Gelar Orientasi, PPG UMP Terima 441 Mahasiswa

Publish

12 September 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
258
Gelar Orientasi, PPG UMP Terima 441 Mahasiswa

Gelar Orientasi, PPG UMP Terima 441 Mahasiswa

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah- Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Muhammadiyah Purwokerto gelar Orientasi Akademik untuk mahasiswa Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2023 di Auditorium Ukhuwah Islamiyah, Senin (11/9/2023). Ketua Prodi PPG UMP Dr. Wildan Nurul Fajar, M.Pd diawal sambutannya mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa telah bergabung dengan keluarga besar Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Perguruan Tinggi dengan akreditasi Unggul. Lebih lanjut Wildan menyampaikan bahwa “Kali ini kami diberi Amanah sebanyak 441 mahasiswa yang terdiri dari bidang studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Matematika, Bahasa Indonesia, Sejarah, dan terbaru adalah Keperawatan” jelasnya. 

Mahasiswa PPG Prajabatan akan mengikuti pendidikan selama satu tahun. Selain kegiatan perkuliahan yang dilakukan dikampus, mahasiswa juga akan melaksanakan kegiatan PPL yang dilaksanakan di sekolah-sekolah mitra. Yang cukup membanggakan adalah pada Tahun Akademik ini akan disajikan mata kuliah elektif yang merupakan penciri dari PPG UMP yaitu Islam dan Ilmu pengetahuan. “Insya Allah kita akan mulai menerapkan perkuliahan Islam dan Ilmu Pengetahuan. Kami dari PPG UMP sudah menyusun modul mata kuliah tersebut dan materi dalam modul ini di klaim sebagai yang pertama di Indonesia yang menyesuaikan kebutuhan pada level Profesi. 

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan (FKIP) Drs. Eko Suroso, M.Pd mengajak mahasiswa PPG UMP bersungguh-sungguh dalam mengikuti perkuliahan. “Mahasiswa PPG merupakan manusia-manusia terpilih dan terseleksi. Oleh karena itu, saya mohon nanti mahasiswa PPG dalam mengikuti pendidikan itu sungguh sungguh. Kalau sudah lulus jadi PPG, tolong dalam proses selalu mempertanggungjawabkan apa yang dilakukan itu hanya kepada Allah” tegasnya. 

Rektor UMP Assoc. Prof. Dr. Jebul Suroso membuka acara ini dan memberikan semangat kepada mahasiswa. “PPG UMP merupakan salah satu program yang membuat universitas bangga karena pesertanya banyak dari seluruh penjuru negeri datang ke UMP. Pada level internasional posisi UMP peringkat 27 dari 700. Perguruan Tinggi swasta tingkat Asean, dan peringkat 39 dari 415 Perguruan Tinggi Islam di Dunia. Posisi UMP secara nasional pada tahun 2020 adalah posisi 5 besar dari 173 perguruan tinggi Muhammadiyah, Posisi 49 dari PTS dan PTN se-Indonesia”. 

“Ada 43 aktivitas kerjasama internasional di bidang Pendidikan yakni Internship Program, Student dan Staff Mobility, International Credit Transfer, Sea Teacher Project Program, joint research and publication. Ada 78 aktivitas kerjasama internasional di bidang penelitian, dan 12 aktivitas kerjasama internasional di bidang PPM serta kerjasama studi lanjut dosen Perguruan Tinggi luar negeri,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Drs. Joko Wiyono, M.Si memberikan motivasi kepada mahasiswa PPG agar terus semangat dalam berkontribusi membangun negeri melalui bidang pendidikan. “PPG Prajabatan salah satu SOP menjadi guru sebenarnya, karena guru merupakan aktor utama dalam pembelajaran. Meskipun saat ini teknologi telah berkembang pesat, dan guru bukan menjadi satu-satunya sumber pembelajaran tetapi tetap saja tidak ada yang dapat menggantikan sosok guru” ujarnya.  

Di akhir acara, ia berharap guru bisa menjadi garda terdepan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dengan memperhatikan tiga kunci guru profesional yaitu integritas, beradab, dan mampu menerima masukan untuk perbaikan. (Tgr)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Edukasi politik tidak hanya penting bagi kelas menengah ke bawah, tapi ....

Suara Muhammadiyah

13 May 2024

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Candra Cahyadi terpilih menahkodai Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiy....

Suara Muhammadiyah

12 March 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri menyampaikan ucapan selamat ke....

Suara Muhammadiyah

5 February 2024

Berita

Jammaah Muhammadiyah diingatkan Selalu Memperdalam Iman Dengan Berfikir Ciptaan Allah SWT CILACAP, ....

Suara Muhammadiyah

22 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Menindaklanjuti kondisi darurat sampah yang sedang terjadi di wilay....

Suara Muhammadiyah

6 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah