UM Parepare Bantu Pemerintah Wujudkan Kota Mercusuar Pendidikan

Publish

15 October 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
237
Foto Istimewa

Foto Istimewa

PAREPARE, Suara Muhammadiyah - Kontribusi Muhammadiyah untuk negeri tidak lagi diragukan. Seperti itulah ungkapan untuk menggambarkan eksistensi Muhammadiyah di Indonesia terlebih di Kota Parepare.

Salah satu kontribusi nyata yang diakui yakni pembangunan sumber daya manusia di bidang pendidikan. Hal itu diakui oleh Walikota Parepare, Taufan Pawe.

Walikota Parepare, Taufan Pawe menyebutkan Universitas Muhammadiyah (UM) Parepare menjadi mitra dalam membangun Kota Parepare sebagai kota mercusuar Pendidikan.

Hal itu disampaikan Taufan dalam acara Wisuda UM Parepare di Rujab Walikota pada   Sabtu (14/10/2023).

Taufan mengaku bangga di masa menjabat sebagai walikota Parepare berhasil mendirikan perguruan tinggi negeri di Kota Parepare yakni Institusi Teknologi Negeri BJ Habibie yang identik dengan kota mercusuar pendidikan.

Ia mengatakan keberhasilan tersebut tidak terlepas dari sokongan mantan Rektor UM Parepare, Prof. Siri Dangga.

Baginya sosok Siri Dangga merupakan simbol kemuliaan UM Parepare. "Jadi biar bagaimanapun keberhasilan pembangunan Kota Parepare tidak terlepas dari support system dari UM Parepare," ungkap Taufan.

Ia menceritakan sejak awal perintisan Institusi Teknologi BJ Habibie yang dicita-citakan Walikota dirinya mengaku meminta bantuan kepada Siri Dangga untuk membuat proposal pendirian Institusi tersebut.

"Waktu pertama kali institusi itu ingin didirikan saya langsung telpon Prof Siri Dangga untuk membantu membuat proposalnya, bahkan dia juga mendampingi saya untuk mempresentasikannya di hadapan Menteri Pendidikan kala itu," jelas Walikota dua periode itu.

Selain itu lanjutnya, kontribusi lain dari UM Parepare dalam pembangunan Kota Parepare dilakukan di bidang penelitian tematik. Hal itu kata dia sudah dilakukan sejak lama bersama Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) UM Parepare.

Ketua Golkar Sulsel itu menambahkan, dosen UM Parepare juga dilibatkan dalam kegiatan tim teknis di Badan Perencanaan Pembangunan (BAPPEDA) Kota Parepare yang menghasilkan sebuah program rumah impian.

"Dari pelibatan itu kami telah membentuk kelompok kerja pengembangan kawasan perumahan dan pemukiman di Kota Parepare yang kami sebut sebagai rumah impian," terangnya.

Terlepas dari itu  sebagai tim pengajar di beberapa kampus, menurutnya UM Parepare memiliki ciri khas tersendiri.

"Saya juga tenaga pengajar di beberapa kampus, dan jujur saya mau katakan UM Parepare ini lain dari yang lain," ujarnya.

Banginya kehadiran UM Parepare menjadi multi player efect, menjadi motor penggerak lahirnya ekonom baru dalam pembangunan Kota Parepare. (Sucipto Al-Muhaimin)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANDA ACEH, Suara Muhammadiyah - Muhammadiyah Disaster Manajemen Center (MDMC) menyelenggarakan pela....

Suara Muhammadiyah

8 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Mempelajari tentang arah kiblat memang ada dua segmen yang penting ....

Suara Muhammadiyah

13 March 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa prodi PIAUD semester satu kelas non reguler UM Bandung sukse....

Suara Muhammadiyah

29 January 2024

Berita

ALOR, Suara Muhammadiyah - Setelah selesai di Teluk Mutiara Timur dan Teluk Mutiara Barat, Musyawara....

Suara Muhammadiyah

19 October 2023

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Pada hari Selasa, 26 September 2023, SMP UMP sukses menyelenggara....

Suara Muhammadiyah

4 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah