Alumni PUTM Akan Gelar Silaturahmi Nasional Perdana, Siap Cerahkan Semesta

Publish

18 December 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
398
Doc. Istimewa

Doc. Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Para alumni Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM) di seluruh Indonesia akan menyelenggarakan Silaturahmi Nasional perdana. PUTM, sebagai Lembaga Pendidikan kaderisasi, telah berhasil mencetak lebih dari tiga ratus alumni yang kini berkiprah di berbagai amal usaha Muhammadiyah, serta menduduki posisi kepemimpinan di berbagai tingkat Persyarikatan.

Menyadari luasnya jangkauan alumni yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, para alumni PUTM merasa perlu membentuk satu wadah untuk berkomunikasi, berkumpul, dan menyambung silaturahmi, serta berbagi informasi. Oleh karena itu, diputuskan untuk menggelar forum pertemuan rutin tahunan, yang pertama kali ini diselenggarakan dengan nama "SILATNAS FORNI PUTM 2023" dengan tema yang pesannya begitu kuat: "Alumni PUTM Mencerahkan Semesta".

"SILATNAS FORNI PUTM 2023" akan diadakan secara luring pada hari Ahad, 24 Desember 2023 M, mulai pukul 08.00 hingga 15.00 WIB di Ruang Aula Pusat Tarjih, Masjid Islamic Center, Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penyelenggara kegiatan, yaitu Forum Alumni (FORNI) PUTM, berharap kegiatan ini akan menjadi langkah awal yang berarti untuk menyatukan dan memperkuat gerakan Ulama Tarjih Muhammadiyah dalam mencerahkan semesta.

Kegiatan ini diharapkan menjadi sarana yang efektif untuk mempersatukan para alumni yang terdiaspora di berbagai daerah, baik di dalam negeri maupun di mancanegara, sehingga dapat menjadi kekuatan besar dalam mendukung dakwah yang mencerahkan semesta. Tantangan yang dihadapi Persyarikatan Muhammadiyah yang tidak ringan, terutama di tengah perubahan zaman yang sangat cepat, menambah urgensi dari kegiatan silaturahmi nasional ini.

Para alumni diharapkan tidak hanya bersatu dalam silaturahmi, tetapi juga mampu memberikan kontribusi nyata dengan melahirkan kader-kader ulama muda di tempat tugas masing-masing. Sehingga, di setiap cabang dan tingkat rating, diharapkan dapat tumbuh dan berkembang kader ulama yang akan menjadi tulang punggung Persyarikatan Muhammadiyah.

Tantangan yang dihadapi oleh beberapa alumni di lapangan dakwah, mulai dari tidak optimalnya pemanfaatan alumni hingga kesulitan ekonomi, menjadi fokus perhatian. Oleh karena itu, kegiatan silaturahmi nasional ini tidak hanya menjadi ajang berkumpul, tetapi juga sebagai langkah awal untuk menyatukan gerakan Ulama Tarjih Muhammadiyah dalam rangka mendukung dakwah yang mencerahkan semesta.

Salah satu momen penting dalam acara ini adalah pengukuhan pengurus Forum Alumni (FORNI) oleh Mudir PUTM, yang akan menjadi simbol perjalanan awal organisasi alumni dalam mendukung peran Ulama Tarjih Muhammadiyah. Pengukuhan ini diharapkan dapat memberikan semangat dan arah baru untuk kegiatan-kegiatan mendatang.

Acara dilanjutkan dengan Diskusi Panel yang mengangkat tema-tema penting. Diskusi Panel pertama akan membahas "Peran Alumni dalam Membangun Almamater". Sujino, Ketua FORNI PUTM, akan menjadi pemateri utama yang akan berbagi wawasan mengenai bagaimana peran alumni dapat berkontribusi dalam membangun almamater.

Diskusi Panel kedua akan mengulas "Penguatan Ekonomi bagi Alumni PUTM". Mochammad Hardi As’ari akan menjadi narasumber yang akan memberikan pemahaman tentang strategi penguatan ekonomi bagi para alumni, mengatasi tantangan ekonomi, dan mengembangkan potensi masing-masing.

Selain kedua Diskusi Panel tersebut, acara ini juga akan menjadi momentum berharga untuk para alumni saling bertukar pengalaman, ide, dan gagasan dalam rangka membangun sinergi yang lebih kuat.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SEMARANG, Suara Muhammadiyah - "Desa Menari Tanon Ngrawan" terpampang megah di antara gapura merah y....

Suara Muhammadiyah

19 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Tidak terasa sudah memasuki pekan kedua di bulan Ramadhan 1445 H. S....

Suara Muhammadiyah

19 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Persoalan stunting menjadi kepelikan yang masih menjadi hal b....

Suara Muhammadiyah

21 October 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah - Majelis Pembinaan Kader (MPK) Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Jawa Ba....

Suara Muhammadiyah

5 December 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Dalam Pengajian Ramadan 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah di....

Suara Muhammadiyah

15 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah