Apresiasi Bakat Kader, IMM Solo Adakan Night Art Symphony

Publish

22 March 2024
imm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
160
Doc. PC IMM Solo

Doc. PC IMM Solo

SOLO, Suara Muhammadiyah - Bidang Seni Budaya dan Olahraga (SBO) Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM) Kota Surakarta berkolaborsi dengan Solo is Solo Street Art Market sukses menggelar kegiatan IMM Night Art Symphony pada Sabtu (16/3/). IMM Night Art Symphony merupakan wujud apresiasi besar IMM Kota Surakarta atas bakat dan potensi yang dimiliki kader IMM dibidang seni dan budaya, dan tidak hanya menampilkan suatu perfomance seni budaya saja, namun juga menunjukkan dakwah budaya IMM pada khalayak umum dengan berkolaborasi dengan Komunitas Solo Is Solo yang berkenan untuk berkerjasama agar agenda MIlad IMM Ke-60 terlaksana dengan lancar.

Sebagaimana senada dengan pernyataan Haedar Nashir (Ketua Umum PP Muhammadiyah), bahwa Dakwah Kultural adalah usaha menanamkan dan mewujudkan nilai-nilai Islam dalam segala bidang dengan memperhatikan potensi dan kecenderungan manusia sebagai makhluk budaya secara luas untuk tujuan Muhammadiyah.

IMMawan Agung Ahlul, selaku Ketua Umum PC IMM Surakarta berpendapat bahwa Muhammadiyah baik dalam memahami seni budaya, sosial budaya, dan kebudayaan khususnya yang bertemali dengan aspek keagamaan, penting memahaminya dengan pendekatan ilmu-ilmu sosial dengan cara pandang kualitatif-emik, yakni melihat secara subtansi dengan masuk ke bagian makna-makna terdalam dari kebudayaan itu. 

Pada saat yang sama pandangan keislaman yang bersifat purifikasi mesti disertai dengan dinamisasi dengan menggunakan pendekatan bayani, burhani, dan irfani yang utuh, mendalam, kaya, interkoneksi, dan menyeluruh sehingga tidak melahirkan bias atau hitam-putih yang menyebabkan pemahaman dan pembumian Islam menjadi sempit, kering, dan anti kehidupan. 

"Padahal Islam baik dalam ajaran maupun sejarah Nabi dan era sesudahnya hadir sebagai agama yang membawa kemajuan peradaban utama. Itulah Islam berkemajuan yang melahirkan kebudayaan serta peradaban maju sesuai nilai-nilai dasar Islam," ujarnya.

"Harapan besar agenda tersebut bisa dilestarikan dari periode ke periode sebagai bentuk identity of IMM Solo yang kaya akan budaya sebagaimana spirit melestarikan kebudayaan yang selalu dicanangkan dalam tataran Kota Surakarta. Tidak hanya dilestarikan saja, tapi semoga juga bisa menjadi wadah untuk menunjukkan potensi dan bakat kader IMM Kota Surakarta dan bisa menjadi bargaining dan branding gerakan dakwah IMM di tingkat Kota Surakarta agar potensi kader IMM Kota Surakarta bisa lebih dikenal lebih luas lagi," tambahnya.

IMMawan Desta Ardhiansah, selaku Ketua Bidang SBO mengungkapkan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada pihak-pihak terkait yang telah mendukung dan memfasilitasi berjalannya kegiatan IMM Night Art Symphony.

Adapun yang di tampilkan pada kegiatan tersebut yaitu seni musik dan seni tari, dengan rincian penampilan sebagai berikut: Komisariat FKIP menampilkan tari pembukaan dan tari kreasi; Komisariat Al Fatih menampilkan tari Nirmala; Komisariat Ahmad Dahlan menampilkan musik akustik; dan Komisariat Averroes menampilkan seni musik.

Selain itu ada juga Komisariat Adam malik menampilkan seni musik; Komisariat KBH menampilkan seni musik; dan FKIP UMS (berisic) turut serta menampilkan seni musik.

“Semoga kedepannya bisa dikonsep lebih baik lagi dan bisa lebih banyak mengajak komunitas-komunitas yang ada di Solo untuk melestarikan budaya, sehingga tumbuh jiwa Kesenian dan kebudayaan terhadap kader IMM se Surakarta," pungkasnya. (Raffel/Nana/Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

TULANG BAWANG, Suara Muhammadiyah - Sebagai bentuk kepedulian terhadap bencana alam angin puting bel....

Suara Muhammadiyah

8 November 2023

Berita

BOGOR, Suara Muhammadiyah- Santri Pondok Pesantren SPEAM (Sekolah Pesantren Entrepreneur Al- Ma&rsqu....

Suara Muhammadiyah

14 September 2023

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Saraf terjepit atau yang sering dikenal dengan kecetit merupakan tekana....

Suara Muhammadiyah

5 October 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Pendiri Asian Muslim Charity Foundation (AMCF) dari Dubai, Uni Emirat....

Suara Muhammadiyah

25 September 2023

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ramanda Parimin Tejo Pramono terpilih menjadi ketua Kwartir Dae....

Suara Muhammadiyah

14 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah