang orisinal dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

Namun demikian dalam program P5 tersebut tetap selalu budayakan hidup bersih dengan tiada sampah pun di area sekolah SMA Muhammadiyah 8 Kisaran sebab hidup sehat dan bersih terhindar dari penyakit dalam istila kata LISA “ lihat sampah Ambil “  dan selanjutnya.Ia berpesan kepada siswa manfaatkanlah  ilmu yang diperoleh  baik di sekolah. perguruan tinggi maupun juga di tengah-tengah masyarakat. MPI (****)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Sunshine Voice Universitas Muhammadiya....

Suara Muhammadiyah

4 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) PWA DIY....

Suara Muhammadiyah

20 December 2023

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Assoc Prof Dr....

Suara Muhammadiyah

20 November 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah tiada henti mengabdi dan berkont....

Suara Muhammadiyah

18 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta telah selesai membangun seb....

Suara Muhammadiyah

31 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah